Calon Istri dan Ibu Muda, Sudah Tahu Belum kalau 5 Sayuran Ini Jauh Lebih Sehat jika Dimasak Terlebih Dahulu?

Beberapa tahun terakhir, di masyarakat tengah berkembang tren makanan “raw food”. Mereka yang mengikuti tren ini beranggapan bahwa makan sayuran mentah lebih menyehatkan dibanding sayuran yang telah melalui proses pemasakan. Tak bisa dipungkiri, hal ini memang benar adanya. Namun, sejumlah ahli gizi juga mengungkapkan bahwa enggak semua jenis sayuran lebih bernutrisi saat dimakan mentah.

Yup, ada beberapa sayuran yang justru menyehatkan jika dimasak terlebih dahulu. Proses pemasakan bisa memecah dinding sel sayuran yang keras sehingga nutrisi lebih mudah diserap. Nah, kira-kira sayuran apa saja sih yang masuk golongan ini? Yuk, kita intip daftarnya berikut ini.

1. Wortel

sayuran yang harus dimasak
via: rd.com

Sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2002 mengungkapkan bahwa kandungan beta karoten pada wortel meningkat saat melalui proses pemasakan. Nah, beta karoten ini adalah kandungan dalam wortel yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan penglihatan dan kulit. Selain itu, wortel yang dimasak kaya akan karotenoid yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

2. Tomat

sayuran yang harus dimasak
via: rd.com

Menurut studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, tomat mentah memiliki dinding sel yang tebal sehingga kadar likopen sulit diserap oleh tubuh. Karena itulah, tomat harus dimasak terlebih dahulu agar tubuh mampu menyerap likopen yang ada di dalamnya.


BACA JUGA:


3. Bayam

sayuran yang harus dimasak
via: rd.com

Bayam mentah kaya akan asam oksalat yang bisa mengikat kandungan zat besi dan kalsium sehingga tubuh sulit menyerapnya. Nah, biar zat ini enggak mengikat kalsium dan zat besi pada bayam, kamu harus memasaknya terlebih dahulu. Oh ya, kandungan zat besi juga meningkat saat bayam melalui proses pemasakan.

4. Asparagus

sayuran yang harus dimasak
via: rd.com

Di dalam asparagus terdapat kandungan polifenol yang memiliki sifat antioksidan sehingga bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Nah, kandungan polifenol dalam asparagus ini akan meningkat saat dimasak.

5. Jamur

sayuran yang harus dimasak
via: rd.com

Ketika dipanaskan, jamur akan mengeluarkan protein, mineral, dan vitamin. Itulah sebabnya kamu dianjurkan memasaknya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Nah, itulah 5 jenis sayuran yang lebih menyehatkan jika dimasak. Makan raw food memang sehat, tapi kamu juga harus tahu mana bahan makanan yang baik dikonsumsi saat mentah dan mana yang enggak boleh.

Semoga tips di atas bermanfaat, ya 😉

Sumber: Prevention

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *