Ini Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Berdasarkan Tingkat Keparahannya

5.133 views
via: hellomagazine.com

Tak bisa dipungkiri, jerawat adalah salah satu musuh terbesar umat manusia. Meskipun enggak tergolong penyakit kulit yang ‘berbahaya’ dan merupakan hal yang normal, eksistensi jerawat di wajah benar-benar menganggu dan bikin rasa percaya diri menurun. Belum lagi jika jerawat tersebut meninggalkan bekas di wajah dan jadi flek hitam. Ugh, KZL deh!

Kawan Muda mungkin melakukan banyak hal untuk menghilangkan jerawat beserta bekas-bekasnya. Mulai dari melakukan perawatan khusus di klinik kecantikan atau mencoba cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang ada di internet. Namun anehnya, semua cara itu enggak mempan mengatasi jerawat yang singgah di wajahmu. Hemm, kok bisa begitu ya?

Ternyata oh ternyata, cara mengatasi jerawat itu enggak bisa sembarangan diterapkan. Yup, Kawan Muda harus tahu dulu jenis jerawat apa yang singgah di wajah kamu. Mungkin selama ini kamu gagal mengobati jerawat gara-gara enggak memahami perawatan yang tepat untuk jenis jerawat yang menyerang wajahmu.

Nah, sebelum membahas cara menghilangkan jerawat yang  mudah dan efektif, Kita Muda bakal kasih tahu dulu ya beberapa jenis jerawat yang paling umum. Apa saja?

Jenis-jenis jerawat dari yang ringan sampai parah

1. Blackhead dan whitehead a.k.a komedo

cara menghilangkan jerawat
Jerawat komedo | Foto : darklipstips.com

Bisa dibilang komedo adalah jenis jerawat yang paling ringan atau paling dasar, tapi keberadaannya tetep ya bikin jengkel, hehe. Komedo muncul karena pori-pori terseumbat minyak dan sel-sel kulit mati. Nah, komedo ini ada dua jenis, Kawan Muda, whitehead dan blackhead.

Whitehead atau komedo berwarna putih (bisa juga disebut komedo tertutup) berwujud benjolan yang berada di bawah kulit. Ketika komedo tadi terbuka dan muncul ke permukaan kulit, dorongan minyak berlebih di wajah yang terkontaminasi udara akan membuat kepala komedo menjadi hitam.

2. Papula

cara menghilangkan jerawat
Jerawat papula | Foto : dermnet.com

Saat pori-pori teriritasi dan komedo meradang, jerawat yang lebih besar akan muncul. Jerawat ini dinamakan papula. Nah, papula ini berupa benjolan kecil berwarna merah muda hingga merah. Kalau dipegang, jerawat papula ini terasa keras tapi enggak ada nanahnya.

Ada juga yang munculnya banyak di satu tempat, kalau dipegang rasanya seperti butiran pasir di wajah (bruntusan kecil). Biasanya, jerawat ini akan menyebabkan bekas luka kalau Kawan Muda berani mencolek atau memencetnya.


BACA JUGA:


3. Pustula

cara menghilangkan jerawat
Jerawat Pustula | Foto : harleystreettemporium.com

Sama halnya dengan papula, pustula muncul saat komedo meradang. Bedanya, jerawat pustula ini ukurannya lebih besar dan ada nanah di puncaknya. Kalau ada benjolan jerawat pustula, kulit di sekitar jerawat itu juga akan memerah atau meradang.

Jika kamu mengalami jenis jerawat ini di wajah, jangan sekali-kali mencolek atau memencetnya, ya. Karena jerawat pustula (dan papula) adalah jerawat yang agak ‘bandel’ karena bekasnya sulit dihilangkan.

4. Nodul

cara menghilangkan jerawat
Jerawat Nodul | Foto : pimplesremedyideas.com

Dua jerawat sebelumnya bisa digolongkan ke dalam kategori jerawat sedang, kalau yang satu ini bisa dibilang lebih serius kondisinya.  Yup, jerawat ini bentuknya lebih besar dan terlihat jelas di bawah permukaan kulit.

Kalau disentuh nih, rasanya sakit banget dan cara mengempeskan jerawat nodul juga membutuhkan waktu yang lama. Pas sudah kemps, dia akan meninggalkan bekas luka merah atau hitam.

5. Jerawat kistik atau jerawat batu

cara menghilangkan jerawat
Jerawat Kistik atau Jerawat Batu | Foto : pimplesremedyideas.com

Masih mirip-mirip dengan jerawat nodul, tapi jerawat ini berukuran lebih dan ada jauh di dalam kulit. Jerawat batu memiliki bentuk lunak, sakit banget, dipenuhi nanah, dan bisa meninggalkan bekas luka kalau benjolannya kempes.

Sudah tahu kan jenis-jenis jerawat yang ada? Sekarang Kita Muda bakal memaparkan nih cara menghilangkan jerawat berdasarkan tingkat keparahannya.  

TIPS 1: Mengobati jerawat ringan (blackhead, whitehead, dan pustula kecil)

cara menghilangkan jerawat
Rajin mencuci wajah dua kali sehari dengan air hangat membantu mencegah jerawat | Foto : facingacne.com

Cara mengatasi jerawat yang masuk dalam kategori ringan adalah:

  • Rajin mencuci wajah (dua kali sehari) dengan air hangat dan cleanser untuk menghilangkan minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan debu. Oh ya, membersihkan wajahnya jangan digosok kasar, cukup diusap lembut saja.
  • Setelah wajahmu bersih, oleskan benzoil peroksida di kulit untuk mengurangi kelebihan minyak.
  • Untuk cara menghilangkan komedo, baik whitehead maupun blackhead, kamu bisa mengoleskan sulfur dan asam salisilat.
  • Lakukan langkah di atas selama lebih kurang 8 minggu. Kalau enggak ada perkembangan, kamu bisa melakukan konsultasi ke dokter kulit

TIPS 2: Mengobati jerawat sedang hingga parah

cara menghilangkan jerawat
Konsultasilah ke dokter jika mengalami jerawat sedang atau parah | Foto : shutterstock.com

Jerawat sedang dan parah ini bisa berupa whitehead, blackhead, papula, dan nodul yang meradang dan menjalar ke wajah (banyak jumlahnya) atau bagian tubuh lainnya. Cara menghilangkan jerawat ini sebenarnya mudah, hanya lebih rumit saja dari yang sebelumnya.

  • Kamu mungkin akan disarankan dokter menggunakan krim atau lotion wajah yang mengandung antibiotik topikal atau asam retinoat. Nah, dua bahan ini bisa mencegah blackhead atau whitehead di kulit.
  • Selain dua bahan itu, dokter kemungkinan besar juga akan meresepkan antibiotik oral untuk membantu proses penyembuhan. Oh ya, untuk kamu yang menggunakan pil KB, antibiotik bisa terpengaruh oleh kandungannya.
  • Kamu juga bisa mengobati benzoil peroksida untuk mengobati gejalanya.
  • Selama menggunakan antibiotik yang diresepkan, jangan lupa juga melindungi kulit dengan krim tabir surya, ya.

TIPS 3: Mengobati jerawat parah

cara menghilangkan jerawat
Mintalah resep antibiotik atau accutane ke dokter untuk mengobati jerawat parah| Foto : proskinclinics.com

Jerawat yang masuk kategori parah adalah jerawat batu yang dalam. Dalam kondisi yang sudah parah, jerawat bisa menimbulkan kemerahan, pembengkakan, dan kerusakan kulit. Untuk mengatasi jerawat batu, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  • Karena mengatasi jerawat yang sudah parah dengan obat rumahan bisa dibilang kurang efektif. Kawan Muda bisa meminta dokter meresepkan antibiotik oral.
  • Kalau enggak mempan, kamu bisa meminta dokter meresepkan Eits, tapi harus hati-hati banget pakai obat ini karena kalau terlalu banyak, efek sampingnya juga parah.
  • Mengatasi jerawat batu hingga kering atau bahkan hilang bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Namun ingat, jangan sekali-kali mencuil, menggaruk, memecahkan, atau memencetnya di rumah. Karena tindakan tersebut malah membuat jerawat makin infeksi dan berbekas.
  • Jika dalam 6—8 minggu tak ada perkembangan yang berarti, konsultasikan kembali kondisi jerawatmu dengan dokter kulit.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan mudah dan efektif sesuai dengan tingkat keparahannya. Karena masing-masing jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda, jangan ragu lho untuk berkonsultasi ke dokter kulit agar kamu tahu jenis jerawat apa sih yang tengah singgah di wajahmu.

Dengan begitu, Kawan Muda akan tahu deh bagaimana cara mengatasi jerawat membandel dengan efektif biar enggak makin meradang. Semoga tips di atas bermanfaat dan selamat mencoba 😉