Bagi sebagian orang, terutama kaum hawa, ukuran paha yang terlalu besar bisa membuat rasa percaya diri berkurang. Area paha dan pinggul memang jadi tempat favorit berkumpulnya para ‘lemak’. Kenapa sih lemak bisa menumpuk di paha?

Paha adalah salah satu penampung lemak terbaik. Ketika jumlah energi yang didapatkan dari makanan jumlahnya jauh lebih besar dari jumlah yang bisa dikeluarkan lewat aktivitas yang kita lakukan, lemak tersebut akan menumpuk dan salah satu tempat favorit mereka adalah paha.

Namun Kawan Muda tak perlu khawatir karena banyak sekali cara alami dan ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan paha. Yup! Kamu cukup melakukan beberapa gerakan sederhana yang bermanfaat melatih tubuh bagian bawah sehingga bisa membantu mengencangkan dan mengecilkan pahamu. Yuk, langsung saja kita intip gerakan-gerakannya berikut ini.

1. Naik turun tangga

cara mengecilkan paha
Naik turun tangga untuk mengecilkan paha | via: hindustantimes.com

Kita mulai dari gerakan yang paling gampang dilakukan yakni naik turun tangga. Kalau naik turun tangga biasa kamu hanya melewati satu anak tangga, sekarang berjalanlah dengan melewati dua anak tangga sekaligus. Setelah sampai di atas, turun seperti biasa dan ulangi kembali. Salah satu cara sederhana tapi jika dilakukan secara rutin bisa membuat paha kecil dan kencang 😉

2. Lompat tali

cara mengecilkan paha
Rutin lompat tali selama 20—30 menit bisa mengencangkan paha | via: self.com

Cara ini juga terbukti sangat efektif dalam membakar lemak di paha. Dengan rutin lompat tali selama 20—30 menit per harinya, paha ramping yang kamu idam-idamkan bukanlah sekadar harapan lagi.

3. Gerakan squat

cara mengecilkan paha
Cara mengecilkan paha dengan melakukan gerakan squat | via: self.com

Cara mengecilkan paha selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan squat. Gerakan ini sangat ampuh untuk mengecilkan betis dan melatih otot bagian bawah.

Cara melakukan squat sangat mudah, berdirilah dengan kedua kaki terbuka selebar bahu dan kedua tangan lurus ke depan. Kemudian ambil posisi jongkok dengan kondisi paha lurus 90 derajat, seperti saat sedang duduk di kursi. Tahan selama 15—30 detik dan kembali ke posisi semula. Lakukan kembali hingga 10 kali.

4. Gerakan Leg lift

cara mengecilkan paha
Gerakan leg lift untuk mengecilkan paha | via: booksworkout.com

Gerakan leg lift bermanfaat untuk mengecangkan paha bagian dalam. Untuk melakukan leg lift, pertama-tama berbaringlah di atas matras atau kasur dengan kedua kaki rapat dan letakkan kedua tangan di belakang seperti saat melakukan sit up.

Kemudian angkat kedua kakimu ke atas dengan perlahan, angkat hingga setinggi 45 derajat. Tetaplah di posisi tersebut selama 15 detik, lalu turunkan kembali kakimu. Ulangi kembali gerakan tersebut hingga 10 kali.

5. Gerakan lunges

cara mengecilkan paha
Lunges adalah gerakan ampuh untuk mengencangkan paha | via: blog.fitbit.com

Kemudian ada gerakan lunges yang juga ampuh untuk mengecilkan paha. Untuk melakukan gerakan ini, mulai dengan posisi berdiri tegak. Kemudian langkahkan satu kaki ke depan dan tekut lutut serendah mungkin hingga lutut kaki yang satunya hampir menyentuh lantai.

Jika sudah, kembalilah ke posisi semula (berdiri tegak), kemudian lakukan kembali posisi lunges untuk kaki sebelahnya hingga 20 kali pengulangan.

Nah, itulah 5 cara mengecilkan paha yang bisa kamu lakukan di rumah. Selain melakukan lima gerakan di atas, jangan lupa juga diimbangi dengan pola makan yang teratur. Konsumsilah makanan yang kaya serat untuk membantu membakar lemak.

Jangan lupa juga mengonsumsi air putih yang cukup untuk membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi sebagian besar lemak di paha. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba, Kawan Muda!