5 Cara Jitu Mengusir Tikus dengan Bahan Alami

468 views
cara mengusir tikus
via pexels.com

Tikus adalah hewan pengerat. Memang tidak ada satu makhluk hidup pun di muka bumi ini yang diciptakan tanpa tujuan yang baik. Termasuk tikus.

Namun, hewan kecil yang satu ini banyak dibenci orang. Apalagi kalau berwarna hitam, berukuran lebih besar daripada kawanannya, dan berkeliaran di rumah. Hii!

Kamu bisa sering menjumpai tikus berkeliaran di beberapa kota di Indonesia, Surabaya contohnya. Selain di rumah yang kurang higienis, tikus-tikus ini seringkali terlihat mati di tengah jalan karena tertubruk kendaraan.

Agar tidak mengalami hal serupa, simak cara mengusir tikus berikut ini!

1. Rajin membersihkan rumah

Tikus akan enggan untuk berkunjung ke rumah yang bersih. Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkan rumah. Ada kok jasa pembersih rayap dan tikus yang bisa kamu panggil.

Selain itu, rajin-rajinlah untuk membersihkan perabotan rumah khususnya yang ada di dapur. Sebab tikus suka sekali dengan bau-bau makanan. Jadi seringnya ada di dapur.

Kalau ada sisa makanan, segeralah buang di tempat sampah tertutup. Cuci kembali piring kotor dan alat masak dengan segera. Menjadikan ruangan bersih dan wangi akan membuat tikus enggan ke rumahmu.

2. Biji kopi

biji kopi
biji kopi | via pexels.com

Manfaat kopi ternyata tidak hanya untuk kesehatan tubuh manusia lho. Namun, biji kopi juga berguna untuk mengusir tikus. Kalau kamu kesusahan mencari biji kopi, bubuk kopi pun tak apa.

Tikus memiliki indera penciuman yang tajam dan ia pasti bisa mendeteksi bau kopi. Fortunately, tikus nggak suka sama wanginya aroma kopi!

Siapkan bubuk kopi hitam secukupnya dan taburkan di mana kamu biasanya melihat tikus atau di sekitar rumah. Bubuk kopi harus bubuk yang hitam ya.

Kalau nggak mau ribet, coba pakai pengharum ruangan aroma kopi dulu deh. Lalu lihat seberapa berhasilnya dengan cara ini.

3. Daun mint

Sering kita menyangka kalau daun mint hanya untuk sekedar mempercantik tampilan makanan. Hm, padahal kegunaan daun mint lebih dari itu lho.

Salah satunya adalah bisa sebagai jurus pengusir tikus. Bahan ini dipercaya paling ampuh untuk mengusir tikus karena tikus akan ‘mabuk’ ketika mencium aroma daun mint.

Cara menggunakan daun mint untuk menyerang tikus tuh gampang banget. Blender daun mint dengan air secukupnya, lalu masukkan ke dalam semprotan.

Semprot cairan daun mint di area rumahmu yang biasanya dilalui tikus. Kalau kurang yakin, banyakin aja nyemprotnya. Toh aroma daun mint bagi manusia itu segar, bukan?

4. Bawang

bawang bombay
bawang bombay | via pexels.com

Penyedap masakan alami yang satu ini juga berguna untuk mengusir tikus. Kamu perlu mempersiapkan kain kasa untuk meramu bawang untuk tikus.

Caranya:
Iris bawang putih menjadi beberapa bagian
Bungkus dengan kain kasa
Letakkan di tempat-tempat yang biasanya dilalui tikus atau di sudut-sudut rumah

Diamkan selama beberapa hari dan tikus nggak akan berani keluar lagi!

5. Memelihara kucing

Cara ini agak unik dan mahal. Tapi boleh banget kamu coba buat kamu yang memang suka sama hewan peliharaan.

Inget serial Tom n Jerry, kan? Di dunia ini, tikus dan kucing memang tak bisa bersatu. Seperti kamu dan dia 🙁 ups!

Kalau ada tikus lewat dan ketahuan kucing, kucing nggak sungkan-sungkan untuk memburunya. Beberapa kucing juga akan dengan lahap memakannya.

Pelihara lah kucing, tikus juga paham bau si kucing. Sehingga tikus enggan mendatangi rumah yang ada kucingnya. Namun kalau kamu memelihara kucing, pelihara dengan baik ya jangan cuma disuruh jadi polisinya tikus. Sayangi dan beri makan si kucing setiap hari.

Nah, cara mana yang paling efektif? Tergantung kamu dan kebiasaan tikus di sekitar rumahmu ya. Jadi, nggak ada salahnya mencoba segala cara ini. Good luck!