Salah satu sudut penting di rumah selain kamar tidur dan ruang tamu adalah dapur. Enggak sedikit dari kita yang menginginkan punya dapur impian. Dapur yang nyaman membuat aktivitas masak-memasak dan bersantap menjadi menyenangkan. Sayang, kamu mungkin hanya memiliki ruang yang terbatas untuk dapur.

Hemm…bagaimana, ya, mengakalinya agar dapur tetap nyaman meski tak begitu luas ukurannya?

Sebenarnya mudah, kok, megakali ruang dapur yang kecil agar terkesan lebih luas dibanding ukuran aslinya. Kawan Muda bisa menerapkan desain dapur minimalis sederhana. Seperti apakah desain dapur minimalis sederhana yang Kita Muda maksud?

Intip, yuk, ide desain dapur minimalis ukuran 2×2 dan desain dapur minimalis 2×3 di bawah ini.

1. Untuk memunculkan kesan lapang, pemilihan warna sangat berpengaruh. Carilah warna-warna seperti abu-abu dan putih. Warna abu-abu bisa dimaksimalkan agar dapur tidak gampang kotor dan warna putih bisa digunakan sebagi aksennya.

Dapur Minimalis dengan Sentuhan Abu-abu | via: dekoruma.com

2. Kamu juga bisa nih mencontek desain dapur minimalis sederhana yang digabung dengan area meja makan.  Agar tidak terkesan penuh dengan furniture, gunakan rak atau lemari yang didesain khusus agar kamu bisa memaksimalkan setiap sudut yang ada.

Dapur Minimalis yang Digabung dengan Area Makan | via: dekoruma.com

3. Ada baiknya dapur memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Kamu bisa menerapkan desain dapur minimalis modern dengan jendela besar seperti ini. Dengan begitu, kamu bisa menghemat penggunaan lampu pada pagi dan siang hari.

Dapur Minimalis yang Hemat Penggunaan Lampu | via: dekoruma.com

4. Desain dapur minimalis modern ini juga bisa dipakai untuk mengakali ruang dapur yang sempit. Furnitur multifungsi adalah elemen penting yang harus ada. Seperti yang tampak pada foto di bawah ini, meja makan bisa dilipat saat memasak agar ruang gerak lebih luwes.

Dapur Minimalis yang Berpadu dengan Desain Kontemporer | via: dekoruma.com

5. Dalam mengatur dapur minimalis, sebisa mungkin gunakan furnitur yang pas dengan ukuran dapurmu. Kamu bisa menggunakan lemari dapur yang menempel pada dinding agar menghemat ruang dan lebih mudah dijangkau.

Dapur Minimalis yang Terasa Hangat | via: dekoruma.com

6. Desain dapur minimalis serba putih memang bisa menciptakan kesan lapang. Namun, risiko dapur menjadi kotor juga lebih besar. Untuk mengakalinya, kamu bisa memilih furnitur berbahan licin agar mudah dibersihkan saat terkena kotoran.

Dapur Minimalis Serba Putih | via: dekoruma.com

7. Desain serba kayu bisa memberikan kesan alami dan juga hangat. Kawan Muda pun bisa menerapkannya di dapur. Eits, tapi ingat, memilih furnitur kayu enggak boleh sembarangan. Kamu harus memilih furniture dari bahan kayu berkualitas, seperti jati dan mahoni, agar kuat dan awet.

Dapur Minimalis Serba Kayu | via: dekoruma.com

8. Desain dapur minimalis 3×3 ini menggunakan kitchen island sehingga ruangan terlihat lebih lapang. Nah, meja kitchen island ini bisa digunakan untuk meja makan dan laci-lacinya bisa untuk menyimpan barang. Dapur enggak akan terlihat sumpek, deh!

Dapur Minimalis dengan Kitchen Island | via: dekoruma.com

9.  Bagi kamu yang ingin dapur berukuran 2.×2 tetap terlihat lapang, kuncinya adalah penggunaan desain dapur minimalis dengan konsep terbuka atau menyatu dengan ruangan lainnya.

Dapur Minimalis Ukuran 3×3 pun Bisa Terlihat Lapang| via: dekoruma.com

10. Whoa, dapur dengan jendela besar yang menghadap ke taman begini juga oke. Biar enggak sumpek atau kepanasan saat memasak. Bau bekas memasak juga enggak akan memenuhi seisi ruangan kalau sirkulasi udaranya baik.

Dapur Minimalis dengan jendela menghadap ke taman | via: dekoruma.com

Tuh, ternyata menyulap ruangan kecil menjadi dapur impian enggak sulit, kan, kalau menerapkan beberapa ide desain dapur minimalis di atas. Bagaimana, Kawan Muda? Sudah dapat inspirasi mau menata dapur minimalis kamu seperti apa?