Keberadaan aplikasi edit foto ringan yang bisa didownload secara gratis di AppStore atau PlayStore bagi sebagian orang masih dirasa kurang. Selain keterbatasan fitur, edit foto online lewat smartphone terkesan kurang ‘greget’dan kadang juga sulit digunakan.

Alasan itulah yang membuat sebagian orang masih suka mengedit fotonya di PC atau Laptop, terutama untuk proses editing  yang lebih  detail. Ada beberapa aplikasi edit foto pc online yang sering digunakan untuk memperbagus foto dengan berbagai macam efek keren.

Tingkat kecanggihan dan kemudahannya pun bervariasi. Namun umumnya, aplikasi edit foto kekinian di laptop ini bisa digunakan siapa pun, mulai dari pemula hingga kelas profesional.

Kira-kira aplikasi edit foto di komputer apa saja yang bisa Kawan Muda coba? Simak, yuk, list-nya di bawah ini!

1. Seri Adobe Photoshop

Aplikasi Edit Foto di PC Terbaik Seri Adobe Photoshop | via: techworld.com

Cara edit foto di komputer dengan Adobe Photoshop memang enggak bisa dibilang mudah. Namun dengan banyaknya tutorial edit foto dengan Adobe Photoshop di internet, kamu enggak akan terlalu kesulitan untuk mencobanya.

Seri Adobe Photoshop begitu direkomendasikan saat mengedit foto karena program ini menyediakan banyak fitur dan tool yang bisa membuat fotomu semakin canggih. Namun ya itu, kamu harus paham betul setiap fungsi fitur dan tool yang ada di Adobe Photoshop.

2. PaintShop Pro

Aplikasi Edit Foto di PC Terbaik PaintShop Pro | via: learn.corel.com

Selain Photoshop, PaintShop Pro adalah aplikasi edit foto yang juga diandalkan para fotografel profesional. Bahkan bisa dibilang sebagai ‘saingannya’ Photoshop! PaintShop Pro adalah software pengolah foto keluaran Corel. Buat kamu yang belum jago-jago amat Photoshop-nya dan mau edit gambar sederhana, bisalah coba software yang satu ini.

Yup! Paintshop Pro menu-menunya lebih sederhana dibanding Photoshop. Selain itu, penggunaannya juga mudah. Harganya pun lebih murah dibanding PhotoShop, tapi soal kualitas enggak kalah jagoan.

3. GIMP

Aplikasi Edit Foto di PC Terbaik GIMP | via: gimpchat.com

Pengin download editor photo tercanggih, tapi yang gratisan? Hoho, coba deh software GIMP. Program open source yang banyak direkomendasikan oleh para desainer dan fotografer. Kamu mau edit foto kek, bikin logo kek, atau mengolah gambar, semua bisa dilakukan dengan software ini. Tenang, software gratisan ini bisa dijalankan di berbagai sistem operasi komputer, seperti Windows, Linux, dan Mac.

4. PhotoScape

Aplikasi Edit Foto di PC Terbaik PhotoScape | via: techworld.com

Buat para pemula, yang enggak pengin ribet dan butuh edit foto untuk dipajang di media sosial, kamu bisa nih coba PhotoScape. Software ini sangat mudah digunakan dan banyak fitur menarik di dalamnya (stiker, frame unik, dan emoji). Lewat PhotoScape kamu juga bisa menggabungkan beberapa foto sekaligus, mengatur halaman foto, hingga pengaturan yang simpel saat foto akan dicetak.

5. Firealpaca

Aplikasi Edit Foto di PC Terbaik Firealpaca| via: firealpaca.com

Software Firealpaca hampir miriplah dengan Windows Paint, SketchBook,  atau Paint Tool SAI. Kalau suka gambar dengan graphic tablet, aplikasi ini recommended banget. Keunggulan aplikasi ini adalah gratis dan bisa dijalankan di berbagai sistem operasi komputer, serta bisa saling bertukar file. Beberapa template komik sudah dilengkapi dalam pengaturan standar

6. Lightroom

Aplikasi Edit Foto di PC Terbaik Lightroom| via: photographylife.com

Software ini sering dibanding-bandingkan dengan Photoshop—dan sama-sama keluaran Adobe. Lantas, apa bedanya dengan Adobe Photoshop biasa? Kalau di Photoshop kamu bisa retouch foto sekaligus bikin efek manipulasi, Lightroom lebih fokus ke retouch foto dan permainan efek warna. Jadi lebih mengandalkan fitur editing warna yang lengkap dan penggunaan yang lebih mudah dibanding Photoshop.

7. PicturesToExe 9

Aplikasi Edit Foto di PC Terbaik PicturesToExe 9 | via: pcpapa.net

PicturesToExe 9 memiliki banyak filter yang bisa digunakan untuk mempercantik foto dan penggunaannya pun mudah.  Di sini kamu bisa mengatur kecerahan foto, keseimbangan warna, dan bahkan memanipulasi warnanya. Foto yang dihasilkan pun sangat bagus, enggak kalah dengan software berbayar.

8. Artweaver

Aplikasi Edit Foto di PC Terbaik Artweaver | via: artweaver.de

Program pengolah foto yang satu ini juga mirip dengan Photoshop, hanya saja interface-nya lebih ‘ramah’ untuk pemula. Jadi kalau kamu pusing  melihat banyak fitur yang ada di Photoshop,  mending pake Artweaver saja. Artweaver memiliki banyak fitur menarik, mulai dari spot, blur, mosaik, hingga penyamaran. Oh ya, selain mengedit foto, software ini juga bisa digunakan untuk menggambar sketsa.

Sudah kepikiran belum mau nyobain aplikasi edit foto di komputer yang mana?