Lagi asyik-asyiknya streaming atau balas chat, eh, telapak tangan jadi enggak nyaman gara-gara smartphone yang cepat banget panas. Padahal, belum juga satu jam dipakai, tapi rasa panasnya sudah menyengat telapak tangan. Kalau smartphone sudah panas begitu, terkadang agak ngeri juga kalau tetap dipakai. Bagaimana kalau meledak?

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab HP cepat panas. Umumnya, HP cepat panas karena kamu bermain game terlalu lama atau tanpa henti. HP juga mudah panas ketika kamu menggunakan aplikasi streaming seperti YouTube terlalu lama. Menjalankan atau membuka banyak aplikasi dalam satu waktu juga membuat HP cepat panas.

Selain tiga hal yang sangat umum di atas, penyebab lain yang membuat hp cepat panas adalah pengaturan pada smartphone yang kurang optimal. Misalnya saja tingkat kecerahan layar, penggunaan widget, atau memasang wallpaper bergerak yang membuat HP boros baterai dan cepat panas.

Jika tidak sedang bermain game atau streaming tapi entah kenapa HP cepat banget panas, faktor lingkungan bisa menjadi salah satu penyebabnya. Yup, mungkin saja HP kamu terpapar sinar matahari langsung sehingga mudah panas.

Sinyal dan koneksi internet yang buruk juga bisa membuat HP lebih cepat panas. Ketika sinyal buruk, HP akan bekerja lebih keras agar tersambung dengan stasiun pangkalan terdekat dan ini menyebabkan prosesor bekerja lebih keras sehingga HP akan cepat panas.

Lantas, bagaimana cara mengatasi HP yang cepat  panas? Dilansir dari JalanTikus, berikut adalah cara mengatasi HP cepat panas. Yuk, intip!

1. Coba cek Bluetooth dan GPS, pastikan fitur ini mati.

Cara mengatasi HP cepat panas
Bluetooth dan GPS yang masih menyala meski tidak digunakan bisa membuat HP cepat panas | via: androidcentral.com

Terkadang setelah menggunakan GPS atau Bluetooth, fitur tersebut lupa dimatikan. Nah, ini membuat kerja smartphone-mu bertambah dan bisa membuat baterai cepat habis serta memicu HP cepat panas.

Hayo, coba deh cek apakah Bluetooth dan GPS-mu masih nyala. Kalau habis pesan ojek online, langsung saja matikan GPS segera setelah menggunakannya. Baru deh dinyalain lagi kalau akan memesan ojek. Dengan begitu HP enggak akan cepat panas dan baterai lebih hemat 😉

2. Coba periksa recent apps, jangan-jangan masih ada program yang terbuka

Cara mengatasi HP cepat panas
Membuka aplikasi dalam satu waktu juga membuat HP cepat panas | via: phandroid.com

Untuk menghindari agar HP tidak cepat panas, kurang-kurangi ya buka banyak aplikasi dalam satu waktu. Kamu juga harus rajin cek recent apps. Coba cek aplikasi apa yang masih terbuka dan segera tutup jika tidak mengaksesnya lagi.

3. Jangan main game atau streaming nonstop. Istirahatkan smartphone-mu 1—2 jam setelah streaming atau main game

Istirahatkan smartphone-mu 1—2 jam setelah streaming atau main game | via: gamesreviews.com

Lagi asyik streaming atau main game memang bikin kita lupa daratan. Namun kalau HP sudah panas, masa iya masih mau dilibas saja buat streaming atau nge-game? Lama-lama kualitas baterai bisa menurun dan HP bisa cepat rusak karena kepanasan.  Coba untuk mengistirahatkan HP-mu setelah 1—2 jam main game atau streaming.

4. Jangan menggunakan charger HP lain atau charger KW

Cara mengatasi HP cepat panas
Gunakan charger original saat mengisi baterai | via: mg.co.za

Kedengarannya memang aneh, tapi tahukah kamu  kalau HP akan cepat panas jika menggunakan sembarang charger? Karena itulah, gunakan charger asli saat mengisi baterai. Kamu juga bisa memeriksa kondisi baterai smartphone. Jangan-jangan baterainya sudah hamil :”)

5. Menyimpan HP di tempat yang terlalu sempit dan tidak ada udara juga membuatnya cepat panas

Cara mengatasi HP cepat panas
Jangan simpan HP di tempat terlalu sempit dan kurang udara | via: her.ie

Menyimpan HP di kantong celana jeans yang super ketat atau mengkungkung HP di tas yang kedap udara bisa membuat HP cepat panas dan memperlambat performanya. Jangan letakkan HP terlalu lama di tempat tertutup dan pastikan dia mendapat suhu ruang yang cukup.

6. Cek kondisi junk file atau cache

Cara mengatasi HP cepat panas
Bersihkan dengan rutin junk file dan cache | via: androiddreamer.com

Kok HP cepat panas sih, padahal enggak ngapai-ngapain? Hemm, coba deh diperiksa junk file, cache, hingga cookies. Mungkin saja HP kamu jadi lebih cepat panas karena cache dan cookies-nya menumpuk. Gunakan aplikasi seperti Clean Master untuk menghapus file-file sampah yang membuat HP-mu mudah panas tadi.

7. Mengunduh aplikasi pendingin HP

Mengunduh aplikasi pendingin HP agar HP tak cepat panas | via: download.cnet.com

Biar cara di atas makin maksimal untuk mencegah HP agar tidak cepat panas, Kawan Muda bisa mengunduh aplikasi pendingin HP seperti Cooler Master, Cooling Master, atau Device Cooler. Mengunduh dan menginstal aplikasi ini bisa membantu menstabilkan suhu HP kamu.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa Kawan Muda lakukan untuk mengatasi HP yang cepat panas. Sebenarnya ada beberapa kondisi yang membuat HP panas itu wajar, misalnya saja mengisi baterai.

Namun jika digunakan untuk aktivitas biasa HP menjadi cepat panas, 7 hal diatas bisa jadi tindakan preventif sebelum HP kamu rusak atau bahkan terbakar. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba 😉