Sejak adanya internet hidup seakan semakin dipermudah. Kita bisa mengakses data, melakukan streaming film, dan masih banyak lagi. Tapi tahukah kalian, beberapa tindakan tersebut merupakan ilegal dan dilarang dalam hukum? Parahnya lagi kegiatan ini kita lakukan setiap hari, sehingga kita tidak sadar kalau hal tersebut adalah ilegal.

Dilansir dari Brightside, ini dia 9 tindakan ilegal tersebut:

1. Download dari torrent

via: keepvid.com

Kalian pasti tahu dong, download dari torrent merupakan hal ilegal. Kenapa ilegal? Karena kalian hanya men download film, musik, etc, tanpa harus membayar hak intelektualnya, atau bahasa lainnya kalian download secara gratis. Otomatis ini merugikan perusahaan dan orang yang terlibat di dalamnya, kan?

2. Connect ke wifi umum

via: channelpostmea.com

Sebenarnya nih, kalau menggunakan wifi umum yang di lock tanpa sepengtahuan pemilik, itu bisa didenda, lho! Bahkan kalau misalnya memang wifi umum dan tidak di lock sekalipun, tapi kalian menggunakan tanpa ijin, itu sudah termasuk tindakan ilegal.

3. Menggunakan nama palsu

via: digitaltrends.com

Dalam beraktivitas sehari-hari, kalau kamu menggunakan nama palsu bisa dituntut. Menggunakan nama atau identitas palsu merupakan pelanggaran hukum yang dapat membuat kamu masuk penjara.

4. Streaming Acara TV

via: neurogadget.net

Nah ini nih salah satu guilty pleasure. Sudah tahu salah tapi tetap dilakuin. Sama seperti download di torrent, melakukan streaming merupakan pelanggaran hak cipta kalau dilakukan tidak di situs resmi. Dan lagi-lagi, merugikan dong buat mereka yang terlibat di pembuatan acara TV tersebut?

5. Makan sebelum membayar di supermarket atau toko

via: brightside.me

Ada beberapa orang yang ingin melakukan “tester” dulu sebelum membeli, aka mencoba makanan sebelum membeli. Hal ini sebenarnya nggak boleh lho, dan kalian bisa mendapat masalah kalau ada orang yang melihat hal tersebut.

6. Menggunakan konten hak cipta

via: bookwormtranslation.com

Terkadang kita menggunakan gambar yang ada di internet untuk keperluan pekerjaan. Tapi yang kamu nggak tahu nih, hampir semua gambar memiliki copyright atau hak cipta. Jadi kalau kamu asal ambil, bisa-bisa kena tuntut!

7. Menggunakan ponsel pada saat menyetir

via: brightside.me

Kalau di luar negeri sih yang ilegal adalah menggunakan ponsel sambil menyetir mobil. Tapi kalau di Indonesia, jangan pernah mencoba untuk menggunakan ponsel sambil menyetir mobil dan motor, ya! Berbahaya lho, dan dapat mengakibatkan kecelakaan.

8. Membagi password

via: isdecisions.com

Nah ini lagi, jangan pernah membagi password sama siapapun, mau pacar sampai orang tua. Password adalah privasi kamu, dan untuk menjaga keamanan ada baiknya untuk nggak membaginya kesemua orang.

9. Menggunakan med-sos tidak sesuai umur

via: brightside.me

Tahu nggak sih, sebenarnya seseorang yang berumur dibawah 13 tahun itu belum boleh untuk menggunakan media sosial. Beberapa aplikasi seperti Whatsapp bahkan memperbolehkan seseorang untuk memiliki akun apabila sudah berumur 16 tahun. Jadi buat kalian yang punya adik kecil dibawah umur 13 tahun tapi sudah memiliki med-sos, jangan lupa diawasi, ya!

Nah itu tadi adalah 9 kegiatan illegal yang tanpa kita sadari sudah kita lakukan selama ini. Kegiatan ilegal nggak harus kriminal, 9 hal diatas tadi saja sudah merupakan hal yang melawan hukum. Untuk jadi masyarakat yang lebih baik, yuk perlahan dikurangi kebiasaan ilegalnya, ya!