Biar Acara Pernikahan Kamu Nggak Ambyar di Tengah Jalan, Rencanakan Dulu dengan 6 Prinsip Ini

732 views

Sebagai salah satu peristiwa penting dalam hidupmu, pernikahan bukanlah suatu momentum yang bisa di rencanakan secara mendadak. Banyak orang berpikir bahwa selama ada uang dan waktu yang cukup, merancang pernikahan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Well, benar sih, tapi kalau nggak menggunakan perencanaan dan prinsip yang benar, bisa ambyar nanti acara pernikahan kamu! Nggak mau kan, sudah susah-susah merancang, malah gagal di tengah jalan?

Nah biar the wedding of your dream bisa terwujud, coba deh kamu terapkan 6 prinsip dasar dalam persiapan pernikahan. Nggak hanya dari segi dana dan tempat, tapi juga termasuk keinginan kamu dan pasanganmu. Yuk, kita lihat:

1. Perhitungan budget dengan detil dan benar

via: liveolive.com

Budget atau dana untuk menyiapkan pernikahan itu dasar utama, lho! Kalau kamu ngehitung budget asal-asalan, ya acaranya juga jadi nggak bagus. Sesuaikan konsep pernikahan yang kamu bayangkan dengan budget yang kamu dan pasangan miliki. Kalau ingin mewah seperti Chelsea Olivia tapi uangnya pas-pasan, kan nggak bisa. Nggak usah memaksa hingga berhutang sana-sini, pikirkan juga dana untuk kamu hidup setelah acara pernikahan, karena itu juga sama pentingnya.

2. Jangan mengadakan pesta dari pagi sampai malam

via: weddingea.com

Kalau kamu punya budget yang nggak ada habis-habisnya, dan mau ngajak orang sekampung makan gratis sehari sih, nggak apa-apa ya. Tapi, nggak semua orang bisa merayakan dengan meriah dan ramai seperti itu. Jangan lupa pikirkan harga kateringnya, waktu untuk menyewa venue yang tentunya semakin lama semakin mahal, dan juga pikirkan hiburan untuk tamu. Tidak usah terlalu lama, yang penting pas dan dapat membuat kamu serta para tamu bahagia datang ke pesta pernikahanmu.

3. Nggak perlu memaksa semua harus murah

via: sacksproduction.com

Doyan diskon dan barang berkualitas harga miring itu bagus, salah satu trik untuk survival di kehidupan rumah tangga kelak. Tapi sesuaikan dengan kondisi budget dan konsep acara seperti diatas. Kamu bisa DIY sendiri untuk dekorasi pesta jika ingin memotong budget, atau memesan benda untuk souvenir dari jauh-jauh hari agar bisa mendapat diskon. Apapun caranya, kalau memang kamu harus membeli harga sedikit mahal, namun masih cukup di kantong dan sesuai dengan konsep, kenapa nggak?

4. Pikirkan keinginan kamu dan pasangan

via: thegreatbarndevon.co.uk

Karena pernikahan adalah salah satu momentum terbesar bagi kamu dan pasanganmu, maka akan lebih baik kalau merancang konsep pernikahan berdasarkan keinginan kalian berdua. Terima masukan yang sesuai dan membantu untuk merealisasikan konsep acara kamu, dan nggak usah terlalu banyak menerima masukan atau saran yang justru melenceng dari keinginan kalian. Demi kebahagiaan kalian di hari H, nggak masalah kok untuk lebih berfokus sama ide dan rencana pernikahan kalian berdua.

5. Don’t try to make everyone happy

via: loveourweddingmag.com

This is your wedding day. Kamu nggak perlu menghabiskan banyak uang hanya agar semua orang takjub pada acara pernikahanmu. Buat apa menghabiskan banyak uang demi pujian, kalau kamu sendiri nggak bahagia di hari besarmu? Rencanakanlah pernikahan yang membuat kamu dan pasanganmu bangga, karena berhasil merealisasikan ide acara kalian dengan kompak dan sesuai keinginan. Lebih bahagia, kan?

6. Don’t be afraid to ask for help

via: onon.com

Sebagian orang tidak ingin meminta bantuan pada saat mempersiapkan pernikahan, karena takut menyusahkan orang lain atau karena mereka bisa menyiapkan hal tersebut sendiri. Nggak apa-apa sih, asal jangan sampai keteteran dan ribet sendiri saja. Kalau sudah ribet begini, daripada pusing dan stres sendiri, akan lebih baik untuk minta bantuan teman, saudara, atau mungkin wedding planner. Jadi nggak ribet, kan?

Ingat Kawan Mudaat the end pernikahan adalah suatu hal antara kamu dan pasanganmu. Rancanglah suatu ide acara yang sesuai dengan keinginan dan mimpi kalian sejak lama, dan jangan lupa untuk sesuaikan dengan budget kalian. Oke?

sumber: Idntimes