Marak HP KW, Begini Cara Cek Keaslian HP Samsung dan Xiaomi

1.445 views
Cara cek HP palsu atau asli
via: littleboyreports.com

Keberadaan smartphone murah terbaik memang semakin menjamur di pasaran. Namun, Kawan Muda jangan terlena dengan harga yang murah tersebut. Sebaiknya berhati-hati dan lebih selektif saat akan membeli smartphone, baik baru maupun smartphone bekas. Karena banyak sekali produk smartphone KW atau tiruan yang bertebaran.

Apalagi jika kamu memutuskan untuk membeli smartphone baru dari dua vendor yang sedang naik daun seperti Samsung dan Xiaomi. Jangan mudah terkecoh harga murah atau penampilan yang menawan, kamu harus memeriksa dengan saksama komponennya.

Di artikel kali ini, Kita Muda akan kasih tahu cara mudah cek HP Samsung dan Xiaomi palsu atau asli. Siapkan smartphone kamu dan mari kita lihat apakah itu asli atau tiruan. Semoga 100 persen asli, ya!

Cara cek HP Samsung palsu atau asli

Sebagai salah satu brand smartphone kenamaan, produk Samsung kerap kali dipalsukan dan ini tentu saja meresahkan para pembeli. Tak hanya smartphone yang kelas menengah yang dipalsukan, versi high-end-nya pun dibuat replikanya.

Sedih banget kan, kalau beli ponsel canggih yang ternyata KW? Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah cara-cara memeriksa keaslian HP Samsung.

Cara I: Cek build quality

Cara cek HP palsu atau asli
Cara cek HP Samsung palsu atau asli lewat build quality | via: mobilefun.co.uk

Sebelum datang ke galeri atau toko yang menjual HP, pastikan kamu sudah mengantongi informasi lengkap terkait smartphone yang akan dibeli. Yup, ada baiknya kamu melakukan riset dengan mengunjungi situs resmi Samsung  (atau situs pengulas lain) dan membaca baik-baik spesifikasinya mulai dari prosesor hingga kualitas fisiknya (tampilan luarnya).

Biasanya, smartphone yang tiruan itu bentuknya kurang sempurna. Ini bisa dilihat dari letak tombol yang tak sempurna, layarnya yang tidak seimbang, atau logo Samsung asli yang ada di bagian depan biasanya tidak timbul dan saat diraba tidak terasa kasar.

Cara II: Cek nomor IMEI

Cara cek HP palsu atau asli
Cara cek HP Samsung palsu atau asli lewat nomor IMEI | via: jalantikus.com

Samsung tiruan memang dilengkapi dengan kode IMEI, tapi kamu bisa memeriksa keaslian kode IMEI tersebut. Bisa saja kan, kodenya hanya asal ambil lalu ditambahkan di kardusnya. Agar kamu tidak tertipu, langsung saja mengecek IMEI-nya di situs database IMEI dengan menekan *#06# dari smartphone Samsung kamu atau kunjungi situs imei.info.

Kamu juga bisa mengecek kode IMEI dengan membuka menu setting => About Phone => IMEI/IMEI Information.

Cara III: Cek kode tes Samsung

Cara cek HP palsu atau asli
Cara cek HP Samsung palsu atau asli lewat kode tes Samsung | via: jalantikus.com

Tahu enggak kalau Samsung ternyata punya kode-kode tertentu untuk menjamin keasliannya? Jika kode tersebut tidak bisa di-dial di smartphone kamu, itu tandanya smartphone tersebut palsu! Lantas, kode-kode rahasia apa saja yang bisa membuktikan keaslian HP Samsung?

  1. Knowing SW Version, PDA, CSC, and Modem: *#1234# or *#9999#
  2. Samsung SW & HW Info: #12580369#
  3. Samsung General Test mode: #0#
  4. Samsung Service Mode: *#197328640#
  5. Samsung ADC Reading: *#0228#
  6. Samsung Bluetooth Test Mode: *#232331# or #7828#
  7. Samsung Bluetooth Address: *#232337#
  8. Samsung Ciphering Information: *#32489#
  9. Samsung Battery Status/Memory: #9998246#

Cara IV: Menggunakan aplikasi PhDoctor

Cara cek HP palsu atau asli
Cara cek HP Samsung palsu atau asli lewat aplikasi PhDoctor | via: jalantikus.com

Selanjutnya ada aplikasi PhDoctor yang bisa melacak keaslian perangkat yang kamu gunakan. Kamu tinggal download dan install aplikasi tersebut di HP, lalu buka aplikasi dan pilih menu Refurbishment. Nantinya akan muncul dialog box yang menginformasikan keaslian HP kamu. Aplikasi ini juga bisa mengecek nomor IMEI HP.

Cara cek HP Xiaomi palsu atau asli

Xiaomi memang menawarkan smartphone murah berkualitas. Itulah mengapa banyak sekali konsumen yang tertarik dan ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk dengan memalsukan smartphone Xiaomi.

Cukup miris ya smartphone dengan harga terjangkau dipalsukan? Agar tak menjadi korban janji manis smartphone KW, yuk cari tahu bagaimana cara mendeteksi HP Xiaomi palsu atau asli.

Cara I: Verifikasi nomor IMEI

Cara cek HP palsu atau asli
Cara cek HP Samsung palsu atau asli dengan verifikasi nomor IMEI | via: jalantikus.com

Sama halnya dengan mengecek keaslian HP Samsung, kamu bisa melihat keaslian HP Xiaomi melalui nomor IMEI-nya. Kamu bisa melihat nomor IMEI di kardus HP atau di stiker yang ada di belakang HP.

Karena sekarang para pemalsu juga makin lihai  memasang kode IMEI, kamu bisa mengunjungi situs resmi Xiaomi, lalu ketikkan nomor IMEI yang tertera di kardus HP untuk mengecek keasliannya.

Cara II: Verifikasi security code

Cara cek HP palsu atau asli
Cara cek HP Samsung palsu atau asli dengan verifikasi nomor IMEI | via: jalantikus.com
Cara cek HP palsu atau asli
Cara cek HP Samsung palsu atau asli dengan verifikasi nomor IMEI | via: jalantikus.com

Selain  nomor IMEI yang menempel di kardus atau bagian belakang HP, Xiaomi ternyata melengkapi produknya dengan security code. Kamu bisa verifikasi security code tersebut di situs resmi Xiaomi untuk mengecek keasliannya.

Sebagai konsumen tentu kita berharap mendapatkan smartphone yang diidamkan. Akan tetapi, jangan biarkan keinginan kita memiliki smartphone baru menjadi membutakan. Tetap selektif dalam memilih dan pastikan untuk riset terlebih dahulu sebelum memberi gadget apa pun.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya, Kawan Muda 😉