Awas, 5 bahaya ini siap mengancam jika keseringan tidur dengan kipas angin menyala!

29.317 views
via: sleepsugar.com

Salah satu penyebab yang membuat kita susah tidur adalah udara yang pengap atau gerah. Kalau sudah begini, Kawan Muda pasti langsung menyalakan kipas angin kencang-kencang agar tidak kegerahan.

Ada juga nih yang saking enggak kuatnya kegerahan langsung meletakkan kipas angin dekat kasur dan mengarahkan kipas ke tubuh. Kesejukan kipas angin lama-lama membuatmu ngantuk dan akhirnya kamu terlelap dengan kipas angin yang masih megarah ke tubuh. Pernah begini, kan?


BACA JUGA :


Kalau jawabannya iya, Kawan Muda harus hati-hati mulai sekarang. Karena bahaya ini siap mengancam kalau kamu keseringan tidur dengan kipas angin yang masih menyala.

1. Risiko kekurangan oksigen dan sesak napas.

via: dailymail.co.uk

Saat kipas angin menyala dan kamu tidur di dekatnya, sirkulasi udara yang ada hanya diputar-putar saja. Ini berarti, kamu mungkin saja menghirup kembali sisa hasil pernapasan sendiri.

Tanda-tanda kamu sudah menghirup udara bekas tadi adalah tiba-tiba kamu merasa sesak saat tidur di dekat kipas angin menyala. Kalau sudah merasakan tanda-tanda ini jangan dianggap remeh ya. Kalau keseringan bisa berakibat fatal bahkan memicu kematian akibat lemas kekurangan oksigen!

2. Tubuh kekurangan air.

via: sleepsugar.com

Ketika Kawan Muda berada di dalam ruangan yang dingin dalam waktu yang lama, tubuh kamu lama-lama akan kekurangan air. Padahal, sekitar 70% tubuh membutuhkan air sehingga hal ini akan berbahaya bagi kita. Saat air di dalam tubuh berkurang, fungsi organ-organ kita akan terganggu. Selain itu, keseringan pakai kipas angin saat tidur bisa membuat kulit jadi kering, lho!

3. Otot kaku dan nyeri ketika bangun tidur.

via: sleepsugar.com

Ternyata nih, suhu dingin membuat produksi cairan lubrikasi yang berfungsi menguatkan otot dan persendian menurun. Jika terlalu sering tidur dengan kipas angin menyala, jangan heran kalau lama-lama tubuhmu terasa nyeri dan encok saat bangun tidur!

4. Imunitas tubuh menurun sehingga kamu gampang sakit.

via: sunrise.ug

Ketika kipas angin terus menyala, tubuh otomatis akan berhenti berkeringat. Hemm…padahal produksi keringat itu berfungsi mengatur suhu dan keseimbangan tubuh, lho. Keringat yang keluar membuat sel imun lebih aktif dan saat kamu terpapar kipas angin terus menerus, aktivitas sel imun akan melambat. Jika hal ini terjadi, suhu tubuh bisa turun drastis dan keseimbangan tubuh pun terganggu. Tubuhmu akan lebih rentan terserang penyakit.

5. Risiko terkena penyakit bell’s palsy atau kelumpuhan pada wajah.

via: dailymail.co.uk

Syaraf wajah bisa menegang jika keseringan terkena suhu dingin. Akibatnya, Kawan Muda akan terserang kelumpuhan di bagian wajah. Kondisinya sama seperti orang yang terkena stroke, tapi hanya wajah saja yang lumpuh. Kalau sudah terkena penyakit ini, Kawan Muda akan sulit tersenyum dan ada pembengkakan di bagian wajah tertentu. Aduh….seram banget, kan?!??


BACA JUGA : Inilah bahaya yang akan timbul kalau kamu memiliki kuku panjang


Nah itulah 5 bahaya yang mengancam ketika kamu keseringan tidur dengan kipas angin menyala. Memang sih, efeknya tidak akan terasa kalau kamu hanya sekali atau dua kali pakai. Tapi, ada baiknya kan mencegah mulai dari sekarang sebelum hal-hal buruk terjadi??

Sah-sah saja sih pakai kipas angin, tapi harus memperhatikan kondisi ruangan juga. Jika ventilasi sangat kurang, jangan nekatlah tidur dengan kondisi kipas angin menyala. Ada baiknya juga kamu tidak mengarahkan kipas angin langsung ke tubuh saat kepanasan.