Gaya Bicara Ngeselin yang Harus Dihindari

734 views
Gaya Bicara Ngeselin yang Harus Dihindari
Nada bicaranya memerintah | via: bustle.com

Cara seseorang ‘berbincang’ atau ‘bercakap’ bisa berpengaruh pada hubungannya dengan orang di sekitarnya. Tak heran jika ada pepatah yang mengatakan bahwa lebih mudah cari musuh ketimbang teman.

Salah berucap atau melakukan gerak-gerik yang kurang ‘etis’ ketika berbicara dengan orang lain bisa memicu perselisihan. Meski sebenarnya kalian sedang tidak membicarakan topik yang sensitif sekalipun.

Itulah mengapa kita harus menguasai atau setidaknya memahami bagaimana cara ‘berbincang’ yang baik. Jika tidak, pembicaraan yang awalnya biasa saja bisa berujung pada kesalahpahaman yang bisa merusak persahabatan dan hubunganmu dengan si lawan bicara.

Untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut, cari tahu yuk gaya bicara seperti apa yang harus kamu hindari agar tidak dicap sebagai orang yang kurang menyenangkan 😉

1. Mendominasi pembicaraan, tidak mau mengalah

Gaya Bicara Ngeselin yang Harus Dihindari
Mendominasi pembicaraan, tidak mau mengalah | via: shutterstock.com

Namanya juga berkomunikasi, kalau satu orang saja yang bicara dari A hingga Z dan semua topik selalu tentang dirinya, tentu menyebalkan bukan? Coba posisikan dirimu sebagai orang yang mendengar, pasti ingin kabur saja jika lawan bicara hobinya mendominasi.

Oleh karena itu, jangan pernah mendominasi percakapan atau jangan diam saja tanpa memberikan kontribusi apa pun. Jika orang tengah bercerita, maka dengarkanlah tanpa menyela. Ketika mereka diam atau tampak sudah menyelesaikan percakapannya, baru kamu merespon percakapan tersebut.

2. Hobinya mengoreksi dengan maksud ‘meremehkan’ lawan bicaranya

Gaya Bicara Ngeselin yang Harus Dihindari
Hobinya mengoreksi dengan maksud ‘meremehkan’ lawan bicaranya | via: philippe-marchand.fr

Mengoreksi ketika seseorang mengucapkan sesuatu yang keliru dan bisa berdampak pada orang lain memang enggak dilarang. Namun kalau tujuanmu adalah ‘meremehkan’ lawan bicara atau untuk membanggakan diri sendiri, lebih baik perbaiki gaya bicaramu mulai dari sekarang.

Karena jika tidak, orang-orang akan malas berbicara atau bercerita padamu karena mereka takut dikoreksi atau di-judge sebelum bercerita. Sikapmu yang terlalu suka mengoreksi pembicaraan juga bisa membuat hubunganmu dengan sekitar menjadi buruk. Hat-hati, ya…

3. Nada bicaranya memerintah

Gaya Bicara Ngeselin yang Harus Dihindari
Nada bicaranya memerintah | via: bustle.com

Gaya bicara yang menyebalkan selanjutnya adalah nada bicara yang terkesan memerintah. Semua orang tentu kesal dengan orang yang terlalu ‘bossy’. Orang yang seperti ini terkesan memandang rendah atau meremehkan lawan bicara, seolah mereka memiliki kedudukan yang lebih tinggi atau lebih tahu daripada yang lainnya. Aduh, jangan seperti ini ya, Kawan Muda, kalau kamu enggak mau berakhir jadi public enemy :”(

4. Suka sekali memberi cap atau label ke orang lain

Gaya Bicara Ngeselin yang Harus Dihindari
Suka sekali memberi cap atau label ke orang lain | via: powerofpositivity.com

Kemudian ada orang yang bisa dengan mudahnya memberi cap atau label pada orang lain. Mereka ini adalah tipe orang yang mudah ‘menghakimi’ orang atau suka memandang remeh orang sehingga mudah melontarkan kata-kata buruk atau label buruk pada pihak yang sedang dibicarakan.

5. Nada suara terlalu tinggi seperti orang yang sedang marah atau bad mood

Gaya Bicara Ngeselin yang Harus Dihindari
Nada suara terlalu tinggi seperti orang yang sedang marah atau bad mood | via: liveabout.com

Meski kamu sedang bad mood, jangan sekali-kali menunjukkan apa yang kamu rasakan melalui nada bicara. Apalagi jika lawan bicaramu adalah orang yang enggak tahu menahu soal masalahmu. Kasihan kan mereka yang jadi pelampiasan bad mood kamu.

Hindari juga bicara dengan nada terlalu tinggi karena ini bisa membuat lawan bicara salah paham. Mereka bisa mengira kamu sedang marah atau suka memerintah.

6. Orang yang bicara dengan nada pesimis

Gaya Bicara Ngeselin yang Harus Dihindari
Orang yang bicara dengan nada pesimis | via: spunout.ie

Orang yang suka membanggakan diri saat berbicara memang menyebalkan, tapi mereka yang terlalu merendahkan diri sendiri alias pesimis juga enggak kalah menyebalkan.

Ketika kamu terus-terusan merendah dengan mengungkapkan yang buruk-buruk tentang diri sendiri, orang-orang akan merasa jengah. Tak ada orang yang suka mendengarkan hal-hal negatif terus menerus.

Gaya Bicara Ngeselin yang Harus Dihindari
Gaya Bicara Ngeselin yang Harus Dihindari | Foto/Dok. Kitamuda.id