Awas, bahaya! Kebanyakan tidur bisa membuatmu mengalami 5 hal ngeri berikut ini. Duh, jangan sering-sering ya!

11.902 views

Tidur itu suatu hal yang manusiawi, dan merupakan suatu kebutuhan biologis bagi semua makhluk hidup, tidak terkecuali manusia. Kalau kalian lelah banget, pasti kalian perlu tidur seharian untuk menyegarkan kembali tubuh, dan recharge energi. Iya kan?

Tapi ternyata tidak boleh lho, tidur terlalu lama. Selain tidak baik untuk tubuh, kesehatan jiwamu bisa terancam juga! Hmm….kira-kira kenapa ya, kok sampai dilarang di agama? Mending kita lihat bareng aja yuk, dampaknya:


BACA JUGA :


1. Bisa membuat berat badan berlebih.

via: scoopwhoop.com

Tahu tidak, kalau terlalu banyak tidur bisa menyebabkan obesitas? Yupsie, ada penelitian yang bilang dengan semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk tidur, semakin sedikit pula waktu untuk bergerak. Jadinya kalori pun terbakar dengan sedikit. Parahnya lagi ini juga berpengaruh sama kadar gula darahmu, lho! Apalagi kalau diselingi dengan pola hidup yang tidak teratur, seperti tidur tengah malam dan makan seadanya. Duh, masih muda kok sudah obesitas?!

2. Menandakan adanya gangguan jiwa.

via: trendsnhealth.com

Kawan Muda pasti pernah, dong, kalau sedang stres memilih untuk beristirahat sejenak dengan tidur? Memang ampuh, kalau waktu tidurmu normal (6 – 7 jam). Tapi kalau lebih dari itu hingga 12 jam, patut dicurigai tuh! Menurut Huffington Post, 49 persen orang mengalami depresi karena menghabiskan waktunya hanya untuk tidur. Selain itu, kebanyakan tidur menandakan kamu sedang mengalami kesepian parah. Segera cari kesibukan, ya!

3. Memperburuk kinerja jantung.

via: independent.co.uk

Menurut studi dari American College of Cardiology pada tahun 2012, orang – orang yang sering tidur lebih dari 8 jam sehari ternyata, memiliki risiko 2 kali lipat lebih tinggi untuk terkena serangan jantung, lho! Sedangkan orang yang memiliki waktu tidur normal, kemungkinannya kecil untuk terkena serangan jantung. Buat kamu yang sering tidur lama seperti ini, hati – hati lho, masa masih muda sudah berisiko terkena serangan jantung?

4. Sakit kepala sepanjang hari.

via: amerisleep.com

Kalian sering tidak, apabila tertidur lama lalu bangun, kepala kalian pusing sekali? Tahu tidak, ternyata menurut penelitian dari David Geffen School Medicine di Los Angeles, hal ini karena tidur lama bisa mengakibatkan kesulitan mencerna di fungsi mental dasar, alias nggak bisa konsentrasi. Parahnya lagi, karena tidur lama ternyata bisa bikin otak menua dua tahun lebih cepat, lho!

5. Meningkatkan risiko kematian

quickmeme.com

Yang kamu dapat dari kebanyakan tidur banyak sekali, dan rata – rata berdampak buruk terhadap kesehatanmu. Memang belum ada penelitian yang membahas mengenai risiko kematian ini, tapi bisa dilihat sendiri kan, saking banyaknya efek buruk akan berujung kemana?


BACA JUGA :  Agar tidurmu berkualitas, 7 ritual ini harus kamu lakukan


Tuh, banyak banget kan ternyata efek samping yang buruk dari tidur lama. Parahnya lagi, ternyata ini menyerang kaum muda-muda seperti kita ini, Kawan Muda! Duh, nggak banget, deh! Biar nggak sakit di usia muda, yuk kita jaga pola makan dan kehidupan kita, biar kesehatan kita tetap terjaga, dan tetap sehat hingga usia tua.