Bukannya bikin semangat tapi 8 makanan ini malah memicu rasa kantuk lho, hati-hati!

5.645 views
via: huffingtonpost.co.uk

Kita semua tahu bahwa makanan adalah sumber energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Namun tahukah kamu ada beberapa makanan yang bisa “menyerap” energi dan menyebabkan rasa kantuk?

Mungkin Kawan Muda pernah nih merasa mengantuk setelah menyantap sesuatu, padahal kamu tidur cukup di malam hari dan belum melakukan aktivitas berarti hari itu. Kalau merasakan gejala ini, ada baiknya kamu memeriksa makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Mungkin kamu terlalu banyak mengonsumsi  makanan yang memiliki efek “penenang”.


BACA JUGA: 3 Kebenaran tentang aturan makanan jatuh sebelum lima menit


Lantas, makanan apa saja sih yang punya efek menenangkan dan bisa membuat kita mudah mengantuk? Yuk, langsung saja kita simak di bawah ini.

1. Produk olahan susu

via: preventdisease.com

Susu dan produk olahannya (keju, yoghurt, dan sebagainya) mengandung asam amino triptofan. Nah, asam amino triptofan ini memicu naiknya melatonin dan serotonin alias hormon yang membantu manusia untuk tidur. Karena itu, setelah mengonsumsi susu atau produk olahan susu kita merasa lebih rileks dan cepat mengantuk.

2. Kacang-kacangan

via: rosannadavisonnutrition.com

Ada dua jenis kacang-kacangan yang membuat kita cepat mengantuk, kacang almond dan kacang kenari. Kacang almond memiliki kandungan triptofan dan magnesium cukup tinggi, yang berperan membuat fungsi saraf serta otot menjadi berkurang sehingga otomatis kamu akan merasa sangat rileks dan perlahan akan muncul rasa kantuk.


BACA JUGA: Ini dia 15 wujud makanan termahal di dunia yang harganya bikin geleng-geleng kepala!


Bayangkan, hanya mengonsumsi segenggam kacang almond saja kamu bisa langsung ngantuk! Kalau kacang kenari kandungan triptofannya memang lebih rendah daripada almond, tapi dia mengandung melatonin yang membuat mata kamu menjadi berat dan mengantuk. Hanya dalam sekejap, kamu pasti terlelap setelah mengonsumsi kacang kenari.

3. Pisang

via: daysoftheyear.com

Pisang memiliki kandungan magnesium dan kalium yang dapat membuat saraf serta otot lebih tenang. Kandungan vitamin B6 yang ada di dalam pisang juga akan membuat triptofan berubah menjadi serotonin sehingga tubuh yang tegang akan berubah menjadi lebih santai. Dengan kondisi tubuh yang rileks, kamu akan lebih cepat mengantuk.

4. Buah Ceri

via: techtimes.com

Meskipun berukuran kecil, buah ceri memiliki efek tak terduga yaitu bisa membuat siapa pun yang mengonsumsinya mendadak mengantuk!


BACA JUGA: Percaya atau nggak, 6 makanan ini lebih enak kalau beli di warung daripada bikin sendiri!


Sama halnya dengan kacang kenari, buah ceri mengandung zat melatonin yang akan membuat tubuh santai dan membuat kamu lebih mudah mengantuk.

5. Teh Chamomile

via: teamajesty.com

Selain membuat pikiran menjadi tenang, teh chamomile bisa membuat kita lebih cepat mengantuk, lho! Menurut penelitian, ketika seseorang meminum teh maka terjadi peningkatan glisin. Nah, glisin ini diketahui sebagai bahan kimia yang berfungsi dalam membuat otot serta saraf menjadi lemas.

6. Bayam

via: 6abc.com

Ternyata, enggak hanya kangkung lho sayuran yang bisa bikin kita ngantuk. Sayur bayam yang mengandung kalsium tinggi juga bikin kita cepat mengantuk, kenapa?


BACA JUGA: Bukannya lapar, 10 makanan ini malah bikin kamu gak nafsu makan dan mual!


Kalsium yang terkandung dalam bayam membantu otak dalam memproduksi melatonin. Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, melatonin akan membuat mata menjadi berat dan mengantuk.

7. Nasi putih

via: chowstatic.com

Kawan Muda pasti sering nih merasa mengantuk setelah makan nasi putih kebanyakan. Iya kan? Hemm, kenapa ya makan nasi putih terlalu banyak bisa bikin ngantuk? Ternyata nih, indeks glikemik dalam nasi putih terbilang tinggi. Saat makan terlalu banyak atau terlalu sering, kamu akan lebih cepat mengantuk (kurang lebih 3—4 jam setelah makan).

8. Ikan yang dagingnya mengandung minyak

via: builtlean.com

Yang dimaksud dengan ikan mengandung minyak di sini adalah ikan yang dagingnya mengandung Omega-3 dan kaya akan vitamin B6 seperti ikan tuna, salmon, dan sebagainya. Menurut penelitian, kandungan Omega-3 dalam ikan-ikan tersebut terbukti mengurangi hormon stres dan meningkatkan rasa tenang.


BACA JUGA: 8 makanan Indonesia yang dijual dengan harga menakjubkan di luar negeri


Selain itu, vitamin B6 dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin dan melatonin yang membuat tidur lebih nyenyak. Wah, pantas saja ya bila dikonsumsi berlebihan kita lebih mudah mengantuk.