Foto-Foto Instagram-mu Seperti Ini? Hati-Hati, Mungkin Kamu Menderita Gangguan Jiwa!

19.051 views
via: Instagram @dapolitoalice

Di zaman sekarang, hampir semua orang bermain media sosial. Setiap orang di dunia bahkan memiliki beberapa akun sekaligus di beberapa media sosial. Mereka tak segan membagi cerita tentang aktivitas sehari-hari, hobi, hingga kehidupan pribadi seperti kisah cinta mereka di akun tersebut.

Umumnya, postingan seseorang di media sosial tidak jauh-jauh dari hal yang berkaitan dengan kebahagiaan, pembuktian diri, atau pamer semata. Namun tahukah kamu kalau postingan di media sosial bisa jadi pertanda bahwa seseorang tengah menderita depresi?

Ternyata, algoritma komputer bisa mendiagnosis depresi jauh lebih akurat dari psikolog! Nah, ada beberapa kriteria postingan yang mengisyaratkan bahwa seseorang tengah mengalami depresi. Kira-kira postingan yang seperti apa? Mari kita cari tahu.

1. Foto dengan filter hitam atau biru.

via: Instagram @jule_ruem

Foto black and white memang terkesan old school dan keren. Namun hati-hati, mereka yang suka pakai filter hitam atau biru kemungkinan tengah mengalami depresi. Kemungkinan depresi pun lebih besar dari mereka yang suka menggunakan filter cerah.

2. Feed Instagram yang dipenuhi banyak foto, tapi sangat sedikit foto diri sendiri atau foto bersama orang lain.

via: Instagram @laurentspears

Yup, orang yang depresi akan lebih sering memposting foto benda mati atau pemandangan daripada foto orang! Foto selfienya jarang diposting dan bahkan enggak pernah sama sekali!

3. Postingan yang banyak dikomen atau di-likes. 

via: businessinsider.com

Punya banyak teman di media sosial tak selamanya mengisyaratkan bahwa seseorang “baik-baik” saja. Kenyataannya nih, mereka yang postingannya banyak likes atau sering dikomentari orang biasanya punya teman yang lebih sedikit di dunia nyata. Dan ini bisa jadi indikasi gejala depresi!

Mungkin hal-hal di atas tidak berlaku untuk semua orang, apalagi untuk beberapa pekerjaan tertentu yang membutuhkan branding di media sosial seperti para fotografer, selebriti, YouTuber, dan semacamnya.

Namun, jangan diremehkan kalau tiba-tiba postingan mereka berubah drastis dan menunjukkan ciri-ciri di atas. Karena mereka mungkin saja tengah mengalami depresi.

Bagaimana dengan Kawan Muda, apakah postingan Instagram-mu berbau hal-hal di atas?

Sumber: Brilio.net