Suka kesal enggak dengan teman yang suka kabur-kaburan atau kucing-kucingan kalau ngerjain tugas kampus atau kalau sudah menyangkut soal kerjaan? Sebenarnya agak jahat kalau kita memata-matai dia, tapi kalau sudah terlalu sering bikin alasan untuk mangkir, melacak lokasi orang tersebut lewat WhatsApp sepertinya harus dilakukan.

Ya, supaya kita tahu dia benar-benar pergi atau kalau perlu disamperin sekalian dan ditagih tugasnya. Nah, buat kamu yang pengin mencari lokasi orang melalui WhatsApp, Kita Muda akan kasih sedikit bocoran bagaimana cara mudahnya.

Eits, tapi ingat, jangan gunakan cara ini untuk mematai-matai gebetan, mantan, atau orang yang tidak dikenal, ya! Jangan pula menggunakan cara ini untuk tindak kejahatan lainnya.

Yuk, langsung saja simak ulasan Kita Muda tentang bagaimana cara mencari lokasi orang lewat WhatsApp berikut ini.

1. Kita akan melacak lokasi orang lewat WhatsApp dengan menggunakan fitur command prompt. Lewat fitur ini, kita bisa menelusuri alamat IP dan melacak lokasi yang sedang chatting denganmu. Pertama-tama tentu saja buka WhatsApp web dan kirimkan pesan ke orang yang ingin dilacak lokasinya. Pastikan orang tersebut membalas chat kamu.

Cara melacak lokasi orang lewat WhatsApp
Buka WhatsApp web dan kirimkan pesan ke orang yang ingin dilacak lokasinya | via: jalantikus.com

2. Jika sudah, tutuplah semua aplikasi yang tengah berjalan di PC/laptop kamu. Kamu bisa melakukannya melalui task manager dengan menekan Ctrl+Alt+Delete di keyboard. Hentikan aplikasi yang sedang berjalan kecuali WhatsApp web, ya.

Cara melacak lokasi orang lewat WhatsApp
Tutuplah semua aplikasi yang tengah berjalan di PC/laptop kamu | via: jalantikus.com

3. Kemudian tekan Win+R dari keyboard komputer kamu, ketikkan cmd dan tekan enter.

Cara melacak lokasi orang lewat WhatsApp
Tekan Win+R lalu ketikkan cmd dan enter | via: jalantikus.com

4. Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini dan ketikkan netstat lalu enter. Di situ akan muncul sederet alamat IP. Catat alamat IP yang ada di situ.

Cara melacak lokasi orang lewat WhatsApp
Kemudian ketikkan netstat dan enter | via: jalantikus.com

5. Untuk tracking alamat IP agar mengetahui lokasi sebenarnya, kamu hanya perlu copy-paste alamat IP tersebut di web IP Tracing and IP Tracking.

Cara melacak lokasi orang lewat WhatsApp
Salin alamat IP yang muncul lalu lacaklah lewat web IP Tracing and IP Tracking | via: ip-adress.com

Ternyata mudah banget kan melacak lokasi orang lewat WhatsApp? Kamu bisa mempraktikkan cara di atas untuk mencari teman yang kabur-kaburan saat ada banyak tugas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 😉