5 Cara Aman Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

773 views
cara mengecilkan perut pasca melahirkan
via theasianparent.com

Melahirkan anak ke dunia adalah impian bagi setiap wanita yang sudah menikah. Bagaimana tidak, anak merupakan anugerah terindah dari Sang Pencipta yang dititipkan kepada orang tua yang dipilihNya.

Salah satu fase paling dinanti ini selain menyimpan banyak kesan haru, suka, duka, juga banyak melibatkan perasaan wanita untuk ingin memiliki bentuk tubuh seperti saat belum mengandung. Hm, apakah kamu termasuk salah satunya?

dr. Kevin Adrian mengungkapkan setidaknya ada lima cara yang bisa ditempuh oleh ibu pasca melahirkan untuk mengecilkan perut. Apa aja sih? Simak penjelasan berikut ya!

1. Menyusui

Menyusui-bayi
via parenting.omami.com

Menyusui menjadi kegiatan amazing berikutnya setelah dapat mengandung dan melahirkan seorang anak. Selain dapat mempererat ikatan batin antara ibu dan anak, menyusui ternyata juga bisa membantu mengecilkan perutmu secara aman lho.

Dengan menyusui, secara nggak sadar kamu telah membakar 500 kalori per hari. Menyusui juga memicu kontraksi yang membantu mengecilkan rahim, sama seperti seluruh tubuh sedang berolahraga.

2. Menggendong anak

Cara aman bin mudah untuk mengecilkan perut bagi ibu baru adalah dengan menggendong sang buah hati. Ahli kebugaran prenatal menyebutkan, menggendong anak ibarat membawa beban seberat 3.6-5.4 kg.

Kamu juga bisa latihan squat agar otot bagian bawah terbentuk dan metabolisme tubuh jadi terangkat. Morning walk dengan menggendong si kecil juga merupakan ide yang bagus lho. Selain kamu sehat, anak juga sehat karena mendapat manfaat panas sinar matahari pagi.

Ingat, jangan terlalu lama berjemur di bawah terik matahari dan jangan lupa kenakan pakaian dan pelindung mata bayi yang aman.

3. Menjaga asupan makanan

via: GreenSmoothieGirl.com

As we all know, makanan bergizi tinggi adalah makanan sehat yang dapat menjadi sumber keberhasilan misi sehat kita. Tidak terkecuali, mengecilkan perut.

Makanlah makanan yang bisa membantu mengecilkan perut seperti protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, lemak tak jenuh, biji-bijian, dan makanan tinggi serat lainnya. Hal ini bertujuan untuk membuat kamu cepat dan awet kenyang.

Porsi harus kamu sesuaikan ya, berhentilah makan sebelum kenyang dan hindari junk food. 

4. Olahraga Ringan

Menggerakkan bahu atau mengangguk-anggukkan kepala bisa mengurangi risiko serangan jantung dan meningkatkan kinerja jantung
via: cbphysicaltherapy.com

Memiliki misi ingin ukuran lingkar perut kembali seperti sedia kala tapi malas berolahraga sama dengan janji mantan kamu. Bohong. Ehehe.

Olahraga ringan bagi ibu pasca melahirkan sangat baik untuk menjaga kesehatan hingga untuk mengecilkan perut. Pilih olahraga yang aman untuk ibu pasca bersalin seperti berjalan kaki, yoga pasca melahirkan, peregangan, atau berenang. Olahraga ini juga dapat mengencangkan kembali dinding perut dan membakar kalori.

5. Konsumsi Probiotik dan Perbanyak Air Putih

Perbanyak minum air putih
via: indianexpress.com

Mengonsumsi air putih memang selalu baik untuk menjaga kesehatan. Penting juga untuk mengecilkan perut. Air putih kaya akan manfaat yang diperlukan tubuh. Mencukupi kebutuhan air dapat mencegah dari dehidrasi, menimbulkan rasa kenyang, dan mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Ibu juga bisa mengontrol metabolisme tubuh termasuk lemak perut setelah persalinan dengan mengonsumsi probiotik. Studi ini terbukti, probiotik dikenal sebagai bakteri baik yang meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus.

 

Tips mengecilkan perut bagi ibu yang baru melahirkan telah Kita Muda sampaikan. Saran sih, lebih baik seorang ibu tidak terlalu menggebu-gebu dan ambisius untuk segera mengecilkan perut.

Terpenting adalah menjaga kesehatan si buah hati dan kesehatan ibu sendiri. Jangan sampai diet yang enggak-enggak, sebab kondisi fisik ibu dan daya tahan pasca melahirkan akan sangat berbeda dengan sebelum-sebelumnya.