10 Ide Desain Kamar Minimalis Untuk Rumah Impian

1.347 views

Kamu dan pasangan mungkin tengah pindah ke rumah kalian sendiri, entah itu rumah yang berhasil dibeli sendiri atau mengontrak. Meskipun rumah yang kalian huni minimalis, bukan berarti enggak nyaman untuk ditinggali. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah minimalis menjadi lapang dan nyaman untuk keluarga kecilmu kelak.

Kalau di artikel sebelumnya telah dibahas desain rumah minimalis dan desain rumah minimalis dua lantai, kali ini Kita Muda akan kasih contekan bagaimana mendekorasi kamar berukuran kecil agar suasanya nyaman, lapang, dan enak dipandang. Biar kamu dan pasangan bisa tidur dengan tenang dan mood romantis muncul di tengah-tengah kalian. Langsung saja yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Tanpa kita sadari, yang membuat kamar terasa sesak adalah banyaknya perabotan yang enggak penting.  Nah, untuk desain kamar tidur minimalis, gunakan perabotan seperlunya saja. Hindari pembelian perabot berukuran besar, misalnya lemari atau rak penyimpanan yang fungsional.

Tak perlu banyak perabotan, sesuaikan dengan keperluan | via: homedit.com

2. Desain kamar tidur ukuran kecil agar membuatnya terlihat nyaman dan lapang adalah mengkombinasikannya dengan warna-warna lembut dan netral, seperti putih, abu-abu, biru oceanic, dan krem.

Kombinasikan warna-warna yang lembut dan sesuai seleramu | via: 3dhouse777.com

3. Untuk desain kamar tidur ukuran 2×3, agar ruangannya tampak lebih besar, berikan pencahayaan yang baik dengan memberi jendela berukuran besar agar ruangan lebih segar.

Meski kecil, usahakan tetap ada jendelanya agar udara lebih segar | via: home-designing.com

4. Ruangan sempit membuat penataan furnitur menjadi semakin terbatas. Dalam desain kamar tidur minimalis ukuran 3 x 4 misalnya, kamu bisa menata furnitur secara vertikal, yang secara psikologis bisa menciptakan kesan luas.

Atur tata letak furnitur agar kamar tak tampak sempit | via: pinterest.com

5. Kalau kamu dan pasangan tinggal di apartemen berukuran kecil atau kamar kos pasutri, agar ruang yterlihat luas dan fungsional, kamu bisa menggunakan sekat terbuka untuk membagi-bagi ruang.

Gunakan sekat terbuka jika ingin membagi-bagi ruang| via: homesthetics.net

6. Lemari biasanya mengambil space yang lumayan banyak, nih. Apalagi kalau kamu sudah telanjur membeli lemari berukuran besar. Solusinya, kamu bisa meletakkan lemari sejajar atau di depan tempat tidur untuk menimbulkan kesan luas.

Letakan lemari sejajar atau di depan tempat tidur | via: pinterest.com

7. Kamu juga bisa mencotek desain kamar tidur unik ini yang kasurnya memiliki lemari penyimpanan sehingga bisa dijadikan lemari baju.

Pilih tempat tidur yang bawahnya bisa jadi lemari | via: pinterest.com

8. Penggunaan cermin dalam ruangan yang sempit bisa membuat kamarmu terlihat luas dan lapang.

Pasang kaca agar kamar terlihat lebih luas | via: monfaso.info

9. Ciptakan suasana lapang dan nyaman dengan mengarahkan pandangan tempat tidur pada jendela.

Arahkan pandangan tempat tidur pada jendela | via: architecturebeast.com

10. Seperti yang sudah disinggung tadi, penggunaan perabot fungsional sangat penting dalam ruangan sempit. Ukuran perabot tersebut juga harus dipertimbangkan agar tidak membuat penuh ruangan. Pilihlah perabot berukuran mini untuk ruangan sempit, ya!

Pilih perabot-perabot berukuran mini | via: ikea.com

Dengan mencontek beberapa rekomendasi desain kamar tidur ukuran kecil di atas, kamu dan pasangan akan semakin nyaman saat beraktivitas dan beristirahat. Semoga tips di atas bermanfaat, ya!