Sebuah video singkat berdurasi 16 detik, yang menunjukkan “adegan” ciuman panas antara seleb muda Verrell Bramasta dan Nadine Emmanuella Waworuntu, baru-baru ini ramai diperbincangkan Netizen. Meskipun si empunya video telah meminta maaf dan menjelaskan duduk perkaranya, Netizen seakan terbutakan dan tak henti-hentinya mengkritik “tingkah” dua anak artis tersebut.


Sebelumnya, kejadian serupa juga pernah menimpa penyanyi jebolan ajang pencarian bakat, Angel Pieters. Ya, beberapa waktu lalu melalui insta live-nya, Angel tampak berciuman mesra dengan pria yang diduga adalah Brandon Gunawan –yang saat itu tengah dikabarkan dekat dengannya. Angel pun mendapatkan komentar pedas seperti Verrell dan Nadine.

Hemm, namanya juga Netizen. Kalau enggak komen dan nyari-nyari kesalahan orang “terkenal”  tuh rasanya belum sempurna hidupnya, hehe. Meskipun akun media sosial adalah punya kamu pribadi, Kawan Muda harus tahu kalau media sosial itu bukan akun yang bersifat “personal”. Demi kebaikanmu di masa depan—apalagi kalau kamu berencana pengin jadi presiden, menteri, DPR, pemimpin daerah, atau seleb nih, sebaiknya jangan pernah memposting hal ini di media sosial:

1. Foto-foto narsis dengan ekspresi alay atau enggak banget

jangan posting ini di media sosial
via: indonesianfree.com

Kamu enggak tahu kan akan menjadi apa dirimu di masa depan nanti? Tahu-tahu kamu jadi calon menantu presiden atau bahkan menjadi presiden. Latar belakang kehidupanmu tentu menjadi santapan empuk awak media dan masyarakat.

Nah, biar foto alay-mu enggak beredar luas di media sosial masa depan, kalau mau posting foto selfie ada baiknya disortir dulu. Meskipun lagi pose jelek, setidaknya pose jeleknya masih kelihatan keren dan enak dilihat lah. Jangan sampai nanti muncul foto before-after dirimu yang bak operasi plastik :”)

2. Foto atau video yang mengandung unsur “17+”

jangan posting ini di media sosial
via: bintang.com

Mau posting foto seksi atau video “seksi”? Oh, silakan, enggak ada yang ngelarang kok. Namun pastikan kamu enggak berniat menjadi orang penting di masa depan. Yup, kamu tahu kan bagaimana watak haters dan netizen iseng yang suka cari bahan bully-an.

Daripada foto “dewasa”-mu menjadi skandal dan jebakan batman bagi karir cemerlangmu di masa depan, jangan posting foto atau video yang berlebihan unsur dewasanya. Misalnya, foto kamu dan pacar (bukan suami atau istri, ya) sedang ciuman mesra atau melakukan adegan dewasa. Big NO!

3. Kenakalan “masa muda” yang pernah kamu lakukan

jangan posting ini di media sosial
via: tribunnews.com

Kids jaman now sepertinya hobi mengunggah kenakalan atau “kejahatan” yang mereka lakukan di media sosial biar dianggap keren dan bisa eksis. Duh. Percaya deh, di masa depan nanti kamu bakal menangisi tingkah konyolmu ini. Kamu enggak selamanya menjadi bocah nakal yang suka iseng. Di masa depan, kamu mungkin menjadi seseorang yang dikenal atau dihormati publik.

Apa yang kamu lakukan di masa muda akan menjadi konsumsi publik suatu saat nanti. Oke, kamu mungkin beranggapan ‘enggak mungkinlah gue jadi terkenal’, tapi yang namanya takdir siapa yang tahu kan? So, sebelum kelakuanmu menjadi skandal dan dinyinyiri Netizen, kurang-kurangin deh keisengan yang unfaedah tersebut.

4. Postingan dengan bahasa yang kasar dan provokatif

jangan posting ini di media sosial
via: tribunnews.com

Ingat guys, kamu sedang berinteraksi di media sosial, bukan di rumah sendiri. Tentunya ada etika-etika yang wajib dijaga seperti penggunaan bahasa. Yup, gunakan kata-kata yang baik ketika posting sesuatu atau mengomentari postingan orang lain.

Jangan sampai nih, saat kamu jadi selebriti terkenal dengan image yang lemah lembut, eh akun gosip “XYZ” berhasil menemukan postingan kasarmu di masa lalu dan mempermasalahkannya. Hemm, hati-hati saja deh kalau sudah jadi musuh bebuyutan Netizen. Kegiatan apa pun yang kamu lakukan atau pakaian apa pun yang kamu kenakan, pasti ada saja yang dikomentarin!

Sebenarnya, mau posting apa pun di media sosial itu enggak ada yang melarang kok. Namun, dengan banyaknya kasus yang menimpa selebriti, selebgram, pemimpin negara, atau orang-orang terkenal lainnya, ada baiknya nih Kawan Muda lebih bijak lagi saat mem-posting sesuatu di media sosial.

Biarkanlah informasi pribadi tentang kehidupanmu tetap menjadi rahasia di antara dirimu dan orang-orang terdekat. Enggak perlu tuh di sebar-sebar di media sosial agar enggak terjadi hal-hal yang enggak diinginkan 🙂

Sumber: Diolah dari berbagai sumber