Dari 7 Mitos Seputar Jerawat yang Beredar di Masyarakat, Mana yang Beneran Fakta?

Banyak sekali mitos tentang jerawat yang beredar di masyarakat. Namanya juga mitos, enggak semua terbukti kebenarannya. Namun, mitos yang tersebar dari mulut ke mulut atau bahkan turun-temurun tersebut enggak tahu kenapa banyak sekali yang menganutnya—bahkan hingga sekarang!

Padahal nih ya, kalau Kawan Muda enggak segera mencari tahu fakta yang sesungguhnya, kamu bakal terkena dampak buruk dari mitos yang hanya sekadar mitos. Dan bukannya terbebas dari jerawat, kondisi jerawatmu bisa-bisa makin parah.

Sebelum hal buruk tersebut menimpamu, Kita Muda sudah mengumpulkan beberapa mitos tentang jerawat yang banyak beredar di masyarakat. Yuk, sekarang cari tahu mana yang benar dan mana yang cuma mitos belaka!

1. Mitos: Pasta gigi bisa menyembuhkan jerawat.

mitos tentang jerawat
via: brightside.me

Fakta sesungguhnya: Perlu kamu tahu, meskipun kandungan baking soda, triclosan, menthol, dan hidrogen peroksida dalam pasta gigi bisa mengeringkan jerawat, pengunaan pasta gigi untuk mengobati jerawat tidak direkomendasikan. Sebab, kandungan-kandungan tersebut terbukti dapat mengiritasi jerawat dan menyebabkan jerawat semakin meradang.

2. Mitos: Sering mencuci wajah akan menjauhkan kulitmu dari jerawat.

mitos tentang jerawat
via: brightside.me

Fakta sesungguhnya: Mencuci wajah memang bisa membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori (yang bisa menyebabkan jerawat). Namun jangan keseringan juga. Karena terlalu sering mencuci wajah menyebabkan produksi minyak berlebih di wajah dan bisa menghilangkan kelembapan alami kulit. Kamu cukup mencuci wajah dua kali sehari. Jika wajahmu cenderung berminyak dan berjerawat, gunakan facial wash yang bebas SLS atau SLES (sulfate-containing).

3. Fakta: Stres berlebih akan memicu timbulnya jerawat. Jika kamu dalam kondisi berjerawat, stres akan memperlambat proses penyembuhan jerawat.

mitos tentang jerawat
via: brightside.me

4. Mitos: Pakai sunscreen atau tabir surya malah memperburuk kondisi jerawat dan membuatnya iritasi.

mitos tentang jerawat
via: brightside.me

Fakta sesungguhnya: Memang, ada beberapa jenis sunscreen yang kandungannya bisa memperburuk kondisi jerawat. Karena itulah, carilah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kenapa sih harus banget pakai sunscreen? Sinar UV matahari dapat merangsang kerja kelenjar sebaceous yang bisa menyebabkan munculnya jerawat baru. Inilah sebabnya kamu harus pakai sunscreen biar terbebas dari jerawat!

5. Mitos: Kalau jerawatan, jangan pakai make up. Nanti tambah parah.

mitos tentang jerawat
via: brightside.me

Fakta sesungguhnya: Kalau kamu menggunakan make up yang dikhususkan untuk wajah berjerawat, jerawatmu enggak akan meradang. Coba deh, cek label make up-mu dan jika ada istilah “non-acnegenic” atau “non-comedogenic”, produk tersebut berarti aman untuk kuli berjerawat. Hindari produk-produk yang mengandung alkohol dan minyak karena bisa menyebabkan iritasi dan memicu timbulnya jerawat.

6. Mitos: Merokok dapat menyebabkan jerawat makin parah.

mitos tentang jerawat
via: brightside.me

Fakta sesungguhnya: Merokok memang enggak baik untuk kesehatan, tapi enggak ada kaitannya dengan penyebaran jerawat. Hanya saja, rokok membuat regenerasi kulit menurun yang memperlambat proses penyembuhan jerawat.

7. Mitos: Pola makan enggak berpengaruh pada jerawat.

mitos tentang jerawat
via: brightside.me

Fakta sesungguhnya: You are what you eat, Kawan Muda. Memang, makanan bukanlah penyebab utama munculnya jerawat. Namun, mengonsumsi makanan yang tepat akan baik bagi regenasi kulit, yang bisa menjauhkanmu dari serangan jerawat. Yuk, mulai dari sekarang kurangi makanan yang mengandung banyak gula artifisial seperti cokelat olahan, makanan berminyak, soda, susu dan produk olahannya, kafein, dan alkohol.

Enggak disangka, dari 7 mitos yang beredar tentang jerawat, hanya satu saja yang terbukti kebenarannya!

Waduh, Kawan Muda harus hati-hati, nih. Kali aja penyebab jerawat awet nangkring di wajahmu adalah karena kamu mengamini mitos-mitos di atas.

Semoga setelah mengetahui kebenarannya, permasalahanmu dengan jerawat bisa menemui titik terangnya, ya 🙂

Sumber: Brightside.me

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *