9 Tips Mudah Memasak Pasta yang Sebenarnya Salah Kaprah!

1.706 views
via: keepo.me

Apakah Kawan Muda termasuk penggemar pasta? Jika iya, kamu tentu pernah dong memasak pasta sendiri di rumah, entah itu membuat spaghetti atau mac and cheese. Nah, biasanya sebelum memasak pasta, sebagian orang mungkin mencari tips and tricks di internet agar sukses mengolah pastanya.

Namun tahukah kamu, ternyata banyak lho life hacks memasak pasta  di internet yang ternyata enggak sepenuhnya benar. Misalnya nih, menambahkan garam pada air rebusan pasta agar airnya cepat mendidih atau membilas pasta dengan air dingin setelah dimasak.

Selain itu, masih banyak lagi nih tips keliru yang selama ini kita amini. Penasaran  apa saja? Yuk, simak ulasan Kita Muda di bawah ini.

1. Melemparkan pasta ke dinding untuk mengetahui tingkat kematangannya; jika nempel berarti udah matang. Hemm, ini keliru! Cara terbaik untuk mengetahui tingkat matang ya dengan mencicipinya. Karena pasta yang setengah mateng ya tetep bisa nempel di dinding :”)

via: keepo.me

2. Tahu enggak sih apa tujuan menambahkan garam di air rebusan pasta? Ternyata bukan untuk meningkatkan titik didih air, tetapi untuk memberikan rasa pada pastanya. Hemm….

via: keepo.me

BACA JUGA:


3. Katanya sih buruan cuci pasta yang baru matang dengan air dingin biar enggak lembek. Kenyataannya, pembilasan ini bisa menghilangkan kandungan pada pasta dan mengubah teksturnya yang halus, lho!

via: keepo.me

4. Ada juga nih yang menambahkan minyak di air rebusan pasta agar pastanya enggak lengket atau menempel. Padahal enggak ngaruh sama sekali, lho! Biar enggak menempel ya pastanya harus sering-sering diaduk.

via: keepo.me

5. Beberapa orang juga bilang, biar pastanya mateng lebih cepat, potong jadi dua bagian. Padahal, memotongnya menjadi dua bagian itu enggak membuatnya matang lebih cepat. Hanya mempermudah pasta masuk panci saja :”)

via: keepo.me

6. Katanya lagi, air rebusan pasta juga harus dijaga agar tetap mendidih. Tahu enggak sih, pasta hanya butuh dimasak 2 menit dalam air mendidih. Setelahnya hanya perlu direndam di air hangat saja agar lembut.

via: keepo.me

7. Ada yang menyarankan untuk memasak pasta dengan panci terbuka agar tak mengubah teksturnya. Padahal nih ya, memasak pasta dengan panci tertutup malah membuatnya cepat matang tanpa mengubah teksturnya sama sekali.

via: keepo.me

8. Setelah masak pasta, kita disarankan untuk meniriskan pasta sampai benar-benar kering sebelum nantinya disiram saus. Kenyataannya, cairan tepung yang masih tersisa di pasta bisa mengikat saus dan menciptakan tekstur yang lebih halus, lho…

via: keepo.me

9. Last but not least adalah mitos bahwa pasta harus dimasak dalam air asin. Ini memang metode yang umum digunakan, tapi enggak harus dimasak di air asin juga. Berbagai cairan digunakan untuk merebus pasta, seperti anggur merah untuk merubah warna.

via: keepo.me

Nah, sekarang Kawan Muda sudah tahu kan tips-tips mana saja yang keliru selama ini? Dari 9 tips di atas, mana nih yang sering banget kamu praktikkan?

Sumber: Keepo