Mau senyum lebar, eh, gigi kuning. Tengsin, deh! Sudah sikat gigi berulang kali tapi warna kuningnya enggak hilang. Ups! Mungkin itu gejala karang gigi. Karang gigi terbentuk karena adanya penumpukan plak pada gigi. Kenapa plak-nya menumpuk? Ketika kamu jarang membersihkan gigi, sisa makanan yang tertinggal akan menempel di gigi dan menjadi plak. Plak yang berakumulasi akan membentuk karang yang membuat gigimu tampak kuning tadi.

Kalau sudah mengeras menjadi karang gigi dan kamu juga tak pernah ke dokter gigi secara berkala untuk membersihkannya, akan sulit menghilangkannya hanya dengan menggosok gigi.

Oleh karena itu, kamu harus segera ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi tersebut. Selain ke dokter gigi, ternyata ada cara membersihkan karang gigi sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

1. Cara membersihkan karang gigi dengan baking soda

cara membersihkan karang gigi
Cara membersihkan karang gigi dengan baking soda | via: brightside.me

Khasiat baking soda untuk kesehatan dan kecantikan memang tak perlu diragukan lagi, termasuk untuk membersihkan karang gigi. Yup, baking soda bahkan dinilai lebih efektif membersihkan karang gigi dibanding pasta gigi.

Untuk membersihkan karang gigi dengan baking soda yang kamu butuhkan hanyalah 1 sdm baking soda, sedikit garam, dan pasta gigi yang telah dibasahi. Campurkan baking soda dengan sedikit garam lalu usapkan ke ujung sikat. Gosok gigimu dengan sikat gigi yang telah diberi campuran baking soda dan garam tersebut.

2. Cara membersihkan karang gigi dengan lidah buaya dan glicerin

cara membersihkan karang gigi
Cara membersihkan karang gigi dengan lidah buaya dan glicerin | via: brightside.me

Lidah buaya tak hanya bagus untuk melembabkan kulit wajah, tetapi juga bisa mengangkat plak yang menyebabkan gigi kuning.

Kamu hanya perlu mengambil 1/2 sdt gel atau daging lidah buaya, campurkan dengan 2 sdm glycerin, 5 sdm baking soda, perasan jeruk lemon, dan 1 cup air. Sikat gigimu dengan campuran tersebut paling tidak tiga sampai empat hari dalam seminggu.

3. Cara membersihkan karang gigi dengan kulit jeruk

cara membersihkan karang gigi
Cara membersihkan karang gigi dengan kulit jeruk | via: brightside.me

Kulit jeruk jangan dibuang begitu saja karena bisa dimanfaatkan untuk membersihkan karang gigi. Caranya pun mudah, kamu hanya cukup mengusap-usapkan kulit jeruk di gigi selama 2 menit.

Jika sudah kumur-kumurlah dengan air. Lakukan cara ini 2-3 kali seminggu dan plak yang menyebabkan gigi kuning akan terangkat 😉

4. Cara membersihkan karang gigi dengan wijen

cara membersihkan karang gigi
Cara membersihkan karang gigi dengan wijen | via: brightside.me

Biasanya wijen digunakan untuk bahan masakan atau taburan di atas masakan. Namun siapa sangka kalau wijen bisa dimanfaatkan untuk membersihkan karang gigi. Bagaimana caranya?

Ambil segenggam wijen lalu kunyah selama beberapa menit. Jika sudah, muntahkan dan gosoklah gigi seperti biasa agar gigi bersih kembali (dan mengangkat sisa wijen tadi).

5. Cara membersihkan karang gigi dengan jus buah yang mengandung vitamin C

cara membersihkan karang gigi
Cara membersihkan karang gigi dengan jus buah yang mengandung vitamin C | via: brightside.me

Buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C memiliki kandungan antimicrobial yang mampu mengangkat bakteri atau kotoran penyebab plak. Nah, kamu bisa membuat pasta gigi alami dari campuran beberapa buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin C.

Misalnya pasta gigi dari campuran tomat, lemon, dan stroberi. Gosok gigimu dengan campuran tersebut selama 5-6 menit lalu kumur-kumur dengan air hingga gigi bersih kembali.

6. Cara membersihkan karang gigi dengan cuka

cara membersihkan karang gigi
Cara membersihkan karang gigi dengan cuka | via: brightside.me

Cara membersihkan karang gigi berikutnya adalah dengan menggunakan cuka. Kandungan asam asetat dalam cuka membantu mencegah demineralisasi email gigi sekaligus mencegah akumulasi karang gigi.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan hanya 2 sdm cuka, 1 sdm garam, dan setengah gelas air. Campurkan ketiga bahan tersebut lalu gunakan sebagai obat kumur. Untuk hasil maksimal, berkumurlah dengan air cuka sebanyak dua kali sehari.

Whoa, ternyata sangat mudah ya mengatasi gigi kuning akibat plak atau karang gigi. Biar makin pede pas senyum lebar,  buran diterapkan 6 tips di atas 😉

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *