Bentuk mata dan wajah akan semakin cetar kalau alisnya on fleek. Tak heran jika banyak perempuan yang begitu ‘ribet’ perkara alis. Karena sekali salah atau tidak pas, penampilan bisa kacau meski penggunaan makeup lainnya sudah sempurna.

Bagi yang sudah memiliki alis yang ideal, mungkin merapikan alis jauh lebih mudah dilakukan. Bagaimana dengan yang beralis tipis atau berantakan,  dan mereka ingin alisnya rapi agar lebih enak dilihat?

Pasti butuh banyak latihan dan kesabaran untuk menemukan dan mendapatkan alis yang cocok karena membuat alis memang tidak mudah.

Kawan Muda mungkin pernah melakukan beberapa kesahalan saat membuat alis, mulai dari memilih warna yang salah, menggambar alis terlalu tebal sehingga wajah terlihat galak, gagal membuat lengkungan sempurna pada alis, mencukur alis berlebihan, hingga yang paling fatal seperti bentuk alis yang sebetulnya tak sesuai dengan wajah kamu.

Nah, kali ini Kita Muda akan berbagi cara membuat alis yang melengkung sempurna untuk pemula, agar kamu bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan saat membuat alis tadi. Yuk, langsung kita lihat langkah-langkahnya berikut ini 😉

Pertama-tama, rapikan dahulu rambut alis kamu dengan sikat khusus alis. Sisirlah ke bagian bawah agar bagian terluar alis terlihat jelas dan kamu lebih mudah membingkai alis atas. Oh ya, hal ini wajib dilakukan untuk semua alis ya, tak hanya yang beralis tebal saja.

cara membuat alis
Merapikan rambut dengan sikat khusus alis | via: zalebs.com

Nah, kalau alisnya sudah disisir, sekarang kita mengira-ngira lengkungannya. Gimana cara menentukan lengkungan alis yang tepat? Ambil kuas makeup atau pulpen. Posisikan kuas atau pulpen di sebelah cuping hidung seperti yang tampak pada gambar di bawah. Dari sini kamu akan tahu mana pangkal, lengkungan tertinggi, dan ujung alis yang pas untuk bentuk wajahmu 😉

cara membuat alis
Menentukan lengkungan untuk alis | via: journal.sociolla.com

Sebelumnya kan kamu sudah tahu posisi-posisi yang tepat untuk menggambar alis, sekarang kamu bikin deh bingkai alis sesuai dengan lengkungan tadi. Buat bingkai alis dengan pensil alis; mulailah dengan mengarsir tepi luar alis bagian atas, lanjutkan dengan membingkai alis bagian bawah.

cara membuat alis
Membuat garis atau bingkai alis | via: wikihow.com

Bingkai alis sudah dibuat, tinggal ‘mengisi’ bagian dalamnya, deh. Dengan pensil alis yang berwarna sama, arsirlah bagian dalam alis dengan perlahan mengikuti arah tumbuh rambut (kea rah atas).

cara membuat alis
Menggambar alis bagian dalam | via: beautyundercover.sg

Biar alis terlihat lebih natural dan tak terlalu pekat, terutama di bagian pangkal alis, kamu bisa mengaplikasikan foundation tipis-tipis di sekitar pangkal alis. Cukup kamu tap-tap sedikit agar tidak terlihat kaku garisnya.

cara membuat alis
Mengaplikasikan foundation di pangkal alis agar terlihat natural | via: Youtube Nikkie Tutorials

Tahap membuat alis selanjutnya adalah memberikan ilusi helaian rambut alis dengan maskara alis (usahakan yang bening ya agar sempurna). Ini cocok banget buat kamu yang alisnya tipis atau botak. Untuk yang beralis tebal, cara ini akan membuat alis tidak terlalu matte dan lebih natural.

cara membuat alis
Membuat ilusi helaian rambut dengan maskara bening | via: toofaced.com

Untuk menyempurnakan alis, selesaikan dengan concealer. Yup, buatlah garis lengkungan alis semakin rapi dengan concealer. Kalau ada rambut-rambut alis yang berantakan karena tidak dicukur juga bisa dirapikan dengan concealer.

cara membuat alis
Mengaplikasikan concealer agar alis lebih rapi | via: skatetheunicorn.blogspot.co.uk

Yuhu, itulah tadi 7 cara membuat alis yang mudah untuk pemula. Bagaimana? Enggak ribet, kan? Enggak butuh waktu berjam-jam juga kalau sudah hafal di luar kepala tahapan di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 😉