Ngantuk tapi susah tidur? Ikuti 7 cara sederhana ini biar kamu cepat tidur!

11.014 views
via: greatist.com

Mata ngantuk, tapi pas sudah leyeh-leyeh di kasur ternyata enggak bisa tidur. Sudah setengah mati mata mencoba merem, tapi enggak ada efek. Ada sih saat-saat kita merasa sudah terlelap, eh tiba-tiba terjaga di malam hari. Kawan Muda pernah mengalami gejala-gejala seperti ini?

Kalau jawabannya iya, berarti kamu terkena insomnia alias gangguan susah tidur. Nah, penyebabnya bisa bermacam-macam Kawan Muda, mulai dari stress, kurang gerak, ruangan yang kurang nyaman, hingga pola makan.


BACA JUGA: Seni itu nggak ada habisnya! Fotografer ini menunjukkan kamar tidur orang dari penjuru dunia


Hemm, kalau sudah kena penyakit susah tidur begini pasti enggak nyaman banget, kan? Produktivitas terhambat dan tubuh jadi gampang sakit. Tapi sekarang kamu jangan khawatir, karena Kita Muda punya 7 cara sederhana untuk mengusir insomniamu. Yuk, langsung saja disimak!

1. Matikan lampu kamar saat tidur

via: netdoctor.co.uk

Jangan takut gelap-gelapan ya kalau kamu mengidap gejala susah tidur. Karena kamu akan lebih mudah tidur saat lampu dalam keadaan mati. Tidur tanpa cahaya lampu dapat meredakan dan meringankan stress. Selain itu, kondisi gelap saat tidur baik untuk mengontrol dan menstabilkan emosi.

Nah, karena salah satu penyebab insomnia adalah stress, dengan melakukan cara ini pikiranmu akan jauh lebih tenang dan bisa membantumu cepat tidur.

2. Gunakan bantal atau guling yang nyaman

via: huffingtonpost.com

Susah tidur bisa disebabkan karena kondisi ruangan yang enggak nyaman atau posisi tidurmu yang kurang enak. Untuk membuat dirimu nyaman, coba bersihkan kamarmu dan diposisikan dulu sedemikian rupa agar kasur kamu nyaman.


BACA JUGA: Perlu kamu tahu, ini lho alasan kenapa tidur miring ke kiri itu lebih baik


Susun bantal dan guling di posisi senyaman mungkin. Kalau kamu suka pakai bantal lebih dari satu tumpuk atau lebih suka menggunakan guling sebagai bantal ya lakukan seperti itu. Pokoknya, perlengkapan tidurmu harus dalam keadaan nyaman sehingga tak membuatmu “gelisah” dan tiba-tiba terbangun di tengah malam.

3. Minum susu atau air hangat satu jam sebelum tidur

via: shutterstock.com

Kalau kamu merasakan gejala susah tidur, coba biasakan untuk minum susu atau air hangat satu jam sebelum tidur, kenapa? Karena di dalam susu terdapat kandungan zat yang bernama triptofan, yaitu zat yang mampu berubah menjadi hormon melatonin yang dapat membuat tidur menjadi nyenyak di malam hari.

Ah, minum susu sebelum tidur bikin gemuk! Hemm, kalau kamu minum susu dalam keadaan sudah mengonsumsi kalori dalam jumlah berlebih sih jelas iya. Tapi kalau kamu mengonsumsinya dalam takaran yang tepat sih enggak bakal gemuk, kok.

4. Kenakan pakaian yang nyaman saat tidur

via: myhousecallmd.com

Selain ruangan yang harus nyaman seperti yang telah Kita Muda singgung di poin 2, pakaian yang kamu kenakan juga harus nyaman. Usahakan tidak memakai pakaian yang ketat atau banyak kancingnya karena itu akan membuatmu merasa terganjal.


BACA JUGA: Inilah hal-hal yang akan terjadi padamu jika kurang tidur


Kamu bisa memakai pakaian yang terbuat dari bahan katun dan longgar agar tubuhmu bisa bergerak senyaman mungkin.

5. Lakukan olahraga ringan sebelum tidur

via: nytimes.com

Hah? Sebelum tidur olahraga? Ada-ada saja!

Eits, jangan salah! Olahraga sebelum tidur memiliki banyak manfaat lho seperti tidur yang lebih nyenyak, bisa melancarkan peredaran darah, merilekskan otot-otot tubuh, dan membuat tubuh lebih bertenaga keesokan harinya.

Nah, kalau kamu merasa susah tidur, sempatkan untuk melakukan olahraga ringan selama sepuluh menit. Ehm, enggak perlu lari-lari ya, cukup lakukan beberapa gerakan pemanasan atau pendinginan saat olahraga.

6. Mandi air hangat agar badan jadi rileks

via: bodyodd.nbcnews.com

Selain membuat tubuh bersih dan segar, mandi air hangat bisa membuat pikiran lebih rileks. Air hangat juga menenangkan otot-otot dan membuatmu lebih santai.


BACA JUGA: Bagaimana posisi tidurmu? Yuk, cari tahu kepribadianmu dari posisi tidurmu sehari-hari!


Nah, saat nyeri-nyeri tubuh hilang dan pikiran rileks, kamu jadi lebih cepat tidur, kan?

7. Pakai selimut dan kaus kaki

via: theheartysoul.com

Saat kamu memakai selimut dan kaus kaki, tubuh otomatis jadi lebih hangat, kan? Kehangatan tersebut akan mendorong otak menghasilkan hormon serotonin yang bisa membuatmu lebih tenang. Hormon serotonin tadi kemudian berubah menjadi melatonin yang memberikan perintah pada tubuh agar kamu beristirahat total.