Memiliki tubuh yang ideal, tubuh dengan berat badan yang pas dan tinggi semampai, mungkin menjadi idaman sebagian besar orang.

Meskipun berat badan sudah ideal, kalau tinggi badan masih dirasa kurang, rasanya โ€˜tergodaโ€™ saja untuk menambah tinggi. Apalagi kalau Kawan Muda berniat untuk berkarir di bidang yang mensyaratkan tinggi badan minimal, seperti militer, pramugari/pramugara, dan modeling.

Sedih kan kalau enggak bisa mengejar karir impian hanya karena tinggi badan enggak sesuai? Masalahnya, beberapa dari kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara menambah tinggi badan di usia 20 tahun?!? Masih mungkin enggak, sih? Kan masa pertumbuhan sudah lewat?

Menurut ahli, penambahan tinggi badan di atas usia 20an ternyata masih memungkinkan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat pada tulang panjang masih terbuka. Nah, hal ini bisa diketahui melalui foto rontgen di beberapa area tulang.

Kalau kondisi lempeng pertumbuhan masih terbuka, Kawan Muda bisa nih melakukan kebiasaan tertentu untuk memadatkan tulang tersebut (dan proses ini baru berhentu saat Kawan Muda berusia 35 tahun).

Lantas, kebiasaan apakah yang bisa dilakukan sebagai cara menambah tinggi badan secara drastis dan efektif di usia 20-an? Simak ulasan Kita Muda berikut ini ๐Ÿ˜‰

1. Minum susu dengan kalsium tinggi minimal 2 kali sehari

Minum susu dengan kalsium tinggi minimal 2 kali sehari | via: mortonsdairies.co.uk

Kita semua tahu bahwa susu mengandung kalsium tinggi yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Nah, jika ingin menambah tinggi badan, kamu harus rajin mengonsumsi susu berkalsium tinggi. Kalau biasanya hanya segelas saja per hari-nya, coba deh ditambah porsinya.

2. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih | via: indianexpress.com

Selain porsi susu kalsiumnya ditambah, pastikan kamu juga mengonsumsi banyak air putih. Enggak perlu minum segalon juga, tapi pastikan konsumsi air minum per harinya cukup (sesuai dengan berat tidaknya aktivitas kamu).

Memang apa sih kaitan air putih dengan tinggi badan? Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, proses pertumbuhan akan berlangsung dengan baik. Selain itu, air juga mengeluarkan racun dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Konsumsi makanan ynag mengandung kalsium dan nutrisi tinggi

Konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan nutrisi tinggi | via: indianexpress.com

Cara menambah tinggi badan secara alami adalah dengan memperhatikan makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Yup, konsumsilah makanan sehat yang kaya akan kalsium dan vitamin D, seperti bayam, kubis, ikan, jamur, brokoli, salmon, dan kacang-kacangan.

Nah, untuk mengimbangi kebutuhan nutrisi, Kawan Muda bisa mengonsumsi makanan yang kaya protein dan lemak, seperti daging ayam tanpa lemak, daging merah, tempe, dan tahu.

4. Tidur cukup dengan posisi tidur yang baik

Tidur cukup dengan posisi tidur yang baik | via: gosocial.co

Ternyata nih, jumlah waktu tidur akan berpengaruh pada pertumbuhan tulang dan tinggi badan. Dengan tidur yang cukup, tubuh akan tumbuh dan meregenerasi jaringan. Nah, otak kita akhirnya akan melepaskan hormon pertumbuhan manusia (HGH).

Ketika kita kurang tidur, ini akan berpengaruh pada produksi HGH yang juga berdampak pada tumbuh kembang tubuh. Oh ya, pastikan juga posisi tidur kamu benar. Posisi yang benar itu seperti apa, sih? Usahakan tidur telentang, yakni wajah menghadap atas, kaki lurus tanpa memeluk guling, dan tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

5. Olahraga secara teratur, terutama olahraga stretching untuk meregangkan otot

Olahraga secara teratur, terutama olahraga stretching untuk meregangkan otot | via: livestrong.com

Olahraga bisa dibilang menjadi salah satu cara paling efektif untuk menambah tinggi badan. Beberapa latihan yang efektif untuk menambah tinggi badan seperti stretching atau gerakan peregangan, gerakan yoga termasuk ke dalam gerakan peregangan.

Selain stretching, Kawan Muda bisa berenang minimal sekali dalam seminggu, basket, lompat tali atau skipping, dan latihan menendang.

6. Usahakan postur tubuhmu tegak, jangan kebanyakan membungkuk

Usahakan postur tubuhmu tegak, jangan kebanyakan membungkuk | via: researchgate.net

Salah satu yang membuat badan kita terlihat pendek adalah kebiasaan menerapkan postur yang enggak sehat, seperti berjalan membungkuk atau duduk dengan posisi bungkuk. Selain membuat tubuh kita tampak tidak ideal, postur seperti ini bisa menyebabkan pertumbuhan tulang terganggu.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang latihlah kebiasaan postur tubuh yang baik dengan mengurangi berjalan membungkuk atau duduk membungkuk :โ€)

7. Hindari kebiasaan yang kurang sehat

Hindari kebiasaan yang kurang sehat | via: healthgoesup.com

Kebiasaan kurang sehat tanpa disadari menjauhkan kamu dari tinggi badan ideal. Misalnya, sering makan junkfood, merokok, minum minumam beralkhohol. Hal-hal tersebut akan menghambat pertumbuhan tinggi badan.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa Kawan Muda terapkan jika ingin mendapatkan tinggi badan ideal. Bagaimana, sudah siap melakukan hal-hal di atas dengan disiplin dan konsisten? Selamat mencoba, Kawan Muda ๐Ÿ˜‰