Bahan Alami di Dapur untuk Hilangkan Bekas Jerawat. Ampuh Banget Nih!

Jerawat memang berhasil diatasi, tapi ada satu tantangan lagi yang cukup serius: bekas jerawat! Memang sih kelihatanya bukan masalah besar, tetapi noda hitam bekas jerawat erkadang membuat kita tidak nyaman dan kurang pede.

Pake obat jerawat di apotek atau drug store yang diklaim bisa menyamarkan noda jerawat juga terkadang tak ada hasilnya meski dicoba berbulan-bulan. Beli skin care yang mahal? Hemm, buat anak muda yang punya uang jajan pas-pasan rasanya memberatkan.

Tenang…tenang, Kita Muda akan membahas cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan bahan-bahan alami yang pastinya ada di rumah kamu. Penasaran? Yuk, intip ulasannya berikut ini 😉

1. Jeruk nipis, kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu regenerasi sel kulit dan menghilangkan bekas jerawat secara alami

cara menghilangkan bekas jerawat
Cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis | via: steemit.com

Tak perlu diragukan lagi khasiat jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Karena jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi yang berperan dalam regenerasi sel kulit. Dengan begitu kulit yang menghitam akibat bekas jerawat perlahan akan cerah kembali.

Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan jeruk nipis sangat mudah. Siapkan  1—2 jeruk nipis dan ambil air perasannya. Kemudian oleskan air perasan jeruk nipis di permukaan wajah, diamkan selama 20—30 menit. Jika sudah, bilas wajah menggunakan air hangat.

2. Gula pasir dicampur madu, membantu mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan noda bekas jerawat

cara menghilangkan bekas jerawat
Cara menghilangkan bekas jerawat dengan gula pasir dan madu | via: regardpost.com

Scrub yang terbuat dari gula dan madu ternyata punya khasiat besar dalam menyamarkan noda jerawat. Tak hanya itu saja, scrub gula dan madu juga mengurangi potensi pembentukan jaringan parut pada luka akibat jerawat.

Kamu hanya perlu menyiapkan 1 sdm gula dan 1 sdm madu, campurkan keduanya hingga merata. Lalu usapkan pelan-pelan di area wajah yang ada noda bekas jerawatnya, pijat-pijat di sana selama 5 menit agar kandungannya meresap. Kalau sudah, bilas dengan air hangat.

3. Kentang, kandungan mineral dan vitaminnya bisa membuat bekas jerawat hilang dalam tiga hari saja

cara menghilangkan bekas jerawat
Cara menghilangkan bekas jerawat dengan kentang | via: mealhack.com

Tak hanya nikmat dibikin French fries atau potato wedges, kentang ternyata memiliki khasiat menakjubkan dalam menghilangkan bekas jerawat karena kandungan mineral dan vitamin di dalamnya.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, Kawan Muda hanya perlu mengiris kentang tipis-tipis, lalu tempelkan di permukaan wajah yang ada noda bekas jerawatnya. Diamkan selama 15—30 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

4. Alpukat dan madu, kombinasi sempurna yang menutrisi wajah dan menyamarkan noda bekas jerawat

cara menghilangkan bekas jerawat
Cara menghilangkan bekas jerawat dengan alpukat dan madu | via: eatingwell.com

Manfaat buah alpukat bagi kulit adalah menghalau sinar UV yang bisa memperparah noda jerawat, sedangkan madu membantu meregenerasi kulit. Ketika keduanya bersatu, kamu tak perlu khawatir lagi deh dengan noda jerawat yang membandel karena akan dilibas dengan nutrisi yang ada pada alpukat dan madu.

Nah, cara menghilangkan bekas jerawat dengan alpukat dan madu terbilang praktis. Pertama-tama siapkan satu buah alpukat matang, ambil dagingnya dan haluskan. Campur dengan 1—2 sdm madu, lalu oleskan campuran tersebut di area wajah yang ada noda bekas jerawatnya. Diamkan selama 15—30 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih.

5. Kayu manis, rempah yang mengandung antimikroba yang berfungsi melawan dan membasmi jerawat

cara menghilangkan bekas jerawat
Cara menghilangkan bekas jerawat dengan kayu manis | via: medicalnewstoday.com

Bumbu dapur yang satu ini ternyata bisa disulap menjadi obat jerawat alami. Ya, kayu manis mengandung antimikroba yang berperan melawan dan membasmi jerawat. Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan kayu manis, siapkan 1 sdt kayu manis dan madu.

Campur kedua bahan tersebut, lalu oleskan pada bekas jerawat malam hari sebelum tidur. Biarkan semalaman dan bilas wajah dengan air hangat keesokan harinya.

6. Bawang putih, mengandung antibakteri yang bisa menghilangkan noda jerawat

cara menghilangkan bekas jerawat
Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bawang putih | via: infodomicile.com

Siapa sangka bahwa bawang putih juga bisa dijadikan obat alami penghilang bekas jerawat. Dalam bawang putih terdapat senyawa thiacremonon sulfur yang bersifat antibakteri sehingga membantu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya cukup mudah, siapkan bawang putih secukupnya dan haluskan. Oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan tersebut dan diamkan selama 2 menit. Jika sudah, bilas wajah dengan air hangat.

Nah, itu dia cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa Kawan Muda lakukan di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *