Instagram, sebuah media sosial yang mengutamakan fitur berbagi gambar dan video, menjadi aplikasi yang begitu digandrungi anak muda saat ini. Kegunaannya pun enggak melulu untuk posting foto selfie, kepoin gebetan, atau kepo aktivitas selebriti idola. Instagram kini jadi tempat untuk melakukan banyak aktivitas, bahkan saking serunya scroll feed Instagram, enggak terasa lho kalau waktu berjam-jam telah terbuang.

Dari banyaknya kegunaan Instagram, ada dua nih yang paling menarik perhatian (dan membuat Instagram semakin ‘digandrungi’ anak muda). Instagram bisa jadi tempat seseorang untuk ‘eksis’ dan bisa jadi ladang uang atau ladang bisnis bagi mereka yang bisa melihat peluang. Itulah mengapa, semakin hari semakin banyak saja pengguna Instagram.

Bahkan menurut hasil survey WeAreSocial.net dan Hootsuite, seperti yang dilansir dari Databoks, Instagram adalah platform media sosial dengan pengguna mencapai 800 juta per Januari 2018 lalu! Tak hanya itu saja, Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler di mana sekitar 60 juta foto atau gambar dibagikan dan sekitar 1,6 milyar likes diberikan setiap harinya. Wow, jumlah yang cukup mengejutkan bukan?

Manfaat Instagram meluas, kebutuhan followers dan likes pun meningkat

Cara menambah followers Instagram
Instagram bisa dimanfaatkan untuk personal branding hingga berbisnis | Foto: Instagram @awkarin

Dengan meluasnya kegunaan Instagram tersebut, tak sedikit pihak yang memanfaatkannya untuk mencari ‘keuntungan’. Anak muda masa kini menggunakan Instagramnya sebagai ajang pembuktian, entah itu untuk membuktikan keahliannya di bidang tertentu (komik, fotografi, ilustrasi, dan sebagainya) atau Instagram digunakan sebagai tempat untuk mencari kepopuleran (karena kebetulan mereka punya penampilan yang good looking atau kehidupan glamor ala sosialita).

Selain menjadi ajang pembuktian, ada juga yang memanfaatkannya sebagai alat promosi atau sebagai lapak untuk berjualan. Nah, untuk menunjang niat tersebut, mereka tentu membutuhkan jumlah followes dan likes yang banyak dong agar akun Instagramnya dilirik banyak orang. Bagi mereka yang sudah memiliki ‘nama’ atau networking yang luas, hal ini tentu tidak menjadi masalah.

Namun bagi mereka yang baru merintis ‘karir’ atau ‘usaha-nya’ di Instagram, ini tentu menjadi pekerjaan rumah tersendiri. Kalau followers dan likes tak kunjung bertambah atau jumlahnya enggak begitu signifikan, bakal sia-sia dong usaha mereka untuk melakukan personal branding atau binis di Instagram? Untuk menyiasati hal ini, biasanya sih ada yang mengambil jalan pintas dengan menggunakan jasa auto likes atau auto follow.

Yup, meningkatnya kebutuhan akan followes dan likes membuat banyak pihak kecipratan untung, terutama pihak-pihak yang ‘dagangan’ followers atau likes. Menggunakan jasa auto follow memang bisa meningkatkan jumlah followers dan likes dalam sekejap. Kamu pun tinggal minta si penyedia jasa, membayar sejumlah uang sesuai dengan jumlah followers dan likes yang dibutuhkan, transfer uang, dan jeng…jeng…jeng…followers-mu meningkat.

Entah akun siapa saja itu, yang jelas akun user yang menggunakan tool ini enggak ‘sehidup’ akun asli dan tahu enggak kalau Instagram sekarang sudah mulai bertindak tegas pada kemunculan akun-akun yang enggak jelas asal-muasalnya itu?

Risiko menggunakan auto follow Instagram untuk menambah jumlah followers

Cara menambah followers Instagram
Menambah followers dengan menggunakan auto follow | Foto: lemoot.com

Well, beberapa orang yang menggunakan auto follow Instagram mengaku bahwa jasa followers palsu tersebut aman. Namun, enggak semua jasa auto follow yang ada terjamin kemanannya, lho! Meskipun yang terjamin sekalipun, bukan berarti enggak ada efek sampingnya di kemudian hari. Apalagi kalau terjadi penambahan jumlah followers yang enggak wajar di akunmu, beuh, hati-hati lho kena peringatan dari pihak Instagram.

Berikut adalah sejumlah risiko dan bahaya yang mengancam bila kamu menggunakan jasa auto follow dan likes di Instagram:

Data login bisa diambil orang dan disalahgunakan

Jika kamu enggak langsung mengganti password Instagram setelah melakukan auto follow, siap-siap saja deh akunmu diambil alih alias kamu enggak bisa login lagi dengan user id atau password yang kamu gunakan sebelumnya.

Ada juga nih situs-situs fishing yang menawarkan auto follow, tapi niat mereka sebenarnya adalah mencuri data login Instagram kamu. Nah, situ-situs seperti ini biasanya memintamu measukkan ID dan password dengan iming-iming followers akan bertambah dalam sekejap. Padahal, akun IG kamu yang diambil!

Tiba-tiba mem-follow akun Instagram orang lain secara otomatis

Penginnya sih followers yang nambah, tapi kok following-nya nambah juga? Yup, inilah kemungkinan yang terjadi kalau kamu menggunakan jasa auto follow. Jumlah pengikutmu memang bertambah dengan cepat, tapi akunmu juga secara otomatis mengikuti akun Instagram orang lain! Kok bisa sih?

Akunmu sekarang dimanfaatkan oleh pemilik website autofollow untuk meningkatkan followers di pelanggannya yang lain. Ugh, males banget kan kalau begini? Oh ya, tak hanya meningkatkan jumlah orang yang kamu follow di Instagram, menggunakan jasa auto follow bisa membuat followers-mu berkurang dengan sendirinya secara bertahap (karena mungkin ada akun yang sadar kenapa tiba-tiba mereka follow akunmu).

Bisa di-suspend atau di-banned Instagram

Nah, ini nih yang paling ditakutkan. Peningkatan jumlah followers yang enggak wajar bisa mengakibatkan spam. Nah, Instagram akan melihat keadaan ini sebagai spam dan akunmu bisa di-suspend atau bahkan diblokir secara permanen.


BACA JUGA:


Daripada mengorbankan akun Instagram yang sudah dibangun dengan susah payah, lebih baik Kawan Muda menggunakan cara menambah followers Instagram yang ‘aman’. Memang sih, hasilnya enggak bisa dilihat sehari atau dua hari, butuh waktu. Namun, followers yang kamu dapat benar-benar loyal dan jelas, bukan akun bots doang.

Kita Muda bakal share nih cara menambah followers Instagram secara aman dan efisien. Dengan cara ini, dijamin deh kamu akan mendapat followers yang sesuai dengan niche dan mereka bisa menjadi pengikut setiamu.

8 Cara menambah followers Instagram

Tips 1: Lakukan sinkronisasi akun Instagram dengan akun media sosial lainnya

Cara menambah followers Instagram
Sinkronisasi akun Instagram dengan akun media sosial lainnya untuk meningkatkan followers | Foto: sunnywithachanceofsprinkles.com

Sebelum menggunakan Instagram, sebagian besar orang tentu menggunakan akun media sosial lainnya seperti Facebook atau Twitter kan? Nah, coba deh lakukan sinkronisasi akun Instagram-mu dengan akun Facebook atau Twitter. Cara ini bisa jadi ajang untuk mempromosikan akun Instagram-mu. Mungkin saja kan followers-mu yang ada di Facebook enggak tahu kalau kamu punya akun Instagram? Dengan begitu mereka akan mampir dan kemungkinan besar akan follow atau memberikan likes.

Tips 2: Bikin profil yang mudah dicari dan menarik

Cara menambah followers Instagram
Profil dan biodata menarik bisa menarik pengguna lain untuk follow | Foto: Instagram @abellyc

Mungkin nulis profil doang kelihatan sepele, ya, tapi ini jadi bagian yang penting, lho, demi menarik datangnya followers. Gunakan biodata atau keterangan yang jelas di profil, kamu juga bisa memberikan tautan ke media sosial atau situs lain yang kamu miliki. Foto profil yang dipasang juga harus lucu, menarik, atau bisa membuat pengguna paham siapa kamu atau apa sih konten akun Instagram-mu.

Tips 3: Pakai hashtag menarik dan sesuai (ehm, tapi jangan terlalu banyak ya!)

Cara menambah followers Instagram
Manfaatkan hashtag, tapi jangan terlalu banyak menggunakan hashtag | Foto: imagestudios360.com

Hashtag adalah senjata andalan yang biasa digunakan untuk meningkatkan jumlah followers dan likes. Dengan menyematkan hashtag populer pada fotomu, bisa membantu mengarahkan pengguna lain untuk datang ke akunmu jika mereka melakukan pencarian hashtag populer. Buat yang menggunakan Instagram untuk bisnis,  kamu juga bisa menggunakan hashstagsendiri yang membuat mereka ingat dengan brand milikmu.

Tips 4: Tentukan ritme posting (konsistensi postingan) dan waktu posting yang tepat

Cara menambah followers Instagram
Usahakan konsisten memposting foto di Instagram | Foto: Thinkcreativecollective.com

Menurut riset yang dilakukan Tailwind, mengunggah foto setiap hari bisa meningkatkan jumlah followers empat kali lebih cepat dibanding hanya mengunggah foto seminggu sekali. Eits, ini enggak berarti kamu harus mengunggah foto setiap hari. Susun strategi kapan atau berapa kali kamu harus posting foto setiap minggunya. Selain itu, kamu harus tahu nih jadwal online para followers Instagram-mu. Jangan sampai kamu pasang foto tersebut di jam-jam sepi followers aktif, bakal gersang likes postinganmu :”)

Tips 5: Tentukan style foto atau postingan semenarik mungkin secara visual

Cara menambah followers Instagram
Atur feed semenarik mungkin | Foto: Socialinsight.io

Pengin orang betah berlama-lama mantengin Instagram-mu atau bahkan nge-follow? Hindari postingan yang membosankan dan enggak konsisten. Atur feed Instagram-mu sebaik dan semenarik mungkin secara visual, kalau bisa sampai orang yang datang tahu dan ingat style fotomu seperti apa.

Tips 6:  Sesekali adakan kontes atau giveaway untuk menarik followers baru

Cara menambah followers Instagram
Adakan giveaway atau kontes untuk menarik followers baru | Foto: mediakix.com

Siapa sih yang enggak suka kalau dapat hadiah cuma-cuma? Nah, cara ini juga bisa digunakan untuk menarik followers, likes, atau traffic ke media sosialmu. Kamu bisa menggunakan taktik seperti ini saat mengadakan giveaway atau kontes:  memposting giveaway dan meminta peserta untuk follow serta likes postinganmu. Jangan lupa juga meminta peserta giveaway untuk nge-tag teman-temannya yang lain.

Tips 7: Berinteraksilah dengan followers

Cara menambah followers Instagram
Agar followers bertambah, ajaklah mereka berinteraksi | Foto: socialflyny.com

Punya followers banyak jangan dianggurin, tapi ajak mereka agar terlibat jauh pada produk atau akun kamu. Cara membuat followers merasa terlibat cukup mudah kok, kamu bisa membalas komentar-komentar mereka dengan ramah, menggunakan caption yang bernada ‘menyapa’ atau mengajak, atau kamu juga bisa melemparkan pertanyaan-pertanyaan seru yang mengundang perhatian.

Tips 8: Kejasama dengan influencer atau brand lain (endorsement)

Cara menambah followers Instagram
Cobalah sistem endorsment untuk mempromosikan produk atau brand | Foto: Instagram @ayutingting92

Kalau kamu punya toko online atau brand yang sudah lumayan besar, enggak ada salahnya nih menganggarkan dana untuk endorsement. Cara ini lumayan signifikan, lho, dalam meningkatkan jumlah followers dan likes. Kamu bisa meminta influencer siapa pun, entah itu selebriti terkenal atau mungkin para selebgram, untuk mempromosikan produk atau brand yang kamu punya.

Itulah beberapa cara menambah followers Instagram yang bisa Kawan Muda gunakan. Memang sih enggak semudah saat menggunakan auto follow, tapi masih lebih baik kan daripada kamu harus kehilangan akun Instagram di kemudian hari? Intinya sih Kawan Muda harus selalu kreatif, bekerja keras, dan jangan lupa konsisten biar Instagram-mu bisa jadi wadah personal branding atau bisnis yang potensial. Selamat mencoba 😉