Dewasa ini, banyak sekali anak muda yang sukses membangun kerajaan bisnisnya. Hal tersebut akhirnya memotivasi anak muda lainnya untuk menjajal peruntungan menjadi pengusaha. Siapa tahu kan usaha yang tampaknya hanya mimpi belaka tiba-tiba bisa sukses besar dan menjadi inspirasi banyak orang?

Eits, tapi jangan dianggap jadi pengusaha sukses itu semudah membalikkan telapak tangan. Banyak tantangan yang harus dihadapi, yang mungkin belum pernah kamu bayangkan sama sekali. Enggak sedikit pula yang menyerah di tengah jalan dan ogah coba-coba jadi pengusaha.

Sebenarnya, siapa pun bisa jadi pengusaha. Bahkan yang enggak punya bakat apa pun, kamu bisa menjadi pengusaha dari nol. Semua itu tergantung niat dan usaha kamu saat merintis dan menjalani bisnis yang sudah di bangun.

Nah, buat Kawan Muda yang punya niat atau keinginan menjadi pengusaha, yuk buat hal tersebut menjadi nyata. Kita Muda bakal kasih langkah-langkah menjadi pengusaha sukses. Kamu bisa nih belajar menjadi pengusaha sukses dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Apa saja? Yuk, intip!

1. Mulailah dengan mengevaluasi kelebihan dan kekuranganmu agar bisa dijadikan acuan saat akan mendirikan usaha.

Mengevaluasi kelebihan dan kekuranganmu agar bisa dijadikan acuan saat akan mendirikan usaha| via: thecusp.com.au

Agar kamu tidak salah melangkah, coba deh lakukan evaluasi pada diri sendiri dulu sebelum benar-benar merintis bisnis. Kamu bisa nih membayangkan atau menuliskan kelebihan dan kekurangan kamu saat ini. Dengan begitu, kamu bisa melihat sejauh mana kesiapan untuk memulai atau setidaknya daftar ini bisa memberikan arahan sekaligus menjadi pengingat saat kamu sudah mulai merintis bisnis.

Nah, ini bisa jadi gambaran sejauh apa sih kemampuanmu dan jika belum mumpuni, kamu tahu kekuranganmu di bagian mana saja dan bisa memperbaikinya sedikit-sedikit sembari merintis bisnismu.

2. Jadilah sosok yang lebih proaktif atau reaktif, jangan suka menunggu. Kamu harus berani dan yakin dalam bertindak.

Jadilah sosok yang lebih proaktif atau reaktif, jangan suka menunggu | via: EVOKE.ie

Seorang pengusaha sukses bukanlah orang yang suka menunggu. Mereka aktif menjemput peluang yang datang, itulah mengapa usahanya bisa sesukses itu. Kalau enggak ada peluang gimana dong? Ya, jangan diam saja juga. Kamulah yang harus aktif membuka peluang jika tak ada peluang yang datang.

Jika sudah terbiasa proaktif dan reaktif, kamu bakal terbiasa kok melihat peluang-peluang yang ada. Semua kembali lagi pada kemauan kamu untuk belajar dari setiap pengalaman yang ada.

3. Gunakan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Misalnya dengan mengasah kreativitas agar mendapat ide-ide cerdas untuk keberlangsungan bisnis kamu.

Gunakan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat | via: creativeboom.com

Ketika ada waktu luang, jangan digunakan untuk bermalas-malasan? Tahukah kamu kalau banyak pengusaha sukses yang mengorbankan waktu tidurnya untuk mengasah kemampuannya di bidang lain? Hal tersebut ternyata sangat membantu mereka dalam menemukan ide-ide cerdas.

Nah, kalau kamu pengin jadi pengusaha yang terus berinovasi, luangkan sedikit waktu setiap harinya untuk melakukan hal kreatif yang bisa membantu kelangsungan bisnismu.

4. Teruslah belajar dan jangan malu belajar dari orang lain. Pendapat orang lain bisa memberikan insight bagi bisnismu ke depannya.

Teruslah belajar dan jangan malu belajar dari orang lain | via: gsb.stanford.edu

Malu bertanya sesat di jalan. Kalau merasa pengetahuan dan pengalaman tentang bisnis masih belum mumpuni, jangan ragu atau jangan malu belajar dari orang lain yang sudah berpengalaman. Belajarlah sebanyak-banyaknya dari orang lain yang berbeda-beda, karena ini bisa jadi proses pembelajaran bagimu juga.

5. Jangan takut mengambil risiko. Mau sukses? Ya harus berani mengambil semua risiko yang ada.

Jangan takut mengambil risiko | via: careerbuilder.ca

Mau jadi pengusaha tapi takut mengambil risiko? Mending ditahan dulu saja deh niatannya. Kalau sudah siap ambil risiko baru deh mulai, kenapa? Karena risiko adalah tantangan yang akan terus dihadapi oleh para pengusaha.

Kalau kamu ambil risiko yang kecil saja takut, gimana nantinya kalau ada risiko yang besar? Saat memutuskan jadi pengusaha, jangan pernah melewatkan peluang apa pun untuk maju. Meski berisiko, kamu harus mengambilnya dan perhitungkan sesuai kemauanmu. Ingat, kesempatan emas enggak datang dua kali!

6. Stop mencari excuse atas hal-hal buruk yang terjadi saat menjalaskan bisnis. Carilah solusi terbaik, jangan malah membuat alasan yang tak berguna!

Stop mencari excuse atas hal-hal buruk yang terjadi saat menjalaskan bisnis | via:inc.com

Ada dua tipe orang di dunia ini saat mengahadapi masalah, flight or fight. Yang pertama adalah orang yang berusaha kabur dengan menggunakan berbagai cara, salah satunya mencari excuse atas kesalahan yang dilakukan.

Jika ingin menjadi pengusaha sukses, kamu harus mampu mencari solusi terbaik demi kelangsungan bisnis—meskipun kepepet sekalipun. Pengusaha sukses enggak pernah membuat alasan apa pun demi bisa keluar dari permasalahan yang dihadapi.

7. Yang terpenting adalah kamu harus membuat atau memiliki tujuan bisnis yang jelas agar bisa menentukan dan menguji target, serta memperbaiki peluang.

Kamu harus membuat atau memiliki tujuan bisnis yang jelas agar bisa menentukan dan menguji target | via: centonomy.com

Ini nih poin yang sangat penting, wajib dingat terus kalau kamu pengin jadi pengusaha sukses. Kenapa sih pengusaha harus punya tujuan yang jelas dulu? Ibaratkan kamu menyetir tanpa tujuan, bingung kan mau ke mana? Itulah sebabnya lebih baik direncanakan biar bisa tahu jalan mana yang akan dilewati dan kendala apa saja yang mungkin akan di temui di jalan nanti.

Sama seperti usaha, dengan mengetahui tujuan mendirikan bisnis, kamu akan tahu gimana sih menentukan target dan menentukan apa saja yang harus dilakukan jika ada kendala yang terjadi saat menjalankan bisnis. Dengan begitu kamu akan lebih siap dan mantap kalau sudah ada ‘petunjuk arahnya’ begini.

Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Untuk itulah Kawan Muda harus senantiasa mengikuti setiap momen dan proses pembelajaran yang ditemui selama menjalani usaha.

Jika ditelusuri kembali, menjadi sukses itu memang perlu pengorbanan lebih. Dan sedikit mustahil meraihnya secara mudah dan instan. Oleh karenanya jangan lupa untuk mengikuti semua proses yang ada, ya, Kawan Muda 😉