Awas, Hati-Hati! Ternyata Tisu Dapat Memicu Kesehatan Vaginamu Menjadi Terganggu Kalau Digunakan Sembarangan!

2.008 views

Menjaga kesehatan Miss V untuk wanita merupakan hal yang penting. Berbagai cara pun dilakukan agar vagina terhindar dari penyakit kelamin. Mulai dari membasuh dengan bersih serta mengeringkan dengan benar, rajin mengganti pakaian dalam, hingga tidak menggunakan pakaian ketat untuk sirkulasi udara ke vagina. Banyak diantara kita yang menggunakan tisu untuk mengeringkan vagina, terutama ketika di toilet umum. Tapi tahu nggak sih, ternyata menggunakan tisu untuk membersihkan vagina dapat memicu untuk terkena penyakit kelamin?

Tisu dapat menjadi alat mudah bagi wanita untuk membersihkan dan mengeringkan vagina, terutama kalau berada dalam kondisi tidak ada air. Padahal nih, tisu bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman yang bisa memicu infeksi pada vagina apabila digunakan terus menerus? Apa saja sih dampak yang ditimbulkan apabila kita menggunakan tisu untuk membersihkan vagina? Yuk, kita lihat:

1. Bisa menyebabkan infeksi saluran kantung kemih

via: elitedaily.com

Infeksi saluran kantung kemih merupakan jenis infeksi yang bisa kamu dapatkan apabila cara membersihkan vaginamu tidak benar. Hampir sebagian wanita pasti setuju, bahwa ada dua cara yang dapat digunakan untuk membersihkan vagina. Pertama, mereka yang membasuh dari depan ke belakang, dan dari belakang ke depan. Untuk kalian yang terbiasa untuk membasuh vagina dari belakang ke depan, bisa memicu masuknya bakteri ke saluran kantung kemih, dan menyebabkan infeksi. Nah biar nggak terkena infeksi, coba deh dari sekarang basuh vagina dari depan ke belakang, oke?

2. Bisa menyebabkan paper cuts 

via: elitedaily.com

Paper cuts atau goresan kecil bisa lho terjadi kalau kamu tidak hati-hati pada saat membersihkan vagina menggunakan tisu. Untuk kamu yang biasa rubbing daripada dabbing pada saat membersihkan vagina, gesekan tersebut bisa memicu pape cuts, dan menyebabkan iritasi atau pembengkakan di vagina. Hiii, nggak banget kan? Makannya mulai sekarang biasakan untuk dabbing pada saat membersihkan vagina, ya!

3. Bisa menyebabkan iritasi vagina

via: elitedaily.com

Iritasi vagina atau vulvovaginitis adalah suatu istilah ketika vagina kamu terinfeksi oleh bakteri, virus, jamur, atau sekadar paper cuts seperti yang dijelaskan diatas. Iritasi vagina seperti ini nggak banget karena bisa membuatmu merasakan gatal, perih, atau panas di vagina. Ugh, parah banget! Biar nggak terkena iritasi seperti ini, coba deh beli tisu yang tidak mudah hancur, tidak beraroma, dan mampu membersihkan tanpa menghilangkan residu di vaginamu.

4. Bisa menyebabkan reaksi alergi 

via: tenor.com

Reaksi alergi bisa kamu dapatkan apabila kamu menggunakan tisu yang memiliki wewangian, apalagi kalau wanginya menyengat. Kalau tiba-tiba kamu merasa vagina atau anus kamu membengkak setelah sebelumnya tidak, maka bisa jadi itu akibat dari tisu yang kamu gunakan. Coba ganti tisu kamu dengan merek yang anti wewangian, dan menggunakan bahan organik. Mungkin memang agak mahal, tapi demi kesehatan vagina nggak ada salahnya untuk dicoba, kan?

5. Memicu infeksi jamur

via: buzzfeed.com

Ini yang paling parah diantara semuanya. Infeksi jamur aka yeast infection disebabkan oleh jamur Candida albicans ini memang akan dialami oleh setiap wanita setidaknya sekali dalam hidupnya. Kalau tiba-tiba vagina kamu terasa gatal, membengkak, dan ada residu yang keluar, maka segera periksakan dirimu ke dokter. Selain memeriksakan ke dokter, mengganti tisu atau menjaga kebersihan kamar mandi juga harus diterapkan, daripada terkena infeksi lagi, kan?

Ternyata kalau kita membersihkan vagina tidak hati-hati, dapat menyebabkan infeksi dan penyakit di vagina, ya? Membeli tisu pun nggak bisa sembarangan lagi demi menjaga kesehatan vagina. Makannya sebelum terjangkit infeksi vagina, yuk kita rawat dengan menjaga kebersihan diri dan barang disekitar kita, agar terhindar dari kuman dan virus yang bisa menyerang vagina kita. Oke, Ladies?

sumber: elitedaily