6 Bahan Alami yang Terbukti Ampuh Memutihkan Kulit Wajah, Enggak Pakai Mahal dan Aman Lagi!

3.651 views
cara memutihkan kulit wajah
via: makeupandbeauty.com

Siapa sih yang enggak pengin punya kulit wajah yang bersih, cerah, dan segar? Tak hanya perempuan saja, para lelaki pun sudah mulai perhatian lho dengan hal-hal seperti ini. Bagaimana tidak, kulit wajah yang terlihat kusam dan kusut ternyata bisa mempengaruhi tingkat percaya diri seseorang. Apalagi kalau bekerja di bidang yang mengharuskan bertemu atau berinteraksi dengan banyak orang, masa iya sih penampilan kamu  kusut dan kucel?

Nah, ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit wajah. Mulai dari yang cepat dan instan hingga cara-cara alami. Umumnya nih, sebagian besar orang menginginkan kulit wajahnya cerah dengan cepat dan instan. Memang sih, saat ini sudah banyak produk kecantikan atau obat-obat pemutih wajah yang menjanjikan wajah putih dan cerah dalam waktu singkat.

Namun, cara memutihkan kulit wajah yang seperti itu biasanya hanya bersifat sementara. Menggunakan obat atau krim pemutih wajah yang dijual murah di pasaran (dengan janji wajah akan bersinar dalam hitungan hari) bukan berarti tanpa risiko, lho! Yup, malah kamu harus berhati-hati nih dengan kandungan di dalamnya. Apalagi  pemutih wajah yang harganya murah meriah!

Jangan sampai ya niat untuk memutihkan wajah malah berujung bencana. Nanti bukannya cerah, kulit wajahmu malah alergi, iritasi, atau bahkan terkena efek samping yang lebih buruk lagi. Ngeri kan? Daripada coba-coba beli produk pemutih wajah murah meriah yang belum tentu aman atau cocok untuk kulit, ada baiknya kamu mencoba cara memutihkan kulit wajah secara alami.

Eits, ini enggak berarti Kita Muda melarang kamu membeli produk pemutih wajah yang beredar di pasaran. Banyak kok produk pemutih wajah dengan (dari harga standar hingga ‘lumayan’) yang benar-benar aman dan berkhasiat. Namun, enggak ada salahnya kan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar? Cara memutihkan kulit wajah seperti ini enggak hanya minim efek samping karena menggunakan bahan alami, tetapi juga murah meriah dan bahannya pun mudah didapatkan.

Bahan-bahan alami bisa kamu olah menjadi masker wajah dan jika digunakan secara rutin, kulit wajahmu bisa cerah dari hari ke hari. Oh ya, kalau kamu bingung bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat, bahan-bahan alami ini juga bisa membantu memudarkan bekas jerawat. Nah lho, menarik bukan?

Di artikel kali ini, Kita Muda bakal kasih beberapa resep masker alami yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan kulit wajah. Apa saja?

1. Masker jeruk nipis

cara memutihkan kulit wajah
Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis efektif untuk memutihkan wajah | Foto: somethinghaute.com

Jeruk nipis adalah salah satu bahan alami yang efektif untuk memutihkan kulit wajah. Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya bisa membantu mencerahkan wajah dan membantu memudarkan bekas jerawat. Selain itu, jeruk nipis bisa mengatasi minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati sehingga membantu kulit wajahmu agar terhindar dari jerawat.

Bagaimana cara memutihkan kulit wajah dengan jeruk nipis?

  • Pertama-tama siapkan satu buah jeruk nipis yang akan dijadikan masker, belah menjadi dua bagian.
  • Kamu bisa langsung menggosokkan jeruk nipis yang sudah dibelah tadi ke wajah, diusap lembut ya jangan digosok karena bisa bikin wajah iritasi.
  • Cara lainnya, Kawan Muda bisa memeras air jeruk nipis lalu tambahkan 2 sdm madu. Aplikasikan di wajah dengan kapas dan diamkan selama 20—30 menit. Kalau sudah bilas dengan air hangat, kemudian bilas lagi dengan air dingin.
  • Lakukan cara ini sebanyak 2—3 kali dalam seminggu untuk hasil yang terbaik.

 

BACA JUGA:


2. Masker lemon

cara memutihkan kulit wajah
Lemon salah satu bahan yang paling efektif memutihkan wajah| Foto: homeremedyhacks.com

Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga menjadi salah satu bahan yang paling efektif memutihkan wajah karena berbagai kandungan di dalamnya. Vitamin C, antioksidan, dan asam alpha hidroksi-nya membantu memutihkan dan mencerahkan kulit wajah dari ke hari. Selain itu, lemon juga efektif menyamarkan noda bekas jerawat dan bisa meredakan kemerahan akibat jerawat.

Bagaimana cara memutihkan kulit wajah dengan jeruk nipis?

  • Siapkan satu buah lemon, peras dan ambil jusnya.
  • Campurkan 1—2 sdm jus lemon dengan 1 sdt madu, aduk hingga rata.
  • Aplikasikan masker tersebut ke wajahmu, kamu bisa menggunakan kapas atau tangan. Kalau menggunakan tangan, pastikan tanganmu bersih ya.
  • Diamkan selama 10—15 menit lalu bilas dengan air hangat dan bilas kembali dengan air dingin (air biasa).
  • Lakukan perawatan ini sebanyak 2—3 kali dalam seminggu. Hasilnya bakal kelihatan setelah 3 minggu kalau kamu rutin maskeran lemon 😉

3. Masker beras

cara memutihkan kulit wajah
Kandungan asam ferulic dan allantoin dalam beras bisa membantu mencerahkan kulit| Foto: youtube.com

Yup, enggak hanya bikin perut kenyang, beras ternyata berkhasiat juga untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah. Kandungan asam ferulic dan allantoin dalam beras ternyata berfungsi sebagai antioksidan. Dua bahan tersebut juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga masker ini bisa melindungi kulit dari kerusakan kulit. Whoa, ternyata banyak banget ya khasiat beras buat kulit! Baru tahu kan?

Bagaimana cara memutihkan kulit wajah dengan beras?

  • Kawan Muda harus menyiapkan beras dan madu secukupnya. Pertama-tama, rendam beras minimal 2 jam. Kalau pengin hasil terbaik sih kamu harus merendamnya semalaman. Kalau sudah direndam, tumbuk beras tersebut sampai halus dan jemur hingga kering (menjadi tepung beras).
  • Ambil 2 sdm tepung beras dan campurkan dengan 2 sdm madu. Aduk hingga keduanya tercampur merata.
  • Oleskan masker beras tersebut ke wajah dan leher. Diamkan hingga kering sekitar lebih kurang 25 menit.
  • Kalau sudah, bilas wajah hingga bersih. Gunakan masker beras ini sebanyak 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.
  • Oh ya, tadi kan kamu sempat merendam beras, nah air rendamannya juga bisa kamu manfaatkan, lho, untuk mencerahkan kulit. Kamu tinggal mengusapkan air rendaman beras di wajah, diamkan selama 20 menit, lalu bilas deh dengan air bersih. Mudah banget kan?

4. Masker putih telur

cara memutihkan kulit wajah
Putih telur mengandung protein yang tinggi dan bisa membantu mencerahkan bekas jerawat | Foto: wellordie.com

Kandungan protein dan aminco acids yang sangat tinggi dalam putih terlur ternyata berkhasiat untuk memutihkan kembali warna kulit yang menghitam akibat jerawat. Putih telur juga bermanfaat mengencangkan pori-pori dan menghaluskan kulit wajah.

Bagaimana cara memutihkan kulit wajah dengan putih telur?

  • Untuk membuat masker putih telur, telur yang digunakan sebaiknya telur ayam kampung ya, Kawan Muda. Ingat, ambil bagian putih telurnya saja.
  • Campur putih telur tersebut dengan air perasan jeruk nipis atau lemon secukupnya, aduk hingga rata.
  • Oleskan masker tersebut di wajah secara merata dan diamkan sekitar 15 menit (atau sampai kering).
  • Kalau sudah kering, tinggal dibilas saja dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini sebanya 2—3 kali dalam seminggu, ya!

5. Masker tomat

cara memutihkan kulit wajah
Likopen dalam tomat bisa mencerahkan wajah dan mencegah kerusakan wajah | Foto: youtube.com

Pengin punya wajah cerah dan berseri alami? Kawan Muda harus rajin maskeran tomat dari sekarang. Yuhu, kandungan likopen atau senyawa antioksidan dalam tomat bisa menangkal radikal bebas dan berfungsi sebagai tabir surya alami yang memperkecil kerusakan wajah yang diakibatkan sinar UV.

Bagaimana cara memutihkan kulit wajah dengan tomat?

  • Siapkan 1—2 buah tomat, tergantung ukurannya ya, kalau besar cukup satu tomat saja.
  • Tumbuk atau blender tomat tersebut hingga halus kemudian oleskan pelan-pelan pada wajahmu.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Kawan Muda bisa maskeran tomat secara rutin 2—3 kali seminggu.

6. Masker alpukat

cara memutihkan kulit wajah
Alpukat mampu mencegah penuaan dini akibat paparan sinar matahari | Foto: Livestrong.com

Buah yang nikmat dijadikan jus ini ternyata memiliki khasiat menakjubkan untuk wajahmu. Kandungan karotenoid antioksidan, vitamin E, dan vitamin C-nya berkhasiat membantu mencerahkan kulit wajah dan mampu mencegah penuaan dini akibat paparan sinar matahari. Manfaat alpukat lainnya adalah  membuat kulit wajahmu tetap kenyal.

Bagaimana cara memutihkan kulit wajah dengan alpukat?

  • Siapkan satu buah alpukat, kamu bisa menggunakan setengahnya jika ukurannya terlalu besar.
  • Hancurkan alpukat hingga lembut, lalu tambahkan satu butir kuning telur. Aduk hingga keduanya tercampur, lalu oleskan pada wajah dan leher secara merata.
  • Biarkan sampai kering lebih kurang sekitar 15—30 menit baru deh dibilas dengan air bersih.
  • Gunakan masker alpukat secara teratur 2—3 kali seminggu.

Nah, sekarang Kawan Muda sudah tahu kan bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan kulit wajahmu? Kamu enggak harus menggunakan semua masker di atas, pilih salah satunya saja dan gunakan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga tips di atas bermanfaat ya, Kawan Muda 😉