Biar Baterai Smartphone Hemat dan Tahan Lama, Cobain Deh 7 Trik Ampuh Ini

14.034 views
tips menghemat baterai smartphone
via: brightside.me
Masalah terbesar yang menghantui para pengguna smartphone adalah baterai yang cepat banget habis! Hemm, tahu sendiri kan kalau smartphone adalah kebutuhan primer dewasa ini. Percuma saja bawa smartphone kalau baterainya habis, tetap enggak berfungsi juga kan?

Nah, baterai smartphone yang cepat banget habis itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terlalu banyak aplikasi yang dibuka bersamaan, terlalu banyak widget yang ditaruh di homescreen, hingga tingkat kecerahan layar. Beuh, bikin risih kan kalau smartphone tiba-tiba mati pas kita lagi butuh-butuhnya.

Eits, tenang, sekarang kamu enggak perlu khawatir lagi karena Kita Muda punya beberapa trik ampuh untuk menghemat baterai smartphone-mu. Biar enggak makin penasaran, yuk langsung saja kita simak tipsnya di bawah ini, sebagaimana dilansir dari Brightside.me.

1. Bersihkan lubang konektor charger smartphone.

tips menghemat baterai smartphone
via: brightside.me

Tahu enggak sih, debu atau hal lain yang menempel pada soket atau lubang konektor charger bisa mengganggu proses charging? Dan ini bisa berpengaruh pada daya tahan bateraimu. Nah, supaya seperti ini enggak terjadi dan kamu bisa hemat baterai, rajin-rajinlah untuk membersihkan lubang konektor charger di smartphone-mu, ya.

2. Gunakan background atau wallpaper hitam putih.

tips menghemat baterai smartphone
via: brightside.me

Tips hemat baterai smartphone selanjutnya adalah hindari penggunaan wallpaper berwarna terang. Yup, ketika kamu menggunakan warna-warna terang, layar smartphone akan bekerja lebih keras untuk menampilkan warna-warna tersebut. Hindari juga penggunaan live wallpaper atau wallpaper yang menampilkan gambar bergerak.

3. Jangan menggenggam smartphone-mu terlalu lama.

tips menghemat baterai smartphone
via: brightside.me

Kamu mungkin terbiasa menggenggam smartphone-mu kemana-mana. Tahukah kamu kalau kebiasaan ini malah bikin baterai smartphone jadi boros? Tempat panas adalah musuh utama baterai li-ion dan li-polimer. Nah, ketika menggenggam smartphone, suhu tanganmu yang hangat akan membuat smartphone makin cepat panas sehingga baterainya lebih cepat habis. Tarulah smartpone-mu di saku agar baterainya lebih hemat.

4. Matikan fitur auto rotate alias rotasi otomatis di layar smartphone.

tips menghemat baterai smartphone
via: brightside.me

Mungkin kelihatannya sepele, tapi cara ini terbukti ampuh buat menghemat baterai smartphone, lho. Ketika kamu mengaktifkan fitur auto rotate, ada sebuah sensor khusus (accelerometer) yang bertanggung jawab atas fungsi ini, dan sensor tersebut cukup banyak menyedot baterai smartphone-mu.

5. Hindari penggunaan mode getar.

tips menghemat baterai smartphone
via: brightside.me

Sebagian besar orang mungkin mengira mode getar lebih hemat baterai daripada mode suara. Padahal kenyataannya, mode getar menghabiskan lebih banyak baterai, lho. Ketika kamu mengatur smartphone dalam mode getar, smartphone-mu membutuhkan daya besar untuk menggetarkan modul vibrator yang ada. Nah, supaya kamu hemat baterai smartphone, gunakan mode silent atau mode suara saja.

6. Matikan smartphone saat tidak digunakan.

tips menghemat baterai smartphone
via: brightside.me

Saat tidur atau mungkin sedang liburan di rumah dan enggak butuh-butuh banget berkomunikasi dengan orang, usahakan untuk mematikan smartphone-mu. Cara ini akan membantu mengistirahatkan bateraimu agar lebih dingin. Dengan begitu baterai bakal lebih awet deh.

7. Matikan fitur-fitur yang tidak perlu seperti Wi-Fi, blueetooth, dan GPS.

tips menghemat baterai smartphone
via: brightside.me

GPS, Bluetooth, dan Wi-Fi yang dibiarkan menyala padahal enggak digunakan bisa membuat baterai habis dengan cepat. Kalau kamu pengin baterai smartphone-mu hemat, matikan fitur-fitur lokasi dan transfer data.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Kawan Muda coba untuk menghemat baterai smartphone. Apakah kamu sudah penah mencoba cara-cara di atas sebelumnya, atau kamu punya tips lain untuk menghemat baterai smartphone? Jika iya, share dong di kolom komentar 🙂