5 Cara Alami Menghilangkan Ketombe di Rambut

558 views
berketombe
Foto : sehatplan.com

Ketombe. Kemunculan salju putih menyebalkan ini dapat disebabkan karena banyak hal. Nggak cocok sama shampoo, stress, dan lain-lain. Apapun penyebabnya, ketombe ini seringnya bikin gatal.

Masalahnya, gatalnya nggak seberapa. Malunya itu lho. Apalagi kalau sampai berjatuhan di baju. Duh, tengsin!

Kawan Muda, apakah kamu satu di antara jutaan umat manusia di bumi yang mengalami ketombe-an di rambut? Kalau iya, kita cari solusinya bareng-bareng yuk. Intip tips cara menghilangkan ketombe secara alami berikut ini.

1. Perbanyak Konsumsi Telur

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur
via: luxurybeautymakeup.com

Kita tahu kalau telur banyak manfaatnya. Salah satunya adalah dapat mencegah munculnya ketombe. Soalnya, telur mengandung vitamin B dan tinggi protein yang bisa memperkuat rambut.

Kamu juga bisa diet seimbang dengan makan telur serta makan makanan yang mengandung omega 3, seng, asam lemak, vitamin E dan B. Batasi pula makanan yang banyak mengandung ragi dan gula, karena itu dapat memicu munculnya ketombe.

2. Madu dan Garam

Beri ‘makanan’ ke rambutmu dengan bahan makanan alami bergizi tinggi seperti madu dan garam. Dua bahan dapur ini bisa kamu pakai sebagai masker rambut.

Campurkan madu, garam, air, dan oleskan ke rambut secara merata. Pijat-pijat kepalamu dan diamkan selama kurang lebih tiga jam. Lakukan secara rutin minimal 2 minggu sekali dan ketombe akan perlahan hilang.

3. Lidah Buaya

Cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya
lidah buaya | via: hindustantimes.com

Sudah bukan rahasia umum kalau lidah buaya sangat baik untuk kesehatan rambut. Lidah buaya punya kandungan protein dan vitamin A. Selain membuat rambut makin tebal, lidah buaya juga bisa mencegah datangnya ketombe.

Lebih baik gunakan lidah buaya alami, bukan yang kemasan, untuk mengoleskannya pada permukaan kepala. Oleskan secara merata dan tunggu selama 30 menit.

Alternatifnya, kamu juga bisa memilih conditioner berbahan lidah buaya. Penggunaan conditioner yang bagus dapat menghilangkan ketombe yang membandel. Ingat, conditioner jangan dioleskan ke kulit kepala ya, cukup permukaan rambut saja.

Bim salabim, ketombe hilang setelah kamu sabar dalam merawat rambutmu!

4. Daun Sirsak

Tumbuk beberapa helai daun sirsak hingga halus dan gunakan ini sebagai masker. Campurkan sedikit air. Lalu oleskan secara merata ke kulit kepala dan rambut lalu diamkan selama 30 menit.

Selain melakukan perawatan ekstra ini, kamu juga harus rutin keramas. Minimal 2 hari 1x. Keramas teratur dapat membuat kulit kepala bersih dari jamur dan minyak.

5. Jeruk Nipis

cara menghilangkan ketombe
Jika digunakan secara teratur, jeruk nipis sangat efektif mengilangkan ketombe | via: stylecraze.com

Paling gampang nih, pakai jeruk nipis campur air dan resapkan ke rambut. Lalu bilas hingga bersih dan ulangi sampai ketombe berkurang.

Kamu juga bisa menggunakan sampo dengan kandungan tree tea oil. Tree tea oil memiliki kandungan minyak esensial sebagai antiseptik alami, obat anti jamur untuk rambut.

Tentunya, bahan alami apa yang berhasil di rambut setiap orang beda-beda ya, Kawan Muda. Sebab karakter kulit kepala pasti berbeda, ada yang berminyak, normal, atau rambut terlalu kering.

Biasanya, ketombe cenderung muncul pada kulit kepala berminyak. Minyak tersebut menjadi sel-sel kulit mati hingga membuat serpihan warna putih bernama ketombe.

After all, semoga cara alami menghilangkan ketombe ini bisa berhasil di kamu ya!