7 Cara Diet Efektif Buat Kamu yang Doyan Ngemil!

4.968 views
via: dailystar.co.uk

Enggak makan lapar, mau makan takut gendut. Hemm…

Salah satu masalah terbesar dalam hidup manusia, selain beban hidup dan masalah jodoh (hehe), adalah masalah berat badan! Yup, kelebihan berat badan benar-benar bikin hidup tambah berat.

Berbagai cara pun diterapkan untuk menurunkan berat badan, mulai dari mengurangi porsi makan hingga melewatkan waktu makan (entah itu enggak sarapan atau enggak makan malam).

Sayangnya, kok enggak ada perubahan yang berarti, ya? Nahan lapar bawaannya malah lapar terus. Tangan rasanya gatal pengin ambil camilan dan mulut rasanya pengin ngunyah. Kawan Muda pernah mengalami hal ini?

Nah, buat kamu yang pengin menurunkan berat badan tapi kesulitan karena kebiasaan ngemil yang susah dihilangkan, Kita Muda bakal kasih tips nih biar rencana dietmu enggak berantakan. Apa saja tips-nya?

1. Gunakan piring kecil saat makan.

via: fitnessandsporthouse.com

Menurut penelitian, piring yang terlihat penuh membuat orang merasa cukup makan. Dengan menggunakan piring kecil, kamu akan tersugesti bahwa piringmu sudah penuh. Kamu enggak akan berusaha untuk menambahkan makanan lagi di sana. Hal ini bisa membantu memangkas asupan kalori berlebih.


BACA JUGA:


2. Carilah karbohidrat yang mengandung banyak serat.

via: bestherbalhealth.com

Makanan yang mengandung serat tinggi membuatmu kenyang lebih lama. Ini bisa menjauhkanmu dari hasrat pengin ngemil atau pengin makan di luar jam makan. Coba deh ganti konsumsi nasi putih dengan beras merah atau gandum utuh.

3. Konsumsi dua gelas air sebelum makan. 

via: healthline.com

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kebiasaan minum air yang cukup sebelum makan bisa membantu mengurangi berat badan pada orang gemuk. Yup, seseorang akan merasa lebih kenyang karena sebelumnya telah minum dua gelas air sehingga menahan mereka agar tidak mengambil makanan dalam jumlah banyak.

4. Kurangi konsumsi makanan manis.

via: sbs.com.au

Gula adalah musuh utama kamu saat diet. Meskipun sulit banget melepaskan ketergantungan akan gula dan makanan manis, kamu bisa berhenti secara perlahan nih. Kamu bisa mengganti gula biasa dengan bahan pemanis alami (misalnya menggunakan daun stevia).

5. Perbanyak konsumsi protein.

via: danceinforma.com

Cara ini menjadi yang cukup ampuh untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan otot tubuh saat diet. Kawan Muda bisa mengonsumi makanan kaya protein seperti daging merah, ayam, dan susu.

6. Aktif bergerak.

via: roslinc.com

Percuma saja kalau kamu sudah mengurangi kalori, tapi enggak gerak atau enggak cukup beraktivitas yang membuat tubuh bergerak (terutama kamu yang kerjanya di depan komputer atau laptop terus ya!). Biar rencana menurunkan berat badan berhasil, coba deh curi-curi waktu di jam istirahan kantor untuk olahraga ringan seperti naik turun tangga, hindari lift, dan jalan-jalan di sekitar area kantor.

7. Tidur cukup di malam hari juga penting!

via: greatist.com

Ingin dietmu berhasil? Tidurlah yang cukup di malam hari. Menurut penelitian dari Columbia University, orang yang tidurnya kurang akan sulit menahan hasrat untuk ngemil atau makan. Kurang tidur juga membuat orang merasa lemas dan lelah, yang mendorong mereka untuk mengonsumsi sesuatu.

Nah, itulah 7 cara efektif menurunkan berat badan untuk Kawan Muda yang doyan ngemil. Selamat mencoba dan semoga acara dietmu kali ini berhasil, Kawan Muda 😉

Sumber: Kompas.com