Claustrophobia atau ketakutan terhadap ruang sempit merupakan hal yang sangat lumrah dialami oleh masyarakat millenial saat ini. Ciri claustrophobia ini antara lain, ketakutan berlebih terhadap tempat sempit, gelap, dan sepi. Contohnya adalah saat berada di gang sempit, atau ruangan gelap tanpa cahaya. Biasanya mereka yang memiliki claustrophobia akan merasa takut dan panik saat berada di kondisi seperti itu.

Nah untuk menguji apakah kamu terkena claustrophobia atau tidak, yuk kita lihat gambar contoh untuk menguji kalian:

1. Claustrophobia merupakan kondisi ketika seseorang takut terhadap ruang sempit, gelap, atau sepi.

via: idntimes.com

2. Jadi buat kamu yang terjebak dalam ruang seperti ini, biasanya kamu akan merasakan panik dan gelisah terus menerus. 

via: idntimes.com

3. Penderita claustrophobia juga lebih memilih untuk menggunakan tangga daripada lift, dan mencoba menghindari ruang sempit sebisa mungkin.

via: idntimes.com

4. Beberapa tanda kalau kamu mengalami claustrophobia adalah berkeringat dingin, pusing, merinding, dan jantungmu berdetak lebih kencang.

via: idntimes.com

5. Contoh dari ruangan sempit ini antara lain lift, sumur, kereta, pesawat, ruangan kecil, ruangan terkunci, dan toilet umum.

via: idntimes.com

6. Claustrophobia biasanya terjadi karena trauma masa kecil, seperti pernah terkunci dalam ruangan gelap, terpisah oleh orang tua ditengah kerumunan, atau memiliki orang tua yang memiliki claustrophobia juga.

via: idntimes.com

7. Karena ada trauma di masa lalu ini, mengakibatkan otak terus menghubungkan kejadian masa lalu kondisi yang sesuai dimasa sekarang. 

via: idntimes.com

8. Banyak penanganan yang bisa ditempuh untuk kondisi ini, antara lain menghadiri konseling dengan psikolog, terapi, hingga yoga untuk mengatasi pikiran yang terlintas mengenai gejala claustrophobia

via: idntimes.com

9. Selain itu juga mengontrol pikiran buruk, berusaha untuk berfokus pada suatu hal yang tidak mengancam, dan membayangkan hal positif, dapat membantu untuk mencegah claustrophobia semakin memburuk.

via: idntimes.com

10. Sehingga selalu kontrol pikiran negatifmu, dan berpikir hal positif untuk kesehatan jiwa dan pikiranmu.

via: idntimes.com

Nah itu tadi adalah beberapa gambar dan juga penjelasan singkat mengenai claustrophobia. Kira-kira nih, dari penjelasan dan gambar diatas, pernah tidak kalian mendapat gejala claustrophobia? Karena kalau iya, berarti segeralah untuk mengobati dirimu dengan cara yang mudah, misal dengan mengontrol pikiran. Sehingga lambat laun gejala kalian tidak memburuk. Oke, Kawan Muda?

sumber: idntimes, medicalnewstoday