Belum Tua Sudah Pikun? Tingkatkan Daya Ingat Dengan Cara Ini!

1.020 views
cara meningkatkan daya ingat
via medium.com

Pernah nggak temen-temenmu atau orang terdekatmu bilang, kamu tuh orangnya gampang lupa alias pikun? Aduh, malu dong Kawan Muda. Masa belum tua sudah pikun?

entu kita nggak bisa mengingat semua hal. Otak manusia terdiri dari berbagai macam memori, ada yang shorterm ada yang longterm.

Namun daya ingat bisa dilatih dan ditingkatkan. Nggak cuma anak-anak yang harus dilatih daya ingatnya. Melatih daya ingat bisa diterapkan di usia berapapun lho, sebenarnya. Asal ada kemauan yang kuat dari dirimu.

Berikut cara tingkatkan daya ingat yang gampang banget dan bisa langsung kamu terapkan.

1. Menulis atau mencatat di kertas

menulis dengan tangan
via pexels.com

Zaman sekarang kita hidup di mana teknologi sudah sedemikian canggihnya. Hp nggak bisa lepas dari tangan. Dan seringnya kita, mencatat hal-hal yang penting di hp. Bukan lagi di buku catatan.

Tahukah kamu, inilah yang membuat otak kita tidak lagi terbiasa untuk menanamkan memori jangka panjang. Menulis dengan pensil atau ballpoint di atas kertas dapat membantu menajamkan ingatan kita tentang apa-apa yang kita tulis.

Kalau nggak percaya, besok-besok kalau pas ada seminar atau meeting bareng klien, coba catat di buku ya. Jangan catat di gadget!

2. Melatih konsep mnemonik

Waktu sekolah mungkin kita sudah diajarkan konsep meningkatkan daya ingat dengan cara mnemonik ini. Cuma, mungkin sebagian dari kita sekarang udah lupa.

Konsep mnemonik juga dikenal dengan sebutan jembatan keledai. Caranya macem-macem sih. Setiap orang bisa beda cara karena beda kecenderungan memorinya. Antara lain:

  • membuat akronim atau singkatan
  • memvisualisasikan suatu benda untuk mengingat hal yang harus dilakukan
  • memotong-motong informasi sehingga lebih mudah untuk diingat, seperti saat mencoba mengingat nomor telepon.

3. Hidup terorganisir

Teguran buat kamu yang sukanya hidup messy.

Kamu akan jauh lebih mudah ingat ketika hidupmu terorganisir, well-prepared. Coba buat to-do list satu per satu tiap hari, aktivitas apa yang akan kamu lakukan. Lalu centang jika kamu sudah berhasil melakukannya.

Kamu bisa meminta bantuan dari aplikasi organizer di hpmu kok. Pokoknya hidup dengan target tapi jalani dengan nyaman, jangan terlalu menggebu-gebu mengejar target hidup, nanti kamu stress.

4. Mengabadikan momen dan mencetaknya

mencetak foto
via pexels.com

Kalau-kalau suatu hari nanti kamu sudah pikun, foto-foto dan kenangan yang kamu cetak bisa jadi media yang akan mengingatkanmu lho.

Jangankan saat sudah pikun, ketika kamu membuka lagi album foto yang dulu-dulu pun, kamu bakal diajak mengingat kenangan masa lalu, kan?

Beberapa dari kamu mungkin bahkan ingat sangat detail tentang cerita di balik foto tersebut. Nah, oleh karena itu, kalau kamu sedang mengabadikan momen penting jangan lupa dicetak, Kawan Muda.

Kalau cuma disimpan di hp aja, nanti bisa hilang. Kamu nggak perlu punya kamera polaroid untuk melakukan hal ini kok!

5. Memvisualisasikan

Cara ini termasuk salah satu jenis konsep mengingat dengna mnemonik yang paling populer dan paling banyak digunakan untuk mengingat sesuatu.

Contohnya nih ketika kamu bertemu teman lama, mungkin kamu cuma ingat wajahnya tapi lupa namanya. Itu berarti memang ingatan kamu lebih suka mengingat apa-apa yang secara visual tampak dibanding dengan kata atau nama.

Sehingga, ketika kamu harus mengingat sesuatu yang mungkin susah banget diingatnya. Ketika akan ujian, misalnya. Ingatlah dengan visualisasikan apa yang ingin kamu ingat.

6. Melakukan permainan otak

Asah kemampuan otakmu dengan melakukan permainan otak. Otak yang jarang digunakan untuk berpikir akan mudah lupa. So, cobain permainan otak agar sel-sel di dalam otakmu tetap terhubung dan selalu menggenerasi.

Contohnya kamu bisa main catur, selain otakmu akan bekerja kamu juga dilatih untuk fokus dan main strategi. Kamu juga bisa main scrabble atau permainan otak yang online lainnya di Lumosity.com.

Coba kamu lakukan 20 menit setiap harinya dan rasakan perbedaannya. Kamu juga bisa mengimbangi kemampuan daya ingat dengan belajar bahasa asing dan mengembangkan hobi.

Nah itu tadi beberapa cara dan trik agar kamu semakin mudah ingat dan susah lupa. Kalau bisa sih, ingat hal-hal yang perlu aja, Kawan Muda. Tagihan utang, misalnya. Bukannya malah ingat kenangan bersama sang mantan 🙁