Menjadi selebgram menjadi salah satu profesi yang begitu menjanjikan di zaman sekarang. Bagaimana tidak, selain jaminan ketenaran (syukur-syukur kalau tiba-tiba ada tawaran main film), selebgram juga bisa meraup pendapatan yang enggak main-main jumlahnya.

Bahkan pendapatan mereka per harinya bisa ngalahin pendapatan pegawai kantoran dalam sebulan! NGERI banget, kan?

Itulah yang akhirnya membuat banyak anak muda millenial berbondong-bondong mendalami profesi ini. Meski sudah banyak nama yang sukses di ranah per-selebgram-an, menjadi selebgram itu enggak semudah yang banyak orang kira.

Se-instan apa pun cara yang dipakai, para selebgram tentu berjuang mati-matian biar bisa tenar dan kemudian mendapatkan ‘bonus’ berupa endorsement.

Nah, buat Kawan Muda yang mungkin tengah meniti karir atau kepikiran untuk menjadi selebgram, karena kamu mungkin punya bakat tertentu yang bisa dibagikan (tapi bingung bagaimana cara membagikannya biar orang-orang pada tertarik), Kita Muda bakal kasih tips cara menjadi selebgram dengan mudah dan cepat, tapi tanpa beli followers.

Memang bisa? Simak saja dulu tips-nya 😉

1. Pertama-tama, tentukan konten apa yang ingin kamu posting. Ini penting untuk membangun personal branding akun Instagram kamu.

Membangun personal branding sangat penting saat menjadi selebgram | via: Instagram.com/larasyerinita

Kamu pengin akun kamu dikenal sebagai akun apa, nih? Akun beauty influencer kah, traveler kah, atau akun lifestyle kah? Cobalah untuk menentukan terlebih dahulu personal branding yang tepat dan spesifik sehingga bisa jadi acuan bagi mereka yang mungkin suka makeup atau hobi traveling.

2. Foto yang diposting di akun media sosial kamu haruslah yang artsy atau punya nilai estetika, hehe. Dengan feed yang aesthetic, siapa sih yang enggak penasaran buat mampir atau kepo?

Punya feed Instagram yang catchy itu hukumnya wajib kalau pengin jadi selebgram | via: Instagram.com/gitasav

Punya feed Instagram yang catchy itu hukumnya wajib kalau pengin jadi selebgram. Jadi, jangan pajang foto yang asal-asalan. Pengin majang foto pribadi? Jangan kebanyak selfie yang menunjukkan wajah penuh, coba deh kamu foto selfie di tempat yang ‘tampak’ artsy.

Oh ya, pastikan juga foto kamu diambil dengan perangkat kamera yang punya resolusi dan spesifikasi baik. Enggak harus beli kamera canggih, kamera smartphone yang spesifikasinya sudah bagus juga oke. Jangan lupa diedit dulu pakai aplikasi edit foto online yang sudah banyak tersedia.

3. Feed yang aesthetic itu wajib, tapi jangan lupa bikin bio Instagram yang unik dan menarik pula. Kesan pertama bisa didapat dari bio Instagram juga, lho!

Jangan lupa bikin bio Instagram yang unik dan menarik pula | via: Instagram.com/anazsiantar

Tulis dengan menarik Instagram kamu tuh sebenarnya ‘menawarkan’ apa sih? Kamu juga bisa melengkapi bio dengan koleksi highlight instastory. Buatlah pengguna lain yang baru pertama kali mampir langsung menangkap kesan bahwa akun kamu menawarkan sesuatu yang menarik (makeup atau informasi liburan mungkin) dan dikelola oleh orang yang punya pribadi menyenangkan pula 😉

4. Menggunakan banyak hashtag boleh, tapi pastikan jumlahnya masih wajar, ya. Oh ya, penyematan lokasi dalam postingan juga bisa membantu menambah like.

Gunakan hashtag yang sesuai dalam jumlah wajar | via: Instagram.com/amrazing

Dengan menempatkan hashtag pada setiap postingan, postingan tersebut akan lebih mudah dan banyak dilihat oleh orang di seluruh dunia. Eits, tapi kamu enggak bisa sembarangan menyelipkan hashtag biar enggak dianggap melakukan spam (dan bisa kena suspend).

Yup, gunakan hashtag yang tepat dan sesuai dengan jumlah sewajarnya. Jangan lupa masukkan lokasi di setiap foto yang kamu unggah.

5. Rutin memposting foto dan video berkualitas. Tentukan kamu harus posting foto berapa kali dalam sehari atau dalam seminggu. Jangan sampai jarak postingan terakhir dan postingan terbaru terlalu jauh. Bisa kabur, tuh, followers kamu :”)

Rutin memposting foto dan video berkualitas | via: Instagram.com/awkarin

Konsistensi adalah hal yang penting kalau Kawan Muda ingin menjadi selebgram. Nah, kamu harus tahu nih berapa banyak foto yang akan diposting dalam sehari atau seminggu. Kamu bisa membuat jadwal biar enggak kelupaan sekaligus menjadi reminder biar kamu disiplin posting-nya.

6. Jangan cuma di Instagram, buatlah akun media sosial lain agar kamu bisa mempromosikan akun kamu secara luas.

Eksis di media sosial lain, terutama YouTube | via: Youtube Fathia Izzati

Selain Instagram, Kawan muda bisa punya akun di Facebook, Twitter, dan lebih bagus lagi YouTube. Karena rata-rata para selebgram yang sudah terkenal punya akun di tiga media sosial itu juga—terutama YouTube.

Menjadi selebgram bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan, tapi mungkin enggak bisa dicapai semalam suntuk.

Cara terbaik agar kamu bisa jadi selebgram dalam waktu singkat adalah konsisten membagikan hal-hal yang menarik bagi para followers kamu. Jangan lupa berinovasi juga agar followers enggak bosan dengan unggahan kamu.

Satu lagi, ajaklah followers untuk terlibat dan dekat denganmu dengan membalas komen mereka atau sering-sering melakukan giveaway