Bye-bye lengan bergelambir! 5 olahraga ringan untuk kencangkan lengan yang bisa dilakukan di rumah.

14.201 views
via: brightside.me

Lengan bagian atas merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi tempat “favorit” berkumpulnya lemak. Biasanya, penumpukan lemak terjadi karena penuaan atau kurangnya aktivitas fisik sehingga membuat lengan tampak menggelambir.

Duh, siapa sih yang enggak risih dengan lengan bergelambir? Selain enggak baik untuk kesehatan, keberadaanya tuh bikin orang jadi kurang pede. Apalagi buat Kawan Muda yang cewek-cewek, lengan bergelambir pasti bencana banget kan buat penampilan?


BACA JUGA : Rawat kesehatan kulitmu dengan 7 cara mudah ini!


Nah, untuk mengecilkan dan mengencangkan lengan bergelambir, Kawan Muda bisa melakukan 5 olahraga ringan yang fokus pada penguatan otot trisep dan bisep ini.

Eits tenang, bukan latihan berat kok dan pastinya enggak menggunakan alat sama sekali. Yuk, dicoba.

1. Gerakan memutar kedua lengan

via: top10homeremedies.com

Cara melakukannya:

  • Pertama, ambil posisi berdiri tegak dengan kaki sedikit dibuka. Lalu, rentangkan kedua tangan ke samping sejajar bahu. Pastikan kedua tanganmu mengepal erat ya, Kawan Muda.
  • Putar kedua kedua tangan ke depan dan ke belakang dengan cepat sebanyak 20 hitungan. Kemudian istirahatkan tanganmu selama 15 detik.
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 10—15 kali.

2. Gerakan seperti gunting

via: top10homeremedies.com

Cara melakukannya:

  • Kamu harus berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu dan rentangkan kedua lengan ke samping sejajar bahu.
  • Kemudian, geser kedua tangan ke depan sampai menyilang seperti membentuk huruf “x”. Setelah itu kembali ke posisi semula (lengan direntangkan ke samping) dan silangkan kedua tangan kembali membentuk huruf “x”. Lakukan keduanya secara bergantian sebanyak 20 kali.
  • Istirahatkan sejenak lengan Kawan Muda selama 10—15 detik, lalu ulangi gerakan ini dengan cepat sebanyak 10—20 kali.

3. Gerakan “Namaste” terbalik

via: top10homeremedies.com

Cara melakukannya:

  • Pertama ambil posisi berdiri tegak dengan lengan lurus ke atas kepala.
  • Bawa (tekuk) kedua lenganmu ke belakang kepala, dengan telapak tangan mengatup seperti posisi namaste. Dengan posisi seperti ini ayun-ayunkan lenganmu ke atas dan ke bawah dengan cepat sebanyak 20 kali.
  • Ambil posisi rileks selama 15 detik dan lakukan kembali rangkaian gerakan ini dari awal sebanyak 10—15 kali.

4. Gerakan mendorong dan meregangkan siku

via: top10homeremedies.com

Cara melakukannya:

  • Posisi badan tegak lurus dengan kaki dibuka selebar bahu. Rentangkan kedua lengan lurus ke samping dan jari-jari tangan menggenggam.
  • Bawa (tekuk) kedua lenganmu ke depan hingga genggamanmu sejajar dengan ketiak.
  • Dorong siku dan bahu ke belakang hingga tubuhmu seperti membusungkan dada, kemudian kembali ke posisi semula (lengan lurus kembali ke samping).
  • Ulangi kembali tahapan di atas dengan cepat sebanyak 20 kali.

5. Gerakan menarik dan mendorong lengan ke atas

via: top10homeremedies.com

Cara melakukannya:

  • Kawan Muda harus berdiri dengan posisi seakan-akan kamu akan duduk di kursi. Jadi tubuhmu membentuk sudut 90o, tapi agak membungkuk ke depan.
  • Angkat lenganmu lurus ke atas kepala, pastikan lenganmu dalam keadaan lurus sempurna. Lalu tarik kembali hingga sikumu berada sejajar bahu dan lengan menekuk membentuk sudut 90o. Lakukan kedua gerakan ini dengan cepat sebanyak 20 kali.
  • Setelah itu, rilekskan badan dan lenganmu selama 20 detik, dan ulangi gerakan ini sebanyak 5—10 kali.

**


BACA JUGA : 5 Tips mudah agar berat badan tetap ideal untuk kamu yang suka ngemil


Gimana Kawan Muda, gampang banget  kan gerakan-gerakannya? Dengan rutin melakukan olahraga ringan di atas (sebanyak dua kali sehari), kamu bisa mendapatkan  lengan yang kencang dan enggak bergelambir dalam waktu singkat.

Namun patut diingat bahwa gerakan olahraga ini juga harus diimbangi dengan pola makan yang sehat, ya!  🙂