Belakangan ini kita semakin sering mendengar akun media sosial selebriti atau selebgram yang enggak bisa diakses gara-gara di hack orang iseng. Hemm, kadang kita berpikir ngapain sih para hacker itu niat banget nge-hack akun orang lain kalau enggak menghasilkan banyak keuntungan?!

Ya, meskipun menghasilkan keuntungan sekali pun, tindakan jahat seperti ini enggak boleh kamu tiru ya karena bisa merugikan orang lain! Balik lagi ke masalah nge-hack akun orang, nge-hack kan ribet karena harus berurusan dengan banyak kode atau cara yang enggak dipahami orang awam! Kok para hacker itu niat sampai segitunya ya?


BACA JUGA :


Usut punya usut nih, nge-hack media sosial orang terutama Facebook itu gampang banget! Siapa pun itu meski enggak ahli IT sekalipun bisa melakukannya, kenapa? Karena zaman sekarang semua data pribadi dari tanggal lahir sampai email kamu tulis di Facebook. Dan email yang tertera bisa dipakai untuk hack Facebook dengan metode lupa password!

Caranya pun enggak ribet dan biar bisa berjaga-jaga, begini caranya hack Facebook pakai metode lupa password dan bagaimana caranya melindungi akun Kawan Muda biar enggak di-hack, seperti yang dilansir dari Jalantikus.com.

1. Kalau ingin menggunakan metode hack “lupa password”, Kawan Muda harus tahu alamat email orang yang akan di-hack. Oh ya, kelemahan metode ini adalah kamu harus tahu detail informasi lain dari orang yang akan kamu hack.

via: jalantikus.com

2. Kalau sudah tahu, Kawan Muda langsung saja buka laman Facebook. Masukkan alamat email orang yang ingin kamu hack dan klik “Lupa kata sandi Anda?”

via: jalantikus.com

3. Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti ini. Nah, yang kamu klik adalah  “Tidak punya akses ke sini lagi?”.

via: jalantikus.com

4. Tuliskan email atau telepon yang bisa dihubungi oleh Facebook. Untuk berjaga-jaga nih, buatlah email baru dengan nama yang mirip dengan email yang akan kamu hack sebelumnya.

via: jalantikus.com

5. Selanjutnya, akan muncul pertanyaan keamanan seperti ini. Pertanyaan ini akan mudah dijawab kalau yang akan kamu hack adalah teman dekat atau seseorang yang kamu kenal. Hemm, tapi zaman sekarang jawaban seperti ini bisa diraba-raba meski kamu enggak kenal orangnya!

via: jalantikus.com

6. Kalau sudah, akan muncul tampilan seperti ini. Kawan Muda pilih tiga orang teman yang akan membantumu untuk masuk ke akun Facebook. Mereka ini akan mendapatkan kode yang harus dimasukkan di tahap selanjutnya.

via: jalantikus.com

7. Tahap berikutnya, Kawan Muda tinggal hubungi saja teman-teman yang tadi kamu pilih dan minta kode keamanan yang dikirim Facebook ke mereka. Masukkan kodenya dan taraa…kamu berhasil deh masuk ke akun orang lain.

via: jalantikus.com

Whoa, gampang banget kan caranya?!? Duh, jadi seram ya kalau tiba-tiba ada orang terdekat atau kenalan yang membobol Facebook Kawan Muda! Eits, tapi kamu enggak perlu khawatir, karena ada beberapa langkah mudah untuk mengamankan akun Facebook dari metode hack ini.

1. Pakailah email yang berbeda antara email Facebook dan email pribadi. Tujuannya ya menghindari teman dekat menggunakan email tersebut untuk percobaan hack.

via: tsl.texas.gov

2. Nah, di informasi kontak pada profil Facebook, tertulis  alamat email yang kamu gunakan dan semua orang bisa melihatnya. Untuk meminimalisir serangan hacker, sembunyikan saja alamat email di Facebook.

via: jalantikus.com

3. Pertanyaan keamanan sering diremehkan karena banyak yang mengira mereka tidak akan mungkin lupa password atau beberapa memilih pertanyaan yang mudah agar enggak lupa. Padahal, ini rawan diserang hacker, lho. Karena itulah, saat memilih pertanyan keamanan pastikan menggunakan jawaban yang sulit. Bukan yang benar-benar tampak dari keseharian kamu. 

via: dadanpurnama.com

4. Langkah selanjutnya, ada baiknya Kawan Muda mempelajari lebih jauh metode pemulihan akun Facebook lewat teman. Kawan Muda bisa memilih tiga teman yang bisa dihubungi Facebook saat akun kamu dibobol. Pastikan mereka adalah teman-teman terdekat yang bisa Kawan Muda percaya, ya!

via: jalantikus.com

Itulah beberapa informasi tentang pembobolan akun Facebook dengan metode “lupa password” dan cara untuk menghindari serangan tersebut.

Ingat, jangan gunakan artikel ini untuk mencari keuntungan pribadi atau merugikan orang lain ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kawan Muda 🙂