Biar Hidup Makin Positif, Yuk Terapkan 10 Kebiasaan Sederhana Ini Mulai Sekarang!

Hidup yang positif berawal dari kebiaasaan baik yang kita terapkan dalam keseharian. Namun, Kawan Muda sadar enggak sih kalau sebagian besar orang tuh lebih “terbiasa” dengan kebiasaan buruk daripada kebiasaan-kebiasaan yang baik?!

Nah, kecenderungan melakukan kebiasaan yang buruk ini—kalau enggak diubah mulai dari sekarang—beuh, malah membuat hidupmu berantakan. Ya, mungkin kamu belum merasakannya sih saat ini, tapi di kemudian hari siapa yang tahu kan?

Biar Kawan Muda enggak menyesal nantinya, yuk perbaiki hidupmu agar lebih positif dengan menerapkan 10 kebiasaan ini setiap hari:

1. Mulailah harimu dengan minum segelas air lemon

kebiasaan baik untuk hidup positif
via: brightside.me

Banyak keuntungan yang akan Kawan Muda dapatkan jika membiasakan diri minum segelas air lemon di pagi hari. Selain menjaga kekebalan tubuh dan membuatmu tetap segar seharian, air lemon sangat baik untuk pencernaan, detoksifikasi hati, dan membuat kulit sehat bercahaya. Hemm, cara yang sederhana tapi banyak manfaatnya bukan?

2. Rutin facial wajah dengan es batu yang terbuat air rebusan chamomile

kebiasaan baik untuk hidup positif
via: brightside.me

Sudah bukan rahasia lagi kalau chamomile memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Buat yang punya masalah jerawat atau pengin menyamarkan kerutan di wajah, kamu bisa nih rutin facial wajah dengan es batu yang terbuat dari air rebusan bunga chamomile atau ekstrak chamomile setiap paginya.

Yup, kandungan anti irritant yang ada pada chamomile sangat baik dalam merawat kulit sensitif dan meradang akibat jerawat. Chamomile juga menstimulasi pengelupasan sel kulit mati.

3. Bawalah camilan sehat kemana pun kamu pergi

kebiasaan baik untuk hidup positif
via: brightside.me

Biar acara “ngemil” lebih aman dan sehat, rajin-rajinlah menyuplai camilan sehat dalam tas biar enggak tergoda untuk jajan sembarangan atau mengonsumsi camilan jahat yang enggak baik buat tubuhmu. Hemm, apa saja sih camilan sehat yang wajib dibawa setiap hari? Kawan Muda bisa bawa oatmeal instan, telur rebus, alpukat, popcorn tanpa bumbu, apel, atau buah-buahan segar lainnya.

4. Setelah gosok gigi, gunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi

kebiasaan baik untuk hidup positif
via: brightside.me

Tahukah kamu, gosok gigi enggak menjamin gigimu terbebas dari kotoran, lho! Yup, enggak semua bagian sikat gigi bisa menjangkau sela-sela gigi. Itulah sebabnya, para dokter gigi menyarankan agar kita menggunakan dental floss atau benang gigi setelah gosok gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Dengan begitu, tak ada lagi sisa makanan yang tertinggal sehingga gigimu bebas dari plak gigi.

5. Konsumsilah apel setelah untuk membersihkan rongga gigi dan membuat gigi kuat

kebiasaan baik untuk hidup positif
via: brightside.me

Ternyata oh ternyata, buah apel bisa membantu menguatkan serta memutihkan gigi, lho! Yup, kandungan dalam buah apel akan membantu mengatasi masalah dan bakteri di mulut. Konsumsilah buah apel setiap sehabis makan agar sisa-sisa makanan yang terjebak di antara gigi terangkat. Oh ya, mengonsumsi apel juga mampu menetralisir keasaman mulut  sehingga bisa mencegah bau mulut yang enggak sedap sehabis makan.

6. Mandi air panas-dingin (contrast bath)

kebiasaan baik untuk hidup positif
via: brightside.me

Daripada pusing memikirkan mana yang lebih baik, mandi air panas atau air dingin, cobalah untuk menggabungkan keduanya! Yup, metode ini dinamakan contrast bath. Penelitian yang dilakukan Academic Medical Center di Amsterdam mengungkapkan bahwa contrast bath bisa memperkuat sistem imun tubuh sehingga kamu enggan rentan pada penyakit.

Gimana cara melakukannya? Pertama-tama mandilah dengan air panas terlebih dahulu selama 3—4 menit. Setelah itu mandilah dengan air dingin selama satu menit. Kemudian mandilah air panas lagi dan lakukan secara bergantian selama 20 menit.

7. Bawalah sebotol air saat melakukan aktivitas apa pun agar kamu enggak lupa minum

kebiasaan baik untuk hidup positif
via: brightside.me

Sebagian besar orang enggak sadar kalau dirinya sedang dehidrasi—bahkan ketika mereka bekerja di dalam ruangan sekalipun! Ini biasanya terjadi saat kita keasyikan bekerja dan lupa mengonsumsi air putih. Nah, biar enggak lupa buat minum air putih setiap jamnya, bawalah sebotol air saat kamu bekerja, belajar, atau bepergian. Kalau perlu nih, pasang alarm di smartphone agar kamu ingat kalau harus minum air setiap jamnya.

8. Perbanyak konsumsi kacang-kacangan untuk menguatkan kuku dan rambut

kebiasaan baik untuk hidup positif
via: brightside.me

Tak hanya efektif buat diet, mengonsumsi kacang-kacangan juga bermanfaat untuk kesehatan kuku dan rambut. Yup, kandungan asam lemak dan omega 3 dalam kacang-kacangan membantu memperkuat sistem kardiovaskular, rambut, dan kuku. Selain itu, kacang-kacangan juga akan kaya nutrisi dan serat yang tentunya sangat baik buat tubuhmu. Whoa, bisa jadi opsi camilan sehat nih, Kawan Muda!

9. Gunakan kaus kaki saat tidur agar telapak kaki dan tumitmu halus

kebiasaan baik untuk hidup positif
via: brightside.me

Saat cuaca dingin, tidur dengan kaus kaki adalah opsi yang terbaik. Namun tahukah kamu, kaus kaki enggak hanya menghangatkan kaki saat dingin saja. Rutin menggunakan kaus kaki saat tidur bisa membantu menghaluskan telapak kaki dan tumit, lho! Nah, biar kamu mendapatkan hasil maksimal nih, oleskan terlebih dahulu minyak kelapa di kaki sebelum menggunakan kaus kaki. Di pagi hari, telapak kaki dan tumitmu akan terasa lebih halus.

10. Rajinlah membaca buku untuk melatih daya ingat otak

kebiasaan baik untuk hidup positif
via: brightside.me

Apa susahnya sih meluangkan waktu 15—20 menit setiap harinya untuk membaca buku? Percaya deh, kebiasaan ini terbukti memberikan dampak positif lho, bagi otak, seperti melatih daya ingat dan imajinasi. Dan tahukah kamu, dengan rutin membaca ternyata bisa memperlambat (bahkan mencegah) pikun dan penyakit Alzheimer. Yuk, mulai sekarang curi-curi waktu sebentar buat membaca biar enggak gampang lupa pas masih muda, hihi.

Melakukan sesuatu yang belum menjadi kebiasaan memang gampang-gampang susah, tapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan, ya! Biar enggak kaget nih, terapkan kebiasaan-kebiasaan di atas secara perlahan. Percaya deh, nantinya kamu akan terbiasa juga kok!

Semoga tips di atas bermanfaat dan semoga hidupmu makin positif, Kawan Muda 🙂

Sumber: Brightside

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *