Dewasa ini sudah banyak hp android terbaik yang didukung dengan kamera canggih, bahkan ada yang sudah setara kamera DSLR! Harganya memang lumayan sih, tapi untuk kelas menengah, beberapa vendor smartphone kini berlomba-lomba mengeluarkan smartphone murah terbaik dengan sektor kamera mumpuni sehingga penggunanya bisa makin eksis berekspresi lewat foto atau video.

Meski smartphone murah terbaik sudah dibekali dengan kamera canggih, rasanya kurang afdhol mengupload foto di media sosial tanpa mengeditnya terlebih dahulu. Karena aplikasi edit foto kekinian banyak yang menawarkan fitur canggih dan unik sehingga bisa membuat hasil foto atau video tampak lebih menarik.

Kita Muda sudah merangkum nih, beberapa aplikasi edit foto yang lagi trend sekarang, baik aplikasi edit foto iPhone maupun aplikasi edit foto Android. Simak ya ulasannya berikut ini.

1. VSCO Cam

Salah satu fitur andalan dari VSCO Cam adalah filternya| via: Artifactuprising.com

Aplikasi edit foto kekinian yang jadi andalan para pecinta fotografi nih. Kalau mau hasil foto jadi hits layaknya selebgram, kamu bisa download aplikasi edit foto ini di PlayStore untuk Android atau AppStore untuk iOS.

Nah, salah satu fitur andalan dari VSCO Cam adalah filternya. Banyaknya filter yang disediakan bisa mengubah tone foto kamu dan membuatnya jadi hidup. Ada juga tool untuk meningkatkan exposure, menyisipkan highlight, atau menonjolkan warna tertentu. Kalau pengin foto kelihatan klasik atau vintage gitu, coba diedit dulu di VSCO Cam :”)

2. Little Photo

Keunggulan Little Photo adalah banyaknya efek yang ditawarkan dalam aplikasi gratisnya | via: uncrate.com

Merupakan salah satu aplikasi edit gambar yang mendapatkan rating lumayan tinggi di PlayStore. Keunggulan Little Photo adalah banyaknya efek yang ditawarkan dalam aplikasi gratisnya. Yup, setidaknya ada 70 efek dan tool yang bisa digunakan untuk menyempurnakan fotomu.

Oh ya, kamu juga bisa lho menumpuk beberapa filter sekaligus saat mengedit foto. Little Photo juga memungkinkan pengguna memilih antara menerapkan filter penuh, atau hanya menerapkan efek sebagian yang dimaksudkan untuk mencapai hasil yang sangat berbeda.

3. Snapseed

Kita bebas mengontrol seberapa jauh foto akan diedit di aplikasi Snapseed | via: apk4fun.com

Aplikasi edit foto kekinian yang punya kualitas jagoan. Snapseed begitu memudahkan pengguna karena kita bebas mengontrol seberapa jauh foto akan diedit melalui fitur sliders yang berfungsi mengatur tingkat pengeditan (mengatur tingkat blur, temperature, vignette, dan lain sebagainya).

Pengin mengubah foto menjadi retro atau vintage? Snapseed punya efek film gulungan era 1960-an dan filter Retrolux yang unik. Canggihnya lagi, Snapseed ini bisa numpuk-numpuk efek seperti layer di PhotoShop.

4. Open Camera

Aplikasi kamera yang bisa memaksimalkan setting kamera kamu agar gambar yang diambil lebih kece | via: selular.id

Aplikasi ini sebenarnya bukan aplikasi edit gambar, lebih ke aplikasi kamera yang bisa memaksimalkan setting kamera kamu agar gambar yang diambil lebih kece. Open Camera bisa mengatur mode fokus, efek warna, komposisi pencahayaan, white balance, dan masih banyak lainnya.

Menggambil gambar dengan aplikasi ini juga sangat mudah, lho. Kamu tinggal bilang ‘cheese’ dan Open Camera akan mengambil foto secara otomatis. Kalau mau ambil foto enggak perlu ribet deh nyari tombol capture :”)

5. Autodesk Pixlr

Autodesk Pixlr dilengkapi dengan ratusan efek, tool, dan opsi membuat kolase foto | via: APKMonk.com

Suka kesal kalau download aplikasi dan muncul pop up iklannya? Hoho, sama! Kita Muda juga terganggu banget. Namun hal itu enggak bakal kamu temui sih kalau download aplikasi edit foto android yang satu ini karena interface-nya memang di-desain bebas dari iklan.

Whoa, jadi nyaman kan pas ngedit foto? Apalagi Autodesk Pixlr dilengkapi dengan ratusan efek, tool, dan opsi membuat kolase foto untuk mengasah kreativitas pengguna.

6. Prisma

Foto kamu bisa diubah layaknya lukisan karya pelukis kenamaan di aplikasi Prisma | via: onhax.me

Adalah aplikasi edit foto terbaik 2017 yang nge-hits banget karena bisa mengubah foto menjadi karya seni berkualitas tinggi. Foto kamu bisa diubah layaknya lukisan karya pelukis kenamaan, seperti Munch, Picasso, Mondrian, dan Van Gogh.

Salah satu kelebihan aplikasi Prisma adalah kamu bisa melakukan editi foto secara offline sehingga menghemat waktu dan data. Secara default, Prisma akan membubuhkan watermark—yang bisa kamu nonaktifkan lewat pengaturan. Bagaimana? Aplikasi ini cukup simpel dan menyenangkan untuk digunakan bukan?

7. Cymera

Kamu bisa membubuhkan stiker dan masker yang menggemaskan di Cymera| via: phonearena.com

Cymera juga enggak kalah populer nih di PlayStore dan AppStore. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membubuhkan stiker dan masker yang menggemaskan, efek pencahayaan, dan beragam pilihan frame untuk mempercantik foto.

Pengin menyamarkan jerawat atau noda lain yang enggak diingankan? Bisa! Bahkan kamu bisa bikin tubuh jadi langsing atau makin tinggi.

8. Hypocam

Aplikasi Hypocam terfokus pada fitur memotret foto hitam putih | via: Apk-4ever.blogspot.com

Bikin feed jadi foto hitam putih kayak punya penyanyi Tulus sepertinya oke juga. Biar foto hitam putihmu makin yahud, bisalah diedit dulu di aplikasi foto hitam putih gratis Hypocam. Aplikasi Hypocam terfokus pada fitur memotret foto hitam putih, dan mengedit foto hitam putih.

Kamu bisa mengatur pencahayaan, kontras, atau menambah filter langsung saat memotret atau bisa diedit setelah foto diambil. Selain fitur foto hitam putih, Hypocam juga punya fitur edit standar seperti crop atau rotate,  pencahayaan dan kontras, dan filter fade dan grain.

Sebanarnya masih banyak lagi aplikasi edit foto kekinian yang bisa kamu download di PlayStore atau AppStore. Namun, daftar yang Kita Muda kasih di atas adalah beberapa yang terbaik.

Bagaimana? Apakah salah satunya merupakan aplikasi favorit Kawan Muda? Share dong di kolom komentar aplikasi edit foto mana yang sering kamu gunakan 😉