Gigi putih berkilau bak mutiara menjadi tren sejak para selebriti berbondong-bondong melakukan prosedur pemutihan gigi. Tak bisa dipungkiri, gigi yang putih dan bersih bisa mendukung penampilan, apalagi kalau tersenyum, rasanya enak dipandang saja ya kalau giginya putih bersinar. Namun sayangnya, cara memutihkan gigi ala selebriti ini membutuhkan biaya yang enggak sedikit, lho!

Sebenarnya ada dua prosedur pemutihan gigi, pemutihan gigi sementara dan pemutihan gigi permanen. Memutihkan gigi sementara atau yang dikenal dengan nama bleaching, biasanya hanya membersihkan noda pada gigi yang enggak bisa hilang kalau hanya digosok menggunakan sikat gigi. Sedangkan memutihkan gigi secara permanen disebut dengan veneer porselan.

Istilahnya tentu enggak asing lagi dong karena banyak selebriti tanah air yang melakukan prosedur ini untuk menunjang penampilan mereka. Nah, teknik veneer ini adalah cara memutihkan gigi dengan melapisi gigi dengan lapisan porselen tipis yang warnanya lebih putih daripada warna gigi asli. Psst, selain bisa memutihkan gigi, teknik veneer ternyata bisa memperbaiki posisi dan bentuk gigi serta  bikin wajah terlihat lebih tirus.

Bahaya memutihkan gigi dengan prosedur veneer gigi ala selebriti

cara memutihkan gigi
Tren veneer gigi untuk memutihkan gigi | Foto: grid.id

Namun Kawan Muda harus tahu nih, mekipun dibilang permanen, teknik veneer tak akan membuat warna gigi menjadi putih selamanya. Memang sih, bisa diputihin lagi kalau warna asli gigi mulai kembali. Akan tetapi, keseringan menjalanoi prosedur pemutihan gigi juga bisa menyebabkan efek samping pada gigi. Apa saja sih efek sampingnya?

Gigi akan lebih sensitif

Sebelum dipasangi lapisan porselan, gigi terlibuh dahulu akan diasah (dikikis ketebalannya), supaya saat dipasangi veneer setebal 0,5 mm giginya enggak terlihat tebal atau maju ke depan. Nah, mengasah gigi bisa merusak struktur gigi dan mengurangi proteksi email gigi sehingga gigi cenderung lebih sensitif pada makanan panas atau dingin.

Memicu gigi berlubang

Pemasangan veneer yang tidak dilakukan para ahli bisa menciptakan celah antara veneer dan gigi asli. Celah ini bisa jadi tempat berkumpulnya sisa makanan dan jika dibiarkan begitu saja bisa menjadi karies atau gigi berlubang.

Iritasi pada gusi

Veneer porselen biasanya menggunakan etsa asam dengan tujuan agar lapisan veneer merekat . Penggunaan asam ini sebenarnya enggak boleh terlalu sering karena bisa menyebabkan iritasi gusi, jaringan gusi mati dan pucat, gusi menjadi sakit, hingga posisi gusi turun. Itulah mengapa, orang yang memakai veneer harus rutin memeriksakan giginya ke dokter.

Wah, meskipun harganya bombastis, ternyata ada efek sampingnya juga, ya! Apa pun itu jika dilakukan secara berlebihan pasti bisa menimbulkan dampak negatif. Selain tren veneer yang hits dikalangan selebriti Indonesia, ada juga nih tren yang berkembang di masyarakat dalam rangka mendapatkan gigi putih idaman. Tren tersebut dinamakan diet gigi. Apakah Kawan Muda pernah mendengarnya?

Diet gigi, tren lain untuk memutihkan gigi

cara memutihkan gigi
Diet gigi atau menghindari makanan tertentu yang bisa menyebabkan gigi kusam | Foto: drschlang.com

Tak hanya menurunkan berat badan yang butuh diet, memutihkan gigi juga butuh diet. Seperti yang kita ketahui, warna kuning pada gigi bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Yup, ada jenis makanan tertentu yang bisa membuat warna gigi menjadi kusam dan berpotensi membuat warna gigi menjadi lebih ‘gelap’.

Dengan melakukan diet gigi, seseorang akan menghindari jenis makanan  atau minuman tertentu yang bisa menyebabkan givi menjadi kuning dan kusam. Biasanya makanan atau minuman yang menjadi pantangan tersebut adalah yang memiliki warna pekat dan gelap. Misalnya, bir, soft drink, rawon, soto, teh, kopi, dan sebagainya.

Sebenarnya, mereka yang menjalani diet gigi masih boleh kok mengonsumsi makanan dengan warna pekat atau gelap. Namun, setelah mengonsumsi makanan tersebut mereka diwajibkan untuk segera menggosok gigi agar warna pekat dari minuman atau makanan tersebut tidak tertinggal dan menjadi plak di gigi.


BACA JUGA:


7 cara memutihkan gigi dengan bahan-bahan alami

cara memutihkan gigi
Cara memutihkan gigi dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami | Foto: draxe.com

Nah, kalau tren yang diet gigi mungkin lebih mudah untuk diterapkan ya, Kawan Muda. Selain murah meriah, pantangannya pun sederhana yaitu menghindari makanan yang punya warna pekat atau gelap. Ya, buat sebagian orang ini mungkin hal yang mudah, tapi bagi lainnya, harus membatasi konsumsi makanan tertentu tentu menyiksa. Apalagi kalau ada makanan favorit!

Aduh, jadi bingung kan? Memutihkan gigi saja kok jadi ribet begini sih? Eits…tenang, jangan keburu panik dulu. Karena Kita Muda punya beberapa trik mudah biar gigimu bisa putih bersinar secara alami. Enggak perlu merogoh kocek dalam-dalam kok, cukup rutin merawat gigi dan terapkan cara memutihkan gigi secara alami menggunakan bahan-bahan berikut ini.

1. Cuka sari apel

cara memutihkan gigi
Cuka sari apel untuk memutihkan gigi | Foto: Airfrov.com

Cuka apel memiliki kandungan asam alami dan astrigen di dalamnya sehingga berkhasiat menghilangkan noda dan plak yang menempel pada gigi. Gigi yang menguning karena sering mengonsumsi kopi atau teh juga bisa putih kembali dengan bantuan cuka apel. Manfaat lainnya adalah cuka sari apel bisa membunuh bakteri dalam rongga mulut.

Lantas, bagaimana menggunakan cuka sari apel pada gigi? Kawan Muda cukup berkumur selama 30 detik dengan cairan yang terbuat dari campuran air (150 ml) dan cuka sari apel (2 sdt). Kalau umumnya obat kumur digunakan setelah menggosok gigi, larutan cuka apel digunakan sebelum menggosok gigi, ya. Oh ya, jangan terlalu sering menggunakan cuka sari apel sebagai obat kumur, agar tidak merusak email gigi.

2. Minyak kelapa

cara memutihkan gigi
Minyak kelapa efektif menyingkirkan bakteri dan plak penyebab gigi kuning | Foto: mercola.com

Kedengarannya aneh, tapi minyak kelapa menjadi salah satu bahan yang efektif untuk memutihkan gigi. Orang-orang terdahulu bahkan sudah menggunakan cara ini untuk memutihkan gigi mereka. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa ternyata efektif menyingkirkan bakteri dan plak yang menyebabkan gigi berwarna kuning.

Tak hanya itu saja, minyak kelapa juga berguna meningkatkan kesehatan gusi sekaligus menjaga napasmu tetap segar, lho! Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai pemutih gigi, Kawan Muda cukup siapkan satu sendorn minyak kelapa. Lunakkan minyak kelapa tersebut kemudian masukkan ke dalam mulut. Olehkan minyak kelapa ke gigi secara merata dan diamkan sekitar 10—15 menit. Kalau sudah buang minyak kelapa dan bilas mulut dengan air, baru deh sikat gigi seperti biasa.

3. Kulit jeruk atau kulit lemon

cara memutihkan gigi
Kulit jeruk berfungsi sebagai pemutih alami gigi | Foto: stylecraze.com

Cara memutihkan gigi secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk atau kulit lemon (kulit pisang juga bisa memutihkan gigi). Albedo pada jeruk (bagian putih pada kulit jeruk) mengandung vitamin C, petkin, limonene, gulatarate, dan serat larut yang berfungsi sebagai pemutih alami gigi.

Menggunakan kulit jeruk untuk memutihkan gigi terbilang mudah, kamu hanya perlu mengupas jeruk dan ambil bagian kulitnya saja. Kemudian gosokkan bagian dalam kulit jeruk (bagian yang ada putihnya) ke gigi dan diamkan sekitar 3—4 menit. Kalau sudah bersihkan sisa kulit jeruk tadi dengan menyikat gigi seperti biasa.

4. Strawberry dan baking soda

cara memutihkan gigi
Campuran strawberry dan baking soda bisa digunakan untu memutihkan gigi | Foto: brightside.com

Campuran strawberry dan baking soda ternyata memiliki khasiat untuk memutihkan gigi. Untuk membuat pemutih gigi dari campuran strawberry dan bakin soda sangat muda, kok. Kawan Muda hanya membutuhkan satu biji buah strawberry matang, ½ sdt baking soda, benang gigi (dental floss), sikat gigi, dan obat kumur.

Langkah pertama adalah hancurkan strawberry hingga lembut (jangan gunakan strawberry yang baru dikeluarkan dari kulkas ya, karena terlalu dingin untuk gigi), lalu tambahkan baking soda dan aduk hingga merata. Celupkan sikat gigimu ke dalam pasta strawberry tadi dan sikat gigimu selama 3 menit. Kalau sudah, berkumurlah dan sikat gigimu kembali menggunakan pasta gigi. Jika ada sisa strawberry yang terselip, kamu bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkannya.

5. Arang aktif

cara memutihkan gigi
Arang aktif membantu membersihkan plak dan sisa makanan pada gigi | Foto: youtube.com

Warnanya memang hitam, tapi efektif untuk memutihkan gigi, cukup unik bukan? Arang aktif atau activated charcoal mengandung mineral yang bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan pada gigi. Meskipun warnanya gelap, Kawan Muda enggak perlu khawatir karena arag hitam enggak akan merubah warna gigi.

Namun hati-hati, penggunaan arang aktif secara berlebihan akan berdampak pada kerusakan gigi. Yup, arang aktif bisa merusak lapisan enamel gigi dan menyebabkan erosi pada gigi.

6. Hidrogen peroksida dan baking soda

cara memutihkan gigi
Hidrogen peroksida dan baking soda membantu membuat gigi tampak putih kinclong | Foto: theheartysoul.com

Adalah cara memutihkan gigi yang cukup populer dan direkomendasikan. Kandungan dalam hidrogen peroksida berkhasiat untuk membasmi kuman pada gigi, sedangkan kandungan dalam baking soda membantu membuat gigi lebih putih dan kinclong.

Nah, memutihkan gigi dengan cara ini yang perlu kamu siapkan adalah hidrogen peroksida dan baking soda secukupnya. Campurkan dua bahan tersebut lalu gunakan sebagai pasta gigi. Sikatlah gigi dengan benar, depan sampai ke belakang, agar hasilnya maksimal.

7. Kunyit atau serbuk kunyit

cara memutihkan gigi
Kunyit bisa menghilangkan plak akibat kopi atau teh | Foto: theheartysoul.com

Tekstur kunyit yang kasar bisa menghilangkan plak dan noda yang disebabkan oleh kopi, the, atau makanan dan minuman lainnya. Selain itu, kandungan antibakteri dan antiinflamasi pada kunyit bisa menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.

Untuk memutihkan gigi dengan kunyit, yang kamu butuhkan adalah 1 sdt minyak kelapa dan 1 sdt kunyit. Campurkan dua bahan tersebut kemudian gunakan untuk menyikat gigimu. Diamkan selama beberapa menit hingga gigimu tampak menguning. Kalau sudah, berkumurlah lalu sikat kembali gigimu dengan pasta gigi seperti biasa.

Bagaimana, ternyata mudah kan mengembalikan warna gigi yang menguning menjadi putih bersinar? Kamu pun enggak perlu mengeluarkan uang jutaan rupiah demi mendapatkan gigi cling-clingala artis. Selamat mencoba dan semoga segera mendapatkan senyuman terbaikmu, Kawan Muda 😉