DIY Facial Untuk Kulit Wajah Berjerawat. Cobain Yuk!

670 views
facial jerawat
facial jerawat | via medium.com

Tips menghilangkan jerawat sering kamu cari caranya di Internet. Tapi, kenapa tetap ada aja ya kuman kecil menyebalkan ini?

Sebenarnya, jerawat itu bisa hilang sendiri tanpa diapa-apain. Tapi lebih baik kalau kamu merawatnya dan segera menghilangkannya untuk meningkatkan kepercayaan diri. Selain konsultasi ke dokter, kamu bisa coba facial sendiri di rumah lho.

Begini step by step DIY facial khusus untuk kamu yang memiliki kulit wajah berjerawat.

1. Cuci dan pijat area wajah

cuci muka
cuci muka | via liputan6.com

Cuci muka dengan air mengalir dan lakukan pijatan lembut ke seluruh wajah. Hal ini bisa kamu rutinkan paling tidak dua kali sehari. Cuci agar kotoran terangkat dan otot-otot wajah menjadi lebih rileks.

2. Gunakan sikat khusus wajah

Tahu kan sikat khusus wajah yang kekinian itu? Iya, yang bentuknya imut, warnanya cerah, dan harganya lumayan itu. Biar nggak malah kacau, beli lah produk yang original ya.

Kamu bisa menggunakan sikat khusus wajah untuk pengangkatan sel kulit mati lebih optimal. Saat berjerawat, sel kulit mati semakin banyak. Akan susah jika hanya dibersihkan dengan jari-jari.

3. Gunakan sabun pembersih wajah

Perihal sabun wajah apa yang paling cocok untuk kulit berjerawat, kamu pasti sudah memiliki preferensi tersendiri. Mau itu facial soap, facial foam, atau facial wash. Dengan memberi sabun, kulit wajah kamu akan ternutrisi.

4. Gunakan face toner

Toner juga menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan kulit
gunakan toner | via: bustle.com

Oleskan toner ke kulit wajah setelah mencuci wajah dengan sabun. Toner bisa membantu membersihkan sisa make-up dan kotoran yang ada di wajah.

Selain itu juga mengembalikan pH kulit, mencegah kulit kering, dan mengurangi produksi minyak. Pastikan kamu telah memilih face toner khusus untuk wajah berjerawat ya.

5. Dekatkan wajah dengan uap hangat

Mendekatkan wajah atau mencuci wajah dengan uap panas adalah metode penting untuk dapat menghilangkan jerawat membandel di wajah. Tahap ini cuma butuh lima menit kok.

Uap panas akan membuka pori-porimu sehingga komedo dan kotoran dapat terangkat dan ‘rontok’ dari kulit wajahmu. Terutama yang berada di dekat hitung.

6. Gunakan masker wajah alami

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat dengan masker mentimun
masker mentimun | via: india.com

Bagian inti nih, gunakan masker alami untuk merelaksasi kulit wajahmu. Gunakan masker yang terbuat dari ekstrak buah atau ekstrak bahan alami lainnya. Seperti timun, jeruk, greentea, dan lain-lain. Dengan ini jerawat akan kempes lebih cepat.

7. Bilas wajah dengan es batu

Setelah pakai masker kurang lebih 30-60 menit, saatnya kamu membilas wajahmu. Gunakan es batu untuk mengusap wajah terlebih dahulu. Setelah itu bilas dengan air mengalir sampai sisa-sisa masker semua menghilang.

8. Oleskan pelembap

Untuk menjaga kelembapan kulit wajah, oleskanlah pelembap. Hal ini akan menghambat peningkatan produksi minyak serta mencegah munculnya jerawat. Gunakan pelembap berlabel noncomedogenic dan bebas minyak untuk kulit wajah berjerawat.

9. Oleskan tabir surya dan krim jerawat

Bagian terakhir, oleskan pula tabir surya untuk kamu jika akan keluar rumah. Atau oleskan krim jerawat jika tidak akan keluar rumah. Hal ini perlu agar jerawat kamu nggak makin parah dan cepat sembuh.

10. Hindari penggunaan make-up setelah facial

Kulit wajahmu sedang baru saja melakukan perawatan intensif. Hindarkan dulu beberapa jam sebelum kamu menggunakan make-up. Biarkan wajah segar tanpa make-up seharian agar jerawat tidak mudah datang lagi.

Lakukan facial jerawat yang mudah dan efektif ini paling tidak sekali dalam dua minggu. Dijamin, jerawat yang sekarang bertengger di wajahmu itu akan cepat hilang. Yuk, cobain!