Salah satu komponen penting yang enggak boleh terlewatkan saat berlibur, selain memesan tiket pesawat atau kereta api, adalah akomodasi. Mau tidur di mana kalau belum booking hotel atau penginapan?

Nah, komponen akomodasi ini menjadi tantangan tersendiri buat para traveler, kenapa? Karena akomodasi bisa menyebabkan anggaran liburan membengkak! Oleh karena itu, kita harus mencari cara mendapatkan hotel murah, bahkan kalau bisa gratis, deh.

Yup, sekarang banyak banget nih hotel atau penginapan yang menawarkan harga bersahabat. Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi di beberapa deal website Indonesia. Kali aja, kan, dapat kupon atau voucher diskon buat menginap di hotel.

Buat Kawan Muda yang tengah merencanakan liburan, Kita Muda akan berbagi tips tentang bagaimana cara mendapatkan hotel murah untuk menginap; baik cara mendapatkan diskon hotel maupun cara mendapatkan voucher hotel gratis.

1. Pergi liburan pada waktu yang tepat

Pergi liburan pada waktu yang tepat | via: indonesia.tripcanvas.co

Waktu liburan memang berpengaruh pada harga hotel dan penginapan. Cara mendapatkan hotel murah secara otomatis adalah pergi berlibur saat low season. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan harga hotel yang lebih murah. Hindari liburan pada long weekend atau hari besar nasiional seperti lebaran dan natal (pengecualian kalau kamu memang sudah dapat harga promo).

Kalau kamu bekerja kantoran, putarlah otak dan ambil jatah cuti pada low season. Cara ini sangat ampuh kalau kamu pengin liburan dengan harga murah sekaligus mendapatkan hotel dengan harga yang lebih murah.

2. Patungan bersama teman

Patungan bersama teman | via: fastcompany.com

Liburan bersama teman memiliki keuntungan dan kerugian. Kalau dilihat dari keuntungannya, kamu bisa melakukan penghematan pada sektor akomodasi. Kamu dan teman bisa patungan saat menyewa kamar hotel. Harganya pasti jauh lebih murah, kan?

Sebenarnya, kamu juga bisa menginap di hostel ala backpacker (yang biasanya dalam satu kamar diisi lebih dari 6 orang). Namun kalau kamu adalah tipe orang yang menjunjung tinggi privasi, hal tersebut mungkin tidak disarankan. Patungan menyewa hotel bersama teman terbilang lumayan, karena kamu enggak harus sekamar dengan orang yang enggak dikenal.

3. Menggunakan / mengoleksi kupon menginap

Menggunakan / mengkoleksi kupon menginap | via: coupontemplates.org

Di era yang serba canggih begini, rasanya sia-sia kalau enggak memanfaatkan penawaran menarik dari berbagai deal websites Indonesia. Yup, kamu bisa mengumpulkan kupon melalui website atau aplikasi kupon diskon seperti Lakupon dan Myfave. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan diskon yang lumayan, lho. Kamar seharga Rp 1,7 jutaan bisa ditebus hanya dengan Rp 440 ribu saja! Cara mendapatkan diskon hotel yang menarik, bukan?

4. Beli melalui travel agent

Beli melalui travel agent | via: kompas.id

Sekarang kan sudah banyak banget tuh situs atau aplikasi booking hotel online. Teknologi seperti ini jangan dianggurin karena mereka biasanya menjual tiket dengan harga lebih murah (bahkan sering banget ada promo sehingga bisa makin hemat lagi!). Kalau kamu mau memperpanjang waktu menginap, mending jangan perpanjang lewat resepsionis, karena harganya akan lebih mahal.

Langsung saja booking lagi pada tanggal yang kamu inginkan. Seperti pengalaman travel blogger asal Indonesia bernama Fahmi ini. Ketika dia akan memperpanjang waktu menginap di hotel melalui resepsionis, dia harus membayar dua kali lipat dibanding harga yang ditawarkan di Traveloka hotel. Jadilah dia memilih booking hotel ulang pada tanggal yang diinginkan daripada harus memperpanjang waktu menginap lewat resepsionis.

5. Beli dari kamar yang batal ditempati

Beli dari kamar yang batal ditempati | via: wikihow.com

Cara mendapatkan hotel murah selanjutnya adalah memesan kamar yang batal ditempati. Biasanya kan banyak tuh orang yang reschedule tanggal menginap atau bahkan membatalkannya. Nah, biasanya kamar yang sudah terlanjur dipesan tapi terpaksa harus dibatalkan ini akan dijual dengan harga yang lebih rendah. Tinggal pakai bakat negosiasi kamu deh biar dapat kamar hotel dengan potongan harga, hehe.

6. Mencari hotel yang baru saja buka

Mencari hotel yang baru saja buka | via: newhoteldelives.com

Namanya juga baru, pasti mereka menawarkan banyak promo menarik. Harganya juga ‘bersahabat’ karena masih dalam tahap pengenalan. Sebagai smart traveler, kamu harus memanfaatkan kesempatan ini. Menginap di hotel yang baru dibuka memiliki banyak kelebihan, lho, selain harga yang murah tentunya.

Yup, perabotan dan segala fasilitas masih baru, jadi enggak perlu khawatir deh. Karena pihak hotel juga ingin dapat review bagus, pelayanan yang diberikan pasti maksimal banget. Rajin-rajinlah mencari informasi hotel baru, kali saja letaknya di tempat yang jadi tujuan liburanmu selanjutnya 😉

7.  Last minute deal

Last minute deal | via: travelingyuk.com

Memesan hotel di menit-menit terakhir? Bukannya malah mahal? Ho ho ho, tahu enggak sih? Ternyata ada, lho, online travel agent yang memiliki fitur last minute deal, misalnya Tiket.com. Kalau kamu memang kepepet banget mau pesan hotel di hari itu juga misalnya, mereka memiliki daftar hotel dengan harga khusus dan banyak diskon tentunya. Pihak hotel ini lebih memilih menawarkan kamar dengan tarif murah meriah daripada kamarnya enggak ada yang memesan. Whoa, untung di mereka dan untung di kita juga, ya, hehe…

8.  Memilih lokasi hotel yang strategis

Ikut kuis dengan hadiah menginap | via: pinterest.com

Lokasi menentukan prestasi. Jangan tergiur dengan harga hotel murah, tapi lokasinya kurang strategis. Entah itu jauh dari tempat wisata, enggak terjangkau sama moda transportasi massa, atau berada di lingkungan terpencil. Semurah apa pun harga hotelnya, lebih baik lupakan saja hotel-hotel yang kurang strategis itu. Lebih baik memilih hotel strategis, karena bisa menghemat biaya lainnya.

9.  Ikut kuis dengan hadiah menginap

Memilih lokasi hotel yang strategis | via: hotelieracademy.com

Cara mendapatkan hotel murah lainnya adalah rajin-rajin ikutan kuis dengan hadiah voucher hotel gratis! Sebenarnya banyak banget, lho, produk atau bahkan hotel tertentu yang mengadakan kuis dengan hadiah menginap cuma-cuma. Lumayan banget, kan? Yuk, langsung buka Mbah Google dan cari kuis berhadia vocher hotel gratis! Selamat berburu, Kawan Muda :”)

10. Menunjukkan bahwa kamu seorang influencer

Menunjukkan bahwa kamu seorang influencer | via: Instagram @kadekarini

Salah satu keuntungan kalau kamu seorang influencer adalah bisa mendapatkan diskon hotel atau voucher hotel gratis. Beberapa selebgram atau travel blogger biasanya diundang pihak hotel untuk mempromosikan fasilitas dan kenyamanan kamar lewat sosial media sang influencer.

Kalau kamu punya follower yang banyak, manfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan voucher diskon. Eits, tapi jangan maksa pihak hotelnya. Nanti kamu malah diusir seperti pengalaman YouTuber Elle Darby, ya!

Sekarang Kawan Muda sudah mengantungi tips cara mendapatkan hotel murah. Kamu enggak perlu pusing, deh, mikirin budget akomodasi yang membludak. Urusan penginapan sudah beres, sekarang apa lagi nih yang harus disiapkan  sebelum liburan?

Oh ya, kamu sudah booking tiket pesawat belum? Masih nunggu promo? Halah, kelamaan kalau nunggu keburu! Ntar keburu jadi rencana saja liburannya. Mending intip deh artikel Kita Muda tentang Cara Mendapat Tiket Pesawat Murah.

Kamu bakal menemukan cara dapat tiket pesawat murah untuk liburan tanpa harus menunggu promo atau memesan jauh-jauh hari. Semoga bermanfaat, ya!