Media sosial kini menjadi salah satu media yang cukup menjanjikan untuk promosi atau memperkenalkan produk bisnis. Banyak perusahaan yang mulai mengalihkan biaya promosi khusus untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas pemasaran di media sosial.

Mungkin Kawan Muda juga tengah berusaha meningkatkan penjualan atau memperkenalkan bisnis di media sosial. Meski tampaknya mudah, mempromosikan bisnis di media sosial ternyata cukup tricky dan menantang.

Nah, kali ini Kita Muda akan membahas tentang aplikasi-aplikasi social marketing yang bisa dimanfaatkan jika kamu ingin menjangkau audience sebanyak mungkin. Dengan begitu, kamu bisa bikin bisnis online-mu makin melejit dan enggak menutup kemungkinan penjualan akan naik drastis di media sosial.

1. Canva

Aplikasi digital marketing Canva | via: cmscritic.com

Ketika berjualan di media sosial, terutama Instagram, salah satu elemen penting yang wajib diperhatikan adalah feed Instagram kamu. Yup, feed Instagram akan memberikan kesan pertama pada siapa pun yang kebetulan mampir di akun kamu.

Nah, biar bisa bikin desain postingan yang lebih estetik, Kawan Muda bisa memanfaatkan aplikasi Canva yang  bisa didownload gratis di PlayStore, AppStore, dan bahkan PC/Laptop. Canva memiliki banyak template menarik yang bisa mempercantik desain postingan kamu; dan enggak perlu takut kehabisan ide sih karena template-nya selalu update. Bahkan ada template yang disesuaikan dengan hari-hari besar.

2. ViralTag

Aplikasi digital marketing Viral Tag | via: chrome.google.com

Biar usaha makin melejit, kamu harus rajin-rajin posting dong di media sosial. Jangan sampai deh media sosial kamu kurang update atau bahkan jarang update konten. Biar enggak lupa atau enggak malas update konten, paling enak kalau kamu menentukan konten yang akan diposting sebulan atau minimal seminggu ke depan (apalagi kalau kamu menggunakan banyak jenis media sosial untuk promosi).

Nah, biar enggak perlu posting satu per satu, which is sangat ribet, kamu bisa menjadwalkan postingan untuk semua akun media sosialmu dengan ViralTag. Yup, aplikasi ini bisa membantu menjadwalkan postingan di Instagram, Pinterest, Facebook, Twitter, Tumblr dan LinkedIn.  Kalau gini sih enggak perlu bingung ya buka akun media sosial tiap hari demi posting satu per satu :”)

3. Edgar

Aplikasi digital marketing Edgar | via: chrome.google.com

Terkadang ada suatu masa di mana kamu akan memposting ulang atau menaikkan ulang postingan lamamu yang banyak disukai. Nah, aplikasi ini bisa membantu mengatur kembali penggunaan konten lamamu agar mendapatkan lebih banyak lagi views.

Ketika ada pengunjung baru yang datang atau banyak orang yang melewatkan postinganmu, Edgar memastikan mereka bisa melihat semua postingan yang terlewatkan oleh mereka. Aplikasi ini juga membantu mendatangkan pengunjung baru di akunmu di setiap postingan yang kamu buat.

4. Get Sparkle

Aplikasi digital marketing Get Sparkle | via: getsparkle.io

Seperti namanya, Get Sparkle akan membuat akun media sosialmu menonjol dengan meningkatkan keterlibatan pengunjung dan jangkauan media sosial. Usahamu akan berkesempatan mendapat lebih banyak pengunjung dan audiens.

Oh ya, Get Sparkle punya banyak template unik sehingga kamu tak perlu khawatir punya konten yang sama dengan akun usaha lain yang serupa.

5. Buffer

Aplikasi digital marketing Buffer | via: blog.bufferapp.com

Aplikasi gratis ini membantu dalam menjadwalkan dan memposting konten. Buffer juga bisa memendekkan link website yang panjang dan menyediakan analytics yang akan membantu menganalisis akun bisnis kamu.

Beberapa platform media sosial yang bisa terhubung ke Buffer, yaitu Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Pinterest.  Oh ya, Buffer juga punya aplikasi editor foto sederhana bernama Pablo, ya meski enggak sebaik Canva, sih :”). Buffer termasuk salah satu aplikasi untuk bisnis marketing yang populer karena penggunaannya yang mudah dan sederhana.

Itulah beberapa aplikasi yang berguna untuk meningkatkan pemasaran bisnis online Kawan Muda di media sosial. Selamat mencoba dan semoga informasi di atas bermanfaat, ya!