7 ramuan sederhana dan alami untuk atasi komedo yang membandel

84.062 views
via: brightside.me

Wajah bersih dan mulus tentu menjadi dambaan semua orang—terutama kaum perempuan. Keberadaan komedo baik komedo hitam maupun komedo putih di sekitar area hidung, mata, pipi pasti mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri, kan?

Nah, biar kamu enggak bergidik sendiri—dan enggak membuat orang lain bergidik—gara-gara akumulasi komedo di wajah, Kita Muda punya tips ampuh nih yang bisa Kawan Muda praktikkan di rumah. Daripada berlama-lama, mari langsung disimak tips-nya dan buktikan sendiri 🙂


BACA JUGA :


1. Usir komedo membandel dengan ramuan sederhanya yang terbuat dari campuran lemon, madu, dan gula.

via: brightside.me

Ini adalah cara yang paling sederhana untuk menghilangkan komedo nakal yang bersarang di wajah. Pertama-tama kamu iris dulu lemon menjadi dua bagian. Nah, pada bagian atas daging lemon yang sudah dibelah tadi kawan muda beri madu lalu taburi dengan gula.

Kalau sudah, Kawan Muda tinggal mengusapkannya secara perlahan di wajah dengan gerakan melingkar. Lakukan hal ini secara rutin minimal 2 atau 3 kali seminggu.

2. Komedo juga bisa diatasi dengan petroleum jelly dan plastik wrap, lho!

via: brightside.me

Petroleum jelly, ini adalah semacam pelembab yang berbentuk gel dengan warna putih bening. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di drugstore atau toko kosmetik.Nah, menghilangkan komedo dengan petroleum jelly ini caranya gampang banget.

Cukup oleskan petroleum jelly di bagian wajah yang ingin dihilangkan komedonya (usahakan setelah mandi karena saat itu pori-pori sedang terbuka). Lalu letakkan plastik wrap di bagian yang telah diolesi petroleum jelly tadi.

Setelah itu, taruh handuk panas di bagian yang telah diberi plastik wrap dan biarkan sebentar. Kalau sudah, kamu tinggal melepas plastik wrap tersebut.

3. Campuran kayu manis dan oatmeal terbukti ampuh untuk atasi komedo.

via: brightside.me

Untuk membuat masker kayu manis dan oatmeal ini, Kawan Muda harus menghaluskan oatmeal terlebih dahulu hingga berbentuk tepung. Setelah itu campur dengan bubuk kayu manis (dengan takaran yang sama).

Tambahkan sedikit air hangat dan aduk hingga merata. Kalau sudah, masker tinggal dioleskan merata di wajah dengan gerakan melingkar. Diamkan selama satu menit lalu bilas sampai bersih dengan air dingin. Biar komedo enggak kembali bersarang, lakukan hal ini secara rutin setiap satu minggu sekali, ya.

4. Masker arang aktif dan clay juga bisa kamu coba tuh untuk mengangkat komedo.

via: brightside.me

Masker ini terbuat dari campuran ½ sdt bubuk arang aktif, 1 sdt green clay, dan ½ sdt air hangat. Nah, untuk mengaplikasikannya di wajah, gunakan sponge atau brush ya. Kalau Kawan Muda rutin melakukan ritual ini 2 atau 3 kali seminggu, dijamin deh wajah kamu akan terbebas dari komedo membandel.

5. Trik ampuh selanjutnya adalah gunakan masker yang terbuat dari ampas kopi dan minyak kelapa.

via: brightside.me

Pertama-tama campurkan ½ cup minyak kelapa (yang sebelumnya sudah dihangatkan terlebih dahulu di microwave) dengan ½ cup ampas kopi. Setelah itu usapkan masker di wajah secara perlahan dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 5 menit lalu bilas bersih dengan air dingin.


BACA JUGA : 8 manfaat menakjubkan ampas kopi untuk kehidupan sehari-hari. Jangan buru-buru membuangnya ya!


Kalau ada sisa masker, kamu bisa menaruhnya di cetakan seperti gambar di atas dan menyimpannya di freezer. Biar komedo ogah bersarang, Kawan Muda kudu dan wajib maskeran seminggu sekali, ya!

6. Komedo juga bisa dibersihkan dengan masker yang terbuat dari campuran oatmeal, madu, yogurt, dan minyak zaitun.

via: brightside.me

Cara ampuh berikutnya adalah menggunakan masker alami yang terbuat dari campuran ¼ cup oatmeal, 2 sdt yogurt, 2 sdt madu, dan 2 sdt minyak zaitun. Usapkan masker tersebut di wajah, pijat perlahan selama 1—2 menit baru deh dibilas dengan air hangat. Mudah banget kan?!

7. Atau kamu bisa membuat scrub dari campuran gula, madu, minyak zaitun, dan vanilla extract.

via: brightside.me

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat masker ini adalah ¼ cup gula pasir putih, ¼ cup brown sugar, ¼ cup minyak zaitun, 1 sdm madu, dan ½ sdt vanilla extract. Campur bahan-bahan tersebut hingga merata lalu usapkan pada bagian yang berkomedo. Diamkan selama 5—7 menit lalu bilas dengan air hangat.

***

Selain tips menghilangkan komedo di atas, kamu juga bisa baca artikel tentang tips foto biar kelihatan langsing atau artikel tips menarik lainnya di Kita Muda Tips.

Semoga bermanfaat 🙂