Bermimpi Punya Rumah Sendiri Pasca Menikah dengan Gaji 3 Jutaan? Begini Caranya…

9.835 views
rumah sendiri pasca menikah
via: clickinmoms.com

Setiap pasangan pasti memiliki keinginan untuk tinggal di rumah sendiri setelah menikah. Kalian mungkin telah memiliki konsep rumah idaman yang ingin diwujudkan di masa depan, rumah yang nantinya menjadi surga dunia bagi keluarga kecilmu. Sayang, membeli rumah di zaman sekarang ini membutuhkan biaya yang enggak sedikit. Apalagi buat kamu yang memiliki gaji seadanya.

Namun ini enggak berarti keinginan untuk memiliki rumah sendiri hanya khayalan semata. Kamu dan pasangan bisa kok mewujudkannya meskipun gaji bulanan kalian hanya tiga jutaan. Penasaran bagaimana caranya? Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Jika dapat bonus bulanan atau tahunan di luar gaji pokok, jangan malah dihambur-hamburkan untuk kepuasan sesaat. Sisihkan atau depositokan untuk sewa rumah sementara pasca menikah.

rumah sendiri pasca menikah
via: 9Gagly.com

Kadang kita terlalu bersemangat untuk membelanjakan uang bonus bulanan atau tahunan. Boleh-boleh saja sih selama uang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok. Kalau hanya buat senang-senang? Hemm, mending ditahan deh. Kamu pengin punya rumah kan? Mending disisihkan sedikit-sedikit untuk tabungan rumah masa depan atau untuk sewa rumah sementara setelah menikah.

2. Kalau pengin punya rumah sendiri pasca menikah, usahakan dari jauh-jauh hari menyisihkan uang gajimu. Ya, sekitar 30-40 persen lah. Enggak banyak kan?

rumah sendiri pasca menikah
via: money.usnews.com

Meskipun belum ada calon, enggak masalah lho kalau pengin nabung dulu. Kalau kamu masih tinggal sama orang tua nih, pengeluaran tentunya enggak terlalu banyak kan? Coba deh sisihkan 30-40 persen dari gajimu untuk tabungan rumah masa depan. Kamu bisa menabung tiga tahun sebelumnya, ya mungkin saja kamu punya target menikah di usia tertentu.

3. Carilah informasi terkait bunga KPR yang ditawarkan setiap bank. Pilihlah bank dengan bunga KPR terendah.

rumah sendiri pasca menikah
via: rts.ch

Pengin punya rumah sendiri ya jangan malas survey bunga KPR tiap bank. Kredit rumah memang memudahkanmu untuk mendapatkan rumah impian. Namun, kalau salah pilih, beuh, malah tekor gara-gara bunga yang selangit! Oleh karena itu, lakukan survey yang mendalam. Bandingkan dan hitung dengan cermat bunga KPR yang ditawarkan bank. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari pembengkakan anggaran.

4. Pilihlah rumah yang nyaman dan strategis, tapi enggak harus di dalam kota.

rumah sendiri pasca menikah
via: hnzc.co.nz

Yup, strategis enggak selamanya ada di tengah kota. Kamu bisa mencari rumah di pinggiran kota, tapi akses dan transportasinya mudah. Kalau kamu memprioritaskan rumah di pinggiran kota, dijamin deh harga yang didapat juga menarik. Nah, penting juga nih untuk melakukan survei prospek daerah yang kamu pilih di masa depan.

5. Misal anggaran mepet banget tapi kamu dan pasangan tetap pengin tinggal sendiri, kalian bisa lho menyewa kos khusus pasutri.

rumah sendiri pasca menikah
via: dailymail.co.uk

Pengin tinggal sendiri pasca menikah tapi kepepet masalah biaya? Coba hitung dulu berapa danamu dan carilah kos khusus pasutri. Kalau mengontrak rumah mungkin biayanya masih lumayan, sewa kos pasutri pasti jauh lebih murah. Nah, selama ngekos, jangan lupa untuk menyisihkan sedikit dana untuk nyicil uang muka rumah impian.

6. Ketimbang beli rumah baru, coba deh cari rumah bekas karena kemungkinan harganya lebih murah.

rumah sendiri pasca menikah
via: pinterest.com

Biasanya nih, rumah-rumah lama dijual dengan harga lebih murah. Supaya enggak kena zonk pas beli rumah lama, kamu harus jeli dan selektif banget saat survei. Usahakan rumah yang kamu beli minim renovasi. Intinya, jangan sampai tekor deh gara-gara urusan renovasi. Oh ya, pastikan juga rumah lama yang kamu beli  bukan rumah sengketa atau enggak berdiri di tanah sengketa, ya!

Mungkin awalnya memang sulit karena kebutuhan rumah tangga sangat banyak, belum lagi resepsi pernikahan juga menyedot banyak biaya. Namun, ini jangan mengurungkan niatmu untuk memiliki rumah sendiri.

Percaya deh, tinggal di rumah sendiri pasca menikah itu enak banget. Selain terhindar dari masalah-masalah yang enggak diinginkan di pondok mertua indah, kamu dan pasangan bisa belajar mandiri dan berkembang. Yuk, menabung lebih giat lagi untuk rumah masa depanmu 🙂

Sumber: IDN Times