Berinteraksi dengan tumbuhan dan alam ketika berkebun enggak hanya mengasyikkan, tetapi juga bisa menyehatkan fisik dan pikiran sehingga badan lebih bugar.

Secara enggak langsung kamu juga berkontribusi dalam upaya menghijaukan lingkungan. Banyak banget, kan, manfaat positifnya?

Oleh karena itu, berkebun bisa dijadikan hobi baru yang positif. Nah, kamu bisa memulai dengan mencoba menanam tanaman hias, seperti bunga anggrek. Tanaman ini bisa ditanam di dalam pot atau ditempel, sehingga bisa mempercantik rumahmu juga.

Kali ini Kita Muda bakal membahas bagaimana cara merawat anggrek agar subur dan berbunga. Buat Kawan Muda yang berencana memulai hobi berkebun, simak baik-baik ya ulasan Kita Muda berikut ini 😉

1. Seperti yang sudah Kita Muda singgung, anggrek bisa dibudidayakan di dalam pot atau ditempel ke papan atau batang pohon. Nah, berikut adalah cara menanam bunga anggrek di dalam pot.

Cara menanam bunga anggrek di dalam pot| via: huntingtonblogs.org

Langkah-langkah menanam bunga anggrek di dalam pot:

  • Pilihlah bunga yang unggul dan bebas dari penyakit dan hama.
  • Ambilah biji pada saat tanaman sudah tua, saat daunnya banyak dan umbi akarnya sudah berwarna kecoklatan.
  • Siapkan pot untuk menanam bunga anggrek. Disarankan untuk menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat dan pot tersebut memiliki lubang-lubang kecil berdiameter sekitar  2 cm (untuk membantu sirkulasi dan mempermudah aerasi serta drainase).
  • Isi pot dengan media tanam. Media tanam bunga anggrek bisa terbuat dari campuran beberapa media tanam, seperti pecahan batu bata atau genteng, batang pakis, serutan atau potongan kayu, sabut kelapa, dan arang kayu.
  • Tambahkan pupuk organik. Jika sudah agak besar pindahkan ke pot yang lebih besar
  • Tambahkan penyangga yg terbuat dari kawat jika anggrek sudah di pindah ke pot yang lebih besar

2. Selain dalam pot, kamu juga bisa menanam bunga anggrek dengan menempelnya di batang pohon. Bunga anggrek yang ditempel di batang pohon akan terlihat lebih menarik dan alami. Berikut adalah cara menanam dan merawat bunga anggrek di batang pohon.

Cara menanam bunga anggrek dengan ditempel di batang pohon | via: aboutorchids.com

Langkah-langkah menanam bunga anggrek dengan ditempel di batang pohon:

  • Bunga anggrek epifit bisa ditanam pada batang pohon yang hidup ataupun mati. memilih pohon hidup, maka tentukan pohon yang berkulit batang cukup tebal agar tidak mudah terkelupas. Beberapa pohon yang mempunyai kriteria pada batang tersebut adalah jambu air, mangga, asam jawa, nangka, dan rambutan.
  • Sebelum ditempelkan, batang pohon harus ditempel dengan media yang bisa mengikat air seperti sabut kelapa, potongan pakis, atau ijuk.
  • Tanaman anggrek yang akan ditempel bisa berasal dari tanaman muda (atau dewasa), anakan, atau bibit kompot.
  • Jika menggunakan tanaman muda dan bibit dari kompot, sebelum ditempel, potong sebagian akarnya lalu cuci bersih pakai air. Kemudian celupkan bibit atau akar tanaman muda ke dalam dalam larutan fungisida selama satu dua menit dan celupkan lagi ke dalam larutan pengatur tumbuh dengan waktu yang sama.
  • Setelah langkah pencelupan selesai, selanjutnya tempelkan tanaman bunga anggrek pada pohon yang dipilih.

3. Setelah ditanam, kini saatnya melakukan perawatan agar bunga anggrek bisa tumbuh dengan baik dan maksimal. Langkah perawatan pertama adalah penyiraman karena bunga anggrek akan mati jika kekurangan air.

Cara merawat anggrek agar subur dan berbunga dengan rutin menyiramnya | via: nayaspa.com

Cara merawat anggrek agar subur dan berbunga dengan rutin menyiramnya:

  • Air yang digunakan untuk menyiram bisa dari air ledeng, air sumur, atau air hujan. Jangan gunakan air yang sudah bercampur dengan bahan kimia atau air kali karena bisa menghambat pertumbuhan anggrek.
  • Siramlah anggrek 2 kali sehari jika cuaca sedang panas, pagi dan sore hari. Jangan menyiram anggrek terlalu sering saat hujan karena jika kebanyakan air bisa memicu pembusukan akar. Oh ya, saat hujan juga jangan menempatkan anggrek di luar rumah agar tidak terpercik air hujan terus-menerus.

4. Supaya anggrek rajin berbunga, perhatikan pula sinar matahari yang mengenai tanaman anggrek. Taruh tanaman anggrek di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Kalau memeliharanya di dalam ruangan, gantilah pencahayaan matahari dengan lampu dengan begitu tanaman anggrek akan tumbuh dengan baik dan menarik.

Supaya anggrek rajin berbunga, taruh tanaman anggrek di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung| via: bhg.com

5. Cara merawat anggrek agar subur dan berbunga berikutnya adalah perhatikan kelembapan udara. Anggrek akan tumbuh dengan cepat jika kelembapan udaranya sekitar 60—80%. Jadi kamu harus terus memantau asupan air tanaman anggrek dan pencahayaannya.

Cara merawat anggrek agar subur dan berbunga berikutnya adalah perhatikan kelembapan udara | via: joyusgarden.com

6. Pemberian pupuk untuk anggrek juga bisa membuat tanaman anggrek tumbuh dengan baik. Pemberian pupuk anggrek tidak boleh sembarangan, takaran dan jenis pupuk yang diberikan haruslah sesuai dengan kondisi tanaman. Pemberian pupuk bisa dilakukan sebanyak 3 kali seminggu.

Pemberian pupuk untuk anggrek juga bisa membuat tanaman anggrek tumbuh dengan baik | via: grizzlyshop.club

7. Salah satu kendala yang bisa mencegah tanaman anggrekmu tumbuh subur atau berbunga adalah serangan hama dan penyakit. Yup, anggrek harus rajin dibersihkan dari kotoran, gulma ,maupun juga dedaunan yang busuk.

Pengendalian hama dan penyakit yang menyerang tanaman anggrek | via: plantgasm.com

Berikut adalah cara mengendalikan serangan hama dan penyakit yang menyerang tanaman anggrek:

  • Untuk mengatasi serangan belalang, tungai/kutu perisai, ulat, kepik, kutu daun dan keong yang membuat daun menguning, berbercak, berlubang dan mongering, buang bagian yang sakit akibat serangan hama dan semprotkan pestisida seminggu sekali.
  • Ketika ada bercak busuk hitam (munculnya warna kehitaman pada pangkal daun, lalu diikuti dengan daun menjadi busuk dan akhirnya mati), semprotkan pestisida berbentuk tepung gunakan dosis 2 gram/2 liter air.
  • Jika terjadi pembusukan pada akar, buang bagian yang sakit, semprotkan fungsida benlate sesuai dengan dosisnya dan hindari air tergenang di sekitar pohon
  • Ketika ada daun-daun layu, buang bagian yang sakit, atau kalau masih bisa diselamatkan semprotkan fungsida benlate dengan dosis yang tepat.

Itulah cara menanam bunga anggrek agar subur dan cepat berbunga. Meski tampaknya ribet, cukup bikin penasaran, kan? Buruan deh dicoba dan rasakan betapa seru dan bermanfaatnya hobi berkebun itu :”)