Insomnia? Ini 6 Cara Cepat Tidur yang Efektif dan Mudah

Sering mengalami insomnia? Kira-kira kenapa sih, Kawan Muda? Apa karena sedang jatuh cinta? Lembur? Kebanyakan minum kopi? Atau… mikir tagihan utang? :p

Insomnia tuh sebenarnya nggak enak ya, asli. Tubuh kita butuh istirahat, mata pengin merem, tapi rasa kantuk nggak juga datang. Hm, kalau kamu sering mengalami ini ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter deh.

Kalau enggak, coba terapkan beberapa cara cepat tidur yang efektif dan gampang banget seperti berikut ya!

1. Matikan gadget

tips tidur nyenyak di malam hari
via: makeuseof.com

Poin pertama dan common problems saat ini yang sering banget terjadi adalah nggak tidur-tidur gara-gara mainan hp. Padahal udah bales semua pesan, notifikasi juga udah dilihat semua, tapi kamu ketagihan scrolling.

Duh, kalau dibiarin terus-terusan ini bisa gawat lho! Apalagi kalau udah kecanduan game. Lebih baik, matikan gadget apapun itu sebelum tidur. Biar pikiranmu bisa rileks dan rasa kantuk akan datang dengan sendirinya.

Pada beberapa orang, juga lebih nyaman mematikan lampu sekalian. Atau pakai lampu tidur. Biar kamu langsung terlelap, nggak kepikiran apa-apa.

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat bisa membuat tubuhmu rileks. Otot-otot yang tadinya kaku jadi luwes. Bawaannya badan jadi enteng dan segar.

Selain bikin gampang tidur, mandi air hangat di sore hari menjelang malam juga sangat baik untuk kesehatan lho. Asal pas badanmu lagi fit ya.

3. Perhatikan jenis makanan

Adalah diet tinggi lemak dan rendah protein serta karbohidrat
makanan tinggi karbohidrat | via: yahoo.com

Nih, biasanya penyebab susah tidur adalah kamu salah dalam memilih makanan khususnya di beberapa jam sebelum tidur. Hindari makanan berlemak tinggi, karena tubuhmu akan bekerja keras untuk memecah lemak. Sehingga kamu bakal jadi susah tidur.

Lebih baik, konsumsi makanan berkarbohidrat. Karbohidrat mampu membuatmu kenyang dan meningkatkan kadar hormon tryptophan yang memicu rasa kantuk untuk segera tidur.

4. Lakukan latihan pernapasan

Cara cepat tidur yang satu ini sering digunakan oleh psikolog atau dokter untuk membantu pasien yang insomnia. Caranya, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang napas pelan-pelan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi pola ini sebanyak empat kali.

5. Tidur di jam yang sama setiap hari

Usahakan punya alarm atau waktu khusus sendiri untuk memulai rebahan di kasur dan berselimut jam berapa. Coba patuhi jadwal tidurmu. Dengan demikian, kamu akan terbiasa tidur tepat waktu dan tubuhmu mau nggak mau akan ‘nurut’ untuk ikutan ngantuk.

6. Jangan overthinking!

berpikir
via : huffingtonpost.com

Last but not least, nggak usah overthinking! Mikir apa sih? Hidup dibawa rileks aja, Kawan Muda. Percayalah pasti selalu ada jalan keluar di setiap masalah. Dan Tuhan selalu ada bersamamu. So, tidurlaah~

Oh ya! selalu ingat untuk berdoa sebelum tidur. Cuci kaki dan tanganmu, gosok gigi, plus night skin care routine buat cewek-cewek nih jangan sampai lupa. Semoga tips cepat tidur ini membantu ya. Sleep tight!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *