7 Cara Mudah dan Alami Mencerahkan Wajah, Bye-Bye Kusam!

5.483 views
Cara memutihkan wajah
via: styletips101.com

Polusi, sinar UV, stres, dan pola makan yang tidak baik bisa berpengaruh pada kondisi kulit wajah kamu. Mereka berkontribusi membuat warna kulit wajah jadi kusam atau bahkan menghitam.

Memang sih bisa ‘diperbaiki’ dengan makeup, tapi akan lebih lagi baik kalau kita merawat kulit wajah agar tetap sehat dan cerah alami.

Nah, ada beberapa bahan alami yang bisa Kawan Muda gunakan untuk memutihkan wajah. Dengan bahan-bahan tersebut, kulit wajah yang tadinya kusam akibat aktivitas sehari-hari bisa kembali cerah dan merona.

Penasaran bahan-bahan apa saja? Simak yuk ulasan Kita Muda berikut ini.

RAHASIA 1: Masker papaya dan madu

Cara memutihkan wajah
Cara memutihkan wajah dengan papaya dan madu | via: diyfacemask.com

Kandungan enzim papain dan alpha hydroxy acids dalam buah pepaya bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan kotoran sehingga membuat kulit lebih bercahaya. Sedangkan sifat antibakteri yang ada dalam madu bisa melindungi kulit.

Cara memutihkan wajah dengan masker pepaya dan madu sangatlah muda. Kawan Muda hanya perlu menyiapkan 200 gr buah pepaya segar dan 1 sdt madu. Hancurkan buah pepaya hingga lembut lalu campurkan dengan madu. Oleskan masker pada wajah dan diamkan sekitar 20 menit. Lakukan hal ini secara rutin setiap malam sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

RAHASIA 2: Kulit jeruk dan yogurt

Cara memutihkan wajah
Cara memutihkan wajah dengan kulit jeruk dan yogurt | via: technobezz.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau jeruk punya banyak khasiat dalam mencerahkan kulit. Tak hanya sarinya, kulit jeruk juga kaya akan vitamin C yang baik untuk mencerahkan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Nah, untuk memutihkan wajah dengan kulit jeruk dan yogurt, siapkan beberapa kulit jeruk yang sudah dijemur selama 2—3 hari. Hancurkan kulit jeruk kering tersebut hingga menjadi bubuk, lalu campurkan dengan 1 sdm yogurt tanpa rasa. Oleskan masker tersebut di wajah yang bersih dan diamkan sekitar 15—20 menit. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

RAHASIA 3: Susu, air perasan lemon, dan madu

Cara memutihkan wajah
Cara memutihkan wajah dengan susu, air perasan lemon, dan madu| via: stylepresso.com

Perpaduan ketiga bahan ini bisa membuat kulit wajahmu tetap cerah, segar, dan noda hitam pun tersamarkan. Yang harus kamu siapkan untuk membuat masker ini adalah 1 sdm susu, 1 sdm  air perasan lemon, dan 1 sdt madu.

Campur ketiga bahan tersebut hingga merata, kemudian oleskan pada kulit wajah yang bersih. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Agar hasilnya makin maksimal, gunakan masker ini secara rutin ya.

Perlu diingat, kandungan asam pada lemon bisa menyebabkan efek terbakar pada kondisi kulit tertentu. Hentikan pemakaian jika kulit wajah terasa panas atau iritasi saat menggunakan masker ini.

RAHASIA 4: Kentang

Cara memutihkan wajah
Cara memutihkan wajah dengan kentang | via: stylecraze.com

Kentang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan, yang membantu mencerahkan wajah sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati.

Nah, cara memutihkan wajah dengan kentang terbilang mudah, karena kamu hanya perlu memotong kentang  tipis-tipis lalu mengusapkannya pada area wajah yang bermasalah. Diamkan sekitar 15—20 menit, lalu bilas wajahmu dengan air bersih. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali  per minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

RAHASIA 5: Beras dan susu

Cara memutihkan wajah
Cara memutihkan wajah dengan beras dan susu | via: stylecraze.com

Beras dan susu sudah menjadi rahasia kecantikan perempuan-perempuan Asia sejak dahulu kala. Kombinasi keduanya bisa menghasilkan kulit wajah yang lembut, cerah, dan tampak lebih segar. Beras sudah  terbukti secara ilmiah mampu melindungi kulit dari pancaran sinar UV dan menghambat proses penuaan. Sedangkan kandungan dalam susu membantu melembapkan, mengahluskan, dan menutrisi kulit.

Untuk memutihkan wajah dengan beras dan susu, yang kamu butuhkan adalah 200 gr beras putih yang sudah dihaluskan dan 3—4 sdm susu. Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian oleskan pada wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak 2—3 kali per minggu agar hasil semakin maksimal.

RAHASIA 6: Tepung beras dan lidah buaya

Cara memutihkan wajah
Cara memutihkan wajah dengan tepung beras dan lidah buaya | via: ameenabegum.blogspot.com

Campuran kedua bahan ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang terakumulasi di wajah sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Kandungan antioksidannya yang melimpah juga mampu menyembuhkan, memelihara, dan melindungi kulit.

Kamu hanya membutuhkan ekstrak lidah buaya (dari satu helai  lidah buaya) dan 2 sdm tepung beras. Campur kedua bahan tersebut, kemudian oleskan secara merata di wajah sambil dipijat-pijat lembut. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat, kemudian bilas langi dengan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya dan kamu bisa melihat hasilnya setelah beberapa hari.

RAHASIA 7: Baking soda

Cara memutihkan wajah
Cara memutihkan wajah dengan baking soda | via: wellordie.com

Kandungan baking soda berkhasiat mengangkat sel-sel kulit mati dan membunuh bakteri yang ada pada kulit sehingga kulit menjadi lebih segar dan lebih kencang. Nah, kamu hanya perlu mencampurkan 1—2 sdm baking soda dengan sedikit air (bisa juga diganti dengan air perasan lemon).

Oleskan masker tersebut pada wajah dan pijat-pijat lembut selama 5 menit. Jika sudah, bilas dengan air hangat. Jangan lupa aplikasikan pelembab jika wajah terasa kering setelah menggunakan masker ini.

Nah, itulah beberapa cara memutihkan wajah dengan bahan-bahan alami. Ternyata sangat mudah bukan membuat wajah kembali cerah dan terhindar dari kusam? Semoga tips di atas bermanfaat dan selamat mencoba!