Kenalan Yuk Sama Diet Pelangi, Cara Kurus yang Enggak ‘Ngoyo’ dan Dijamin Sehat

Demi mendapatkan bentuk tubuh yang diidam-idamkan, terkadang kita rela melakukan banyak cara, meskipun itu harus mengorbankan kesehatan! Mulai dari minum obat atau pil pelangsing, olahraga tanpa kenal waktu, hingga diet super ketat (bisa dibilang enggak mau makan apa pun agar langsing!).

Padahal nih, cara menurunkan berat badan seperti itu malah membuat tubuhmu rentan pada penyakit. Melakukan diet super ketat dengan membatasi asupan makanan juga enggak menjamin tubuhmu jadi kurus. Bahkan ada lho yang nafsu makannya malah bertambah gara-gara nahan lapar.

via: brightside.me

Ketika menjalani diet, hal terpenting yang harus kamu tanamkan dalam pikiran adalah demi kesehatan. Mengatur jenis dan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh bertujuan agar tubuhmu sehat dan terhindar dari penyakit. Bentuk tubuh dan berat badan menjadi ideal karena kebiasaan tersebut adalah bonus.

Nah, Kawan Muda mungkin sudah mengetahui beberapa jenis diet yang beredar di masyarakat . Namun, pernahkah kamu mendengar tentang diet pelangi? Diet ini menekankan pentingnya konsumsi semua jenis buah dan sayur-sayuran. Semakin banyak warna yang dikonsumsi akan semakin baik.

via: brightside.me

Dalam artian, semakin banyak jenis buah dan sayuran yang dikonsumsi setiap harinya, semua jenis  nutrisi (vitamin dan mineral) yang terkandung pada ‘warna’ buah-buahan dan sayuran akan terserap oleh tubuhmu. Ya, buah atau sayuran dengan warna yang berbeda memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda.


BACA JUGA:


Diet pelangi menyarankan kamu untuk mengonsumsi lima buah dan  sayuran dengan lima warna yang berbeda setiap harinya jika ingin punya tubuh ideal yang sehat. Warna-warna yang dianjurkan adalah warna merah, kuning dan oranye, putih, hijau, serta biru dan ungu.

via: brightside.me

Kali ini Kita Muda akan memaparkan nih kandungan apa saja sih yang terdapat dalam buah-buahan atau sayuran berwarna merah, kuning dan oranye, putih, hijau, serta biru dan ungu. Kamu juga bisa tahu manfaat apa saja yang didapat jika mengonsumsi buah-buahan atau sayuran tersebut setiap harinya. Yuk lah langsung saja disimak ulasannya berikut ini.

Sayuran atau buah-buahan berwarna merah

via: brightside.me

Warna merah pada sayuran atau buah menunjukkan kandungan antioksidan dan vitamin ‘P’ yang tinggi. Vitamin P atau bioflavonoid sebenarnya bukan vitamin, tapi sangat diperlukan untuk penyerapan vitamin C.

Misalnya saja pada anggur merah, buah ini kayak resveratrol yang berfungsi sebagai anti-inflamasi yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Kandungan likopen pada semangka dan tomat juga membantu membasmi kanker prostat. Betacyn, yang memberikan warna merah keunguan pada buah bit juga berfungsi sebagai zat pembunuh kanker.

Sayuran atau buah-buahan berwarna kuning atau oranye

via: brightside.me

Makanan berwarna oranye kaya akan beta karoten dan vitamin C yang penting untuk kulit dan membran mukosa (lapisan kulit bagian dalam).

Beta karoten juga menurunkan risiko penyakit kanker, jantung, katarak, radang sendi, dan kerusakan pembuluh darah.

Kandungan lain dalam makanan berwarna kuning atau oranye adalah lutein, yang penting bagi kesehatan mata, meningkatkan kerja otak, dan mencegah kanker.

Sayuran atau buah-buahan berwarna putih

via: brightside.me

Makanan ini kaya akan xanthone, sehingga berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan antitrombotik. Manfaatnya adalah makanan ini bisa mencegah penyakit jantung dan meningkatkan imunitas tubuh.

Misalnya saja bawang putih, yang mengandung senyawa alisin yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung.

Sayuran atau buah-buahan berwarna hijau

via: brightside.me

Zat klorofil yang terkandung pada makanan berwarna hijau berkhasiat untuk mencegah kanker, detoksifikasi hati, dan menjaga berat badan agar tetap stabil.

Makanan hijau juga kaya akan sulfur yang membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Mereka juga kaya akan potasium yang baik untuk kesehatan jantung.

Kandungan thylakoid pada bayam memperlambat proses pencernaan sehingga membuatmu merasa kenyang dalam waktu yang lama. Hemm, cocok buat diet ya 😉

Sayuran atau buah-buahan berwarna biru atau ungu

via: brightside.me

Makanan jenis isi bisa menurunkan risiko penyakit kanker dan baik untuk kesehatan kandung kemih. Kandungan antosianin di dalamnya berkhasiat mengurangi kolesterol, bagus untuk kesehatan jantung, mencegah kerusakan sel, melawan obesitas, dan meningkatkan fungsi kognitif otak.

Sekarang sudah tahu kan kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam masing-masing warna? Dengan mengkombinasikan satu buah atau sayur dari tiap-tiap warna secara rutin setiap harinya, Kawan Muda enggak hanya terbebas dari penyakit mengerikan macam jantung dan kanker, tetapi juga bisa mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal.

So, tunggu apalagi? Buruan deh diterapkan metode diet pelangi di atas 😉

Sumber: Brightside

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *